Wikipedia:Peristiwa terkini: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
*drew (bicara | kontrib)
k Dikembalikan ke Hayabusa future
Tidak ada ringkasan suntingan
Baris 14: Baris 14:
==Arsip==
==Arsip==


=== [[September]] [[2005]] ===
=== [[Oktober]] [[2005]] ===

<b><font size="+1">[[1 Oktober|1]]</font></b>
Mulai hari ini [[harga bahan bakar]] minyak ([[BBM]]) di seluruh [[Indonesia]] naik dengan persentase kenaikan paling kecil sekitar 80%.

<b><font size="+1">[[1 Oktober|1]]</font></b>
Tiga [[Pengeboman Bali 2005|ledakan bom]] mengguncang Pulau [[Bali]] sekitar pukul 20.00 [[Waktu Indonesia Tengah|WITA]]. Sedikitnya 22 orang tewas dan 196 lainnya luka-luka.


<b><font size="+1">[[1 Oktober|1]]</font></b>
<b><font size="+1">[[1 Oktober|1]]</font></b>
[[Partai Buruh Selandia Baru|Partai Buruh]] pimpinan [[Perdana Menteri Selandia Baru|PM]] [[Helen Clark|Clark]] memastikan kemenangan dalam pemilu [[Selandia Baru]]. <small>[http://www9.sbs.com.au/theworldnews/region.php?id=122041&region=2 (SBS)]</small>
[[Partai Buruh Selandia Baru|Partai Buruh]] pimpinan [[Perdana Menteri Selandia Baru|PM]] [[Helen Clark|Clark]] memastikan kemenangan dalam pemilu [[Selandia Baru]]. <small>[http://www9.sbs.com.au/theworldnews/region.php?id=122041&region=2 (SBS)]</small>

=== [[September]] [[2005]] ===


<b><font size="+1">[[28 September|28]]</font></b>
<b><font size="+1">[[28 September|28]]</font></b>

Revisi per 19 Oktober 2005 06.58

Berikut ini adalah berita-berita yang pernah ditampilkan dalam kolom 'Peristiwa terkini' di halaman utama Wikipedia.

> Langsung ke: Arsip 3 bulan terakhir | Arsip lama

Peristiwa terkini

Ariel Henry pada 2023
Ariel Henry

Arsip

Oktober 2005

1 Mulai hari ini harga bahan bakar minyak (BBM) di seluruh Indonesia naik dengan persentase kenaikan paling kecil sekitar 80%.

1 Tiga ledakan bom mengguncang Pulau Bali sekitar pukul 20.00 WITA. Sedikitnya 22 orang tewas dan 196 lainnya luka-luka.

1 Partai Buruh pimpinan PM Clark memastikan kemenangan dalam pemilu Selandia Baru. (SBS)

September 2005

28 Kebakaran melanda pinggiran Los Angeles, 6.800 hektar daerah terbakar, dan ratusan orang terpaksa mengungsi dari rumah-rumah mereka. (Republika)

27 Di sepanjang Indonesia, terlihat antrian panjang di SPBU-SPBU oleh para pemakai kendaraan yang mengantisipasi kenaikan BBM pada 1 Oktober. (Kompas)

25 Sepak bola: Persipura Jayapura untuk pertama kalinya menjuarai Liga Indonesia setelah memukul Persija 3-2 di final. PSIS Semarang meraih tempat ketiga setelah mempecundangi PSMS Medan dengan skor 2-1. (Republika)

19 Korea Utara setuju untuk menghentikan semua program nuklirnya, untuk ditukar dengan bantuan kemanusiaan dan keamanan dari dunia internasional. (Tempo)

18 Polisi membubarkan pertemuan petani di Lombok; 27 orang petani ditembak (1 orang anak-anak), 8 terkena pukulan dan 3 lainnya ditangkap oleh pihak kepolisian Lombok Tengah. (Indymedia Jakarta) (Indymedia)

15 GAM memulai penyerahan senjata tahap pertama sebagai bagian dari MoU perdamaian di Banda Aceh kepada tim dari AMM.

14 KTT PBB 2005 berkumpul hingga 16 September untuk mendiskusikan Tujuan Pembangunan Millennium di Markas Besar PBB.

13 Rois, tersangka pelaku Bom Kuningan, divonis hukuman mati oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. (Antara) (Liputan6)

12 Koalisi oposisi, Merah-Hijau pimpinan Jens Stoltenberg dari Partai Buruh memenangkan pemilu parlemen di Norwegia.

11 Dalam sebuah pemilihan umum, Partai Demokrat Liberal pimpinan PM Jepang Junichiro Koizumi memenangkan 296 dari 480 kursi di Majelis Rendah.

9 Hosni Mubarak memenangkan pemilihan presiden multi-kandidat pertama dalam sejarah Mesir dengan 78% suara. Pesaing terdekatnya, Ayman Nour, meraih 12% suara. (Fox)

8 Presiden Ukraina Viktor Yushchenko memecat Perdana Menteri Yulia Tymoshenko dan banyak anggota kabinetnya karena tuduhan korupsi dan pertengkaran serius. (Yahoo!)

