Perdana Menteri Ukraina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Perdana Menteri Ukraina
Прем'єр-міністр України
Lesser Coat of Arms of Ukraine.svg
Денис Шмигаль 2020 3.jpg
Petahana
Denys Shmyhal

sejak 4 Maret 2020
Ditunjuk olehVerkhovna Rada
berdasarkan pencalonan oleh Presiden Ukraina[1]
Masa jabatanLama masa jabatan anggota parlemen (5 tahun)
Pejabat perdanaVolodymyr Vynnychenko
Dibentuk28 Juni 1917 (pertama)
25 Maret 1946 (masa Uni Soviet)
24 Agustus 1991 (bentuk saat ini)
SuksesiTidak ada; pengunduran diri atau pembubaran kabinet
Gaji20.000 per bulan[butuh rujukan]
Situs webwww.kmu.gov.ua

Perdana Menteri Ukraina (bahasa Ukraina: Прем'єр-міністр України, Prem'ier-ministr Ukrayiny) adalah kepala pemerintahan Ukraina untuk memimpin Kabinet Menteri Ukraina,[2] yang merupakan badan tertinggi dalam cabang eksekutif Pemerintah Ukraina. Jabatan Perdana Menteri Ukraina menggantikan jabatan yang sebelumnya, yaitu Ketua Dewan Menteri RSS Ukraina yang terbentuk pada tanggal 25 Maret 1946.

Sejak kemerdekaan Ukraina dari Uni Soviet pada tahun 1991, telah ada 16 perdana menteri (dari total 20 perdana menteri jika termasuk penjabat perdana menteri).[3] Yulia Tymoshenko merupakan perempuan pertama yang ditunjuk sebagai Perdana Menteri Ukraina. Arseniy Yatsenyuk adalah perdana menteri pertama yang berasal dari Ukraina Barat. Dua perdana menteri lainnya lahir di RSFS Rusia.

Perdana menteri yang menjabat saat ini adalah Denys Shmyhal yang dilantik pada tanggal 4 Maret 2020 setelah pengunduran diri Oleksiy Honcharuk.[4]

Pengangkatan[sunting | sunting sumber]

Perdana menteri ditunjuk oleh presiden dengan persetujuan dari Verkhovna Rada. Persetujuan dianggap diberikan oleh parlemen ketika tercapainya suara mayoritas dari suara keanggotaan parlemen dalam mendukung calon yang diusulkan oleh presiden. Jumlah suara persetujuan parlemen tertinggi sampai saat ini diterima oleh Yulia Tymoshenko yang diangkat sebagai perdana menteri pada tanggal 4 Februari 2005 dengan 373 suara di Verkhovna Rada. Perdana menteri lain yang menerima lebih dari 300 suara, antara lain Arseniy Yatsenyuk (371 dan 341),[5] Vitold Fokin (332), dan Leonid Kuchma (316).

Prosedur pemberian suara persetujuan oleh parlemen biasanya didahului dengan beberapa hari konsultasi yang komprehensif dan wawancara calon oleh fraksi-fraksi parlemen. Suara persetujuan oleh legislatif bukan sebagai formalitas belaka. Beberapa kandidat memiliki kemungkinan ditolak. Sebagai contoh, pada tahun 1999, Valeriy Pustovoitenko kehilangan 3 suara saat dikonfirmasi kembali setelah Pustovoitenko mengajukan pengunduran dirinya pada saat pelantikan kedua Presiden Leonid Kuchma pada tahun 1999. Presiden Kuchma kemudian memilih Viktor Yuschenko sebagai calon alternatifnya.

Setelah reformasi Undang-Undang Dasar pada akhir tahun 2004, presiden dibatasi dalam mencalonkan perdana menteri dan hampir diwajibkan untