Museum Lokal Budaya Universitas Cendrawasih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Museum Lokal Budaya Universitas Cendrawasih
Peta
Didirikan1970
LokasiUniversitas Cendrawasih di Abepura
JenisMuseum
Situs webhttps://indonesia.go.id/kategori/budaya/3325/museum-loka-budaya-tempat-terbaik-belajar-sejarah-papua

Museum Lokal Budaya[1] merupakan salah satu museum di Jayapura yang berada di Kawasan Universitas Cendrawasih di Abepura, Indonesia. Museum ini didirikan pada tahun 1970 dan diresmikan oleh Dirjen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada masa itu, Prof. Dr. Ida Bagus Mantra pada 1 Oktober 1973.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Mulanya, pembangunan museum ini adalah keinginan seorang arkeolog Amerika Michael Rockefeller untuk mengoleksi patung Suku Asmat dan memanjangnya di Museum New York.[2] naas, kapal yang ditumpangi Rockfeller terbalik karena diterjang badai sehingga koleksi patung-patung Suku Asmat tersebut tertinggal di Papua yang kemudian dibuatkan museum yang didanai oleh Rockefeller Foundation.

Pendirian Museum Loka Karya ini mendapatkan banyak bantuan dari jutawan Amerika yang menggilai Budaya Papua John Rockefeller, Pemerintah Belanda, Arkeolog serta antropolog yang pernah emelakukan penelitian di Papua juga pemerintah sipil dan TNI.

Koleksi[sunting | sunting sumber]

Museum Loka Budaya menyimpan koleksi yang berjumlah 2.000.[3]

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Museum ini dilengkapi fasilitas ruang pameran tetap, ruang pameran temporer, ruang perupustakaan, ruang penyimpanan koleksi dan toilet.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Museum Loka Budaya Jayapura". Informasi Situs Budaya Indonesia. 2017-12-29. Diakses tanggal 2019-07-06. 
  2. ^ "Museum Loka Budaya". TripTrus. Diakses tanggal 2019-07-06. 
  3. ^ Direktori Museum Indonesia. Jakarta: Sekretariat Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. hlm. 786.