5 Mandala Airlines Penerbangan RI 091 jurusan Medan-Jakarta jatuh dekat Bandara Polonia Medan; sedikitnya 15 penumpang selamat. Gubernur Sumatra Utara, Rizal Nurdin dan mantan gubernur, Raja Inal Siregar dipastikan meninggal dunia. (Media Indonesia) (Detik)

2 Sebuah pekuburan di atas bukit di Padang longsor; 11 orang tewas dan 14 lainnya masih tertimbun. (Detik) (KOMPAS)

2 Tiga kapal nelayan Taiwan ditahan oleh pemberontak Somalia. Pemberontak meminta tebusan sebesar AS$50.000 per kapal dan mengancam bila tidak dibayar akan membunuh para awak kapalnya. Di antara para awak kapal terdapat 14 warga negara Indonesia. (Jakarta Post)

Agustus 2005

31 Lebih dari 1.000 jiwa tewas dalam kecelakaan jembatan dan jatuh ke sungai Tigris di Bagdad, Irak. (LATimes) (Yahoo!)

31 Pemerintah Indonesia membebaskan 200 tahanan GAM, tindakan yang merupakan bagian dari ditandatanganinya persetujuan perdamaian. (IHT)

30 Hurikan Katrina terus menyebabkan kerusakan di wilayah tenggara AS sejak mulai terbentuk pada 24 Agustus. Siklon tropis ini diperkirakan merupakan bencana alam terparah dalam sejarah AS.

29 Dr. Nurcholish Madjid, cendekiawan yang dikenal sebagai ikon pembaruan pemikiran dan gerakan Islam di Indonesia, meninggal dunia di RS Pondok Indah Jakarta, pada pukul 14.05 WIB. (KOMPAS)

28 Malaysia merencanakan untuk mengirim seorang antariksawan ke Bulan pada tahun 2020, jika rencana mereka untuk mengirim seorang antariksawan pada tahun 2007 dengan misi Soyuz Rusia berhasil. (Yahoo!)

23 Sebuah Boeing 737-200 TANS Peru Penerbangan 204 melakukan pendaratan darurat dekat Pucallpa dalam penerbangan dari Lima ke Iquitos dengan 100 orang di dalamnya; paling tidak 41 telah tewas.(Reuters), (BBC)

23 Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan mengunjungi Zinder, Niger, yang terpengaruh oleh krisis pangan regional di Afrika Barat. (Guardian), (BBC), (CNN), (Reuters)

20 Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Indonesia, memerintahkan badan intelijen nasional dan kepolisian untuk memeriksa mati listrik yang mempengaruhi 100 juta orang. (Wikinews)

18 Bekas pemimpin pemberontak Hutu Pierre Nkurunziza terpilih sebagai Presiden Burundi dalam pemilihan pertama sejak dimulainya perang saudara pada 1993. (ANTARA) (Wikinews)

18 Gangguan sistem interkoneksi listrik Jawa-Bali; listrik di Jakarta dan Banten mati total selama tiga jam dan menyebabkan pemadaman di sebagian Jabar, Jateng, Jatim, dan Bali.

16 Pemerintah Belanda, melalui Menteri Luar Negeri Bernard Bot, mengakui kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. (Detik)

16 Pesawat McDonnell Douglas 82 West Caribbean Airways bernomor penerbangan 708 jatuh di sebelah barat Venezuela; 160 penumpang beserta awaknya diperkirakan tewas semua. (CNN) (Yahoo!)

16 Jepang dilanda gempa bumi sebesar 7,2 SR di wilayah pesisir Honshu.

15 Nota kesepahaman (MoU) damai antara pemerintah Indonesia-GAM ditandatangani.

15 Israel mulai menarik warganya keluar dari Jalur Gaza.

14 Pesawat Boeing 737 Helios Airways dari Siprus dengan nomor penerbangan HCY 522 jatuh di utara Athena, menewaskan sedikitnya 121 jiwa. (Wikinews)

12 Menteri Luar Negeri Sri Lanka, Lakshman Kadirgamar, 73, ditembak mati oleh satu atau lebih sniper di rumahnya yang dijaga ketat. Dia dikenal sebagai penentang pemberontak Macan Tamil. (NYTimes)

11 Kebakaran hutan di Indonesia yang menyebabkan polusi udara di dua kota di Malaysia: Port Klang dan Kuala Selangor, mencapai level 500 yang berbahaya. Akibatnya sekolah-sekolah terpaksa diliburkan. Ini merupakan kejadian yang terburuk sejak 1998. (BBC)

9 Pesawat ulang-alik Discovery mendarat kembali di Bumi dengan selamat, menyelesaikan misi luar angkasa AS yang pertama sejak meledaknya Columbia.

8 Iran melanjutkan program nuklirnya di sebuah fasilitas di dekat kota Isfahan.

7 Benjamin Netanyahu mengundurkan diri sebagai Menteri Keuangan Israel dalam protes terhadap rencana penarikan Israel dari Jalur Gaza. Ehud Olmert ditunjuk sebagai penggantinya.

3 Tentara Mauritania melancarkan kudeta yang menggulingkan Presiden Maaouya Ould Taya saat ia menghadiri pemakaman Raja Fahd. Ely Ould Mohamed Vall menjadi Presiden. (ANTARA) (Kompas) Detik)

2 Sebuah pesawat Air France tergelincir ketika mendarat pada saat hujan badai di bandara Toronto, pertama kalinya sebuah Airbus A340 mengalami kecelakaan dalam 13 tahun masa pelayanannya. Tidak ada korban jiwa, seluruh penumpang berhasil dievakuasi sebelum pesawat tersebut terbakar. (LATimes)

1 Sedikitnya 36 orang tewas dalam kerusuhan di Khartoum, ibu kota Sudan, yang dipicu meninggalnya wakil presiden John Garang dalam sebuah kecelakaan helikopter.

1 Raja Fahd, kepala negara Arab Saudi, meninggal dunia pada usia 82 tahun. Dia digantikan oleh Abdullah bin Abdul Aziz.

Juli 2005

29 Para astronom menemukan sebuah objek trans-Neptunus bernama 2003 UB313 yang diperkirakan sebagai planet kesepuluh. (Wikinews)

28 IRA mengumumkan peletakan senjata sebagai upaya penghentian kampanye bersenjata di Irlandia Utara yang telah berlangsung sejak tahun 1969. (BBC) (KOMPAS)

28 Dr. Johnny Setiawan, seorang ahli astronomi asal Indonesia yang baru berusia 30 tahun dan bekerja di Institut Max Planck, Jerman, telah menemukan sebuah planet baru di luar tata surya.

27 Lebih dari 1.000 orang meninggal di India akibat hujan monsun yang mengakibatkan banjir dan tanah longsor. Badan Meteorologis melaporkan bahwa curah hujan mencapai 94,4 cm di Mumbai dalam waktu 24 jam. (Guardian) (BBC)

26 Pekerja Honda bentrok dengan aparat kepolisian di New Delhi, India. (ndtv)

26 Microsoft tidak akan memberikan pembaharuan (update) lagi bagi para pengguna Windows bajakan. (BusinessWeek)

25 Para Menteri Luar Negeri ASEAN mengadakan pertemuan tahunannya di Vientiane, Laos.

24 Balap sepeda: Lance Armstrong menjadi orang pertama yang menjuarai Tour de France tujuh kali berturut-turut. (KOMPAS) (Wikinews)

23 Rangkaian ledakan bom terjadi di Sharm el-Sheikh, sebuah kawasan wisata di Mesir. Sedikitnya 88 orang meninggal. (Reuters) (Detik) (Wikinews)

20 Tiga warga Tangerang dipastikan sebagai korban pertama flu burung di Indonesia dalam wabah terbaru yang merebak di wilayah Asia Tenggara. (KOMPAS)

17 Pemerintah Indonesia mencapai kesepakatan damai dengan kelompok separatis Aceh, Gerakan Aceh Merdeka.

10 Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan Inpres No. 10/2005 tentang Penghematan Energi dalam upaya menyelesaikan krisis BBM.

8 Di Filipina, para menteri yang mundur, politikus dan usahawan lainnya menyerukan agar Presiden Gloria Arroyo untuk turut mundur dan menyerahkan jabatan kepada Wakil Presiden Noli de Castro. (Channel News Asia) (ABS-CBN) (Reuters)

8 Hurikan Dennis, hurikan (hurricane) pertama dalam musim hurikan Atlantik 2005, melewati Kuba, dan menuju ke daerah Pesisir Teluk Amerika Serikat.

8 Sebanyak 16 penumpang ditemukan selamat, sementara dua ratusan penumpang lainnya dinyatakan hilang setelah kapal motor barang KM Digoel tenggelam di perairan Arafura pada sekitar pukul 23.15 WIT.

7 Serangkaian ledakan terjadi di beberapa stasiun kereta api bawah tanah dan bus di London; setidaknya 33 orang tewas. (Bloomberg)

6 Pertemuan IOC ke-117 di Singapura menetapkan London sebagai penyelenggara Olimpiade 2012.

4 Wahana penabrak NASA, Deep Impact telah berhasil menabrak komet Tempel 1 pada pukul 5:45 UTC.

3 Kaliningrad atau Königsberg merayakan hari jadinya yang ke-750. Presiden Rusia Vladimir Putin, sebagai presiden Rusia yang menguasai kota yang awalnya adalah kota Jerman ini, mengundang kanselir Jerman Gerhard Schroeder dan presiden Perancis Jacques Chirac menghadiri perayaan bersama. Putin tidak mengundang pemimpin Lithuania maupun Polandia.

2 Kepolisian Indonesia menahan lagi 24 orang yang diduga terlibat dalam Bom Bali 2002.

1 Parlemen Spanyol mengesahkan pernikahan kelamin sejenis hanya dua hari setelah Kanada mengesahkan RUU C-38 yang serupa.


Arsip sebelumnya

Instruksi penyuntingan

Lihat pula