Koridor 2 Trans Semanggi Suroboyo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Koridor 2 Trans Semanggi Suroboyo
Halte Laguna 1–Halte UNESA
2L
Kenampakan unit bus koridor 2 Trans Semanggi Suroboyo bersasis Mercedes-Benz O500U 1726 LE dengan bodi Tentrem New Velocity W5 Lowdeck sedang mengantre jam pemberangkatan dari Halte SPBU Lidah Wetan pada 3 Februari 2022.
Informasi umum
Jenis layananBus perkotaan modern
Mulai beroperasi1 Februari 2022
Operator saat iniPT Seduluran Bus Suroboyo
Lintas pelayanan
Jarak tempuh22–23 km
Frekuensi perjalanan1 pemberangkatan per 10–15 menit
Peta rute
Koridor 2 Trans Semanggi Suroboyo
SPBU Lidah Wetan
SMPN 28
Villa Bukit Mas
akses ke Wiyung
Babatan
Unesa
Graha Family / Bukit Darmo Boulevard
Graha Family Barat / PTC
akses ke Lontar
Jono Soewojo
akses ke Terminal Manukan atau Darmo Permai
Patung Kuda
Pradah Kali Kendal / Darmo Permai
Putat Gede
akses ke Jalan Tol Surabaya-Gempol
akses ke Terminal Dukuh Kupang
Makam Pahlawan
PNR Mayjen Sungkono
Darmo Park
Mayjen Sungkono / Gedung Juang
KPU / Adityawarman
akses ke KBS atau Gunungsari
Kutai
 Left arrow bersambung di Jalan Diponegoro  Right arrow
Bengawan
akses ke Terminal Joyoboyo atau DTC
RS Darmo
Santa Maria / Gozco
akses ke Jl. Polisi Istimewa
Pandegiling
Urip Sumoharjo
Sonokembang / Basra
Pangsud / Kaliasin
 Left arrow bersambung di Tunjungan  Right arrow
Simpang Dukuh
Gubernur Suryo
akses ke Siola
DAS Kali Mas
Pemuda / Balaikota
Grand City
akses ke Ngagel atau THR
jalur KA lintas perkotaan Surabaya
SMAN 4 / Moestopo
akses ke Petojo
Lapangan Hoki / RSUD Dr. Soetomo
Gubeng Airlangga / Unair B
akses ke Pucangsewu atau Pandegiling
Kertajaya
akses ke Menur atau Karangmenjangan
akses ke Pasar Manyar atau Dharmahusada
Gramedia / Samsat Manyar
Klampis / KONI
 Left arrow bersambung di Jalan MERR  Right arrow
Manyar Kertoadi / Kertajaya Indah
ITS
PENS
akses ke Mulyosari
Kejawan Putih Tambak

Koridor 2 Trans Semanggi Suroboyo adalah koridor Bus Rapid Transit Trans Semanggi Suroboyo yang beroperasi dengan trayek Halte Laguna 1 menuju Halte UNESA. Tipe bus yang digunakan di koridor 2 adalah bus besar perkotaan berkapasitas maksimal 49 penumpang yang menggunakan bodi buatan Karoseri Tentrem dengan seri New Velocity W5 Lowdeck. Bodi ini merupakan generasi terbaru dari model Velocity yang biasa digunakan armada Transjakarta.[1] Armada tersebut berwarna merah dan hitam, dan memiliki pintu di kedua sisi. Koridor ini merupakan koridor awal yang dioperasikan Trans Semanggi Suroboyo sejak diluncurkan pada 1 Februari 2022 dengan sistem pembelian pelayanan (buy the service) Teman Bus.

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Koridor 2 Trans Semanggi Suroboyo sejatinya merupakan perpanjangan rute koridor R3/R4 Suroboyo Bus relasi perjalanan UNESAITS. Koridor R3/R4 menjadi layanan bus perkotaan perintis dengan model operasional berupa sistem loop (memutar). Koridor R3/R4 ini mulai dioperasikan sejak 4 September 2018.[2]

Layanan koridor R3/R4 mulai dihentikan dan ditutup pada 1 Februari 2022, bersamaan dengan mulai dilakukannya operasional koridor 2 Trans Semanggi Suroboyo pada tanggal 1 Februari 2022.[3]

Pada 1 Juli 2023, titik A yang semula berada di SPBU Lidah Wetan dipindah ke Kejawan Putih Tambak dan sebaliknya.[4] Seiring dioperasikannya Wirawiri Suroboyo FD06 dengan relasi TIJ-Lakarsantri pada 10 Juli 2023, rute Koridor 2 dipotong sampai Halte UNESA.[5]

Rute[sunting | sunting sumber]

Dengan mulai dioperasikannya koridor 2 Trans Semanggi Suroboyo, maka terdapat penambahan beberapa titik halte pada ruas jalan antara Jalan Raya Bundaran UNESA hingga halte ITS hingga Jalan Kejawan Putih Tambak. Sebanyak 34 halte tersebar dari ruas Jalan Raya Bukit Darmo Boulevard, Mayjen Jono Soewojo, Mayjen HR Muhammad, Mayjen Sungkono, Kutai, Bengawan, Raya Darmo, Urip Sumoharjo, Basuki Rahmat, Gubernur Suryo, Yos Sudarso, Walikota Mustajab, Gubeng Pojok, Mayjen Prof. Dr. Moestopo, Dharmahusada, Kertajaya, Manyar Kertoarjo, Raya Kertajaya Indah, Bundaran ITS, Raya ITS, hingga Kejawan Putih Tambak.

Spesifikasi unit bus[sunting | sunting sumber]

Armada yang digunakan Trans Semanggi Suroboyo adalah bus besar perkotaan berkapasitas maksimal 49 penumpang yang menggunakan bodi buatan Karoseri Tentrem dengan seri New Velocity W5 Lowdeck. Bodi ini merupakan generasi terbaru dari model Velocity yang biasa digunakan armada Transjakarta. Panel samping bodi bus menggunakan aluminium untuk mengurangi bobot total kendaraan sehingga diklaim lebih hemat bahan bakar dan ban. Sasis yang digunakan adalah produksi Mercedes-Benz dengan tipe O500U 1726 LE. Formasi tempat duduk dibedakan menurut gender dan usia, dengan rincian 1 tempat duduk supir, 5 tempat duduk khusus wanita, 2 tempat duduk khusus lansia dan disabilitas dan 21 tempat duduk umum. Tampilan eksterior bus menggunakan kombinasi warna dasar merah-hitam serta dipercantik dengan ornamen dua dimensi yang melambangkan Kota Surabaya seperti daun semanggi dan Patung Suroboyo. Selain itu, setiap armada dilengkapi dengan rak sepeda yang ada di bagian depan bus.[6]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Radityasani, Muhammad Fathan (2021). "Spesifikasi Bus Trans Semanggi Suroboyo, Pakai Bodi Bus Buatan Tentrem". Kompas. Diakses tanggal 2021-12-29. 
  2. ^ "Dishub Nambah Rute Baru Suroboyo Bus Dari UNESA Ke ITS". Jatim Tribunnews. 2018. Diakses tanggal 2022-12-23. 
  3. ^ "Bus Trans Semanggi Suroboyo Beroperasi Di Halte Halte Penumpang Antre". Jawapos. 2021. Diakses tanggal 2022-12-23. 
  4. ^ Trans Semanggi Suroboyo (2023). "Perubahan Titik A dan Titik B Koridor II". Instagram. Diakses tanggal 2023-07-11. 
  5. ^ Trans Semanggi Suroboyo (2023). "UPDATE INFO RUTE & LAYANAN". Instagram. Diakses tanggal 2023-07-11. 
  6. ^ Radityasani, Muhammad Fathan (2021). Ferdian, Azwar, ed. "Spesifikasi Bus Trans Semanggi Suroboyo, Pakai Bodi Bus Buatan Tentrem". Kompas.com. Diakses tanggal 2021-12-29. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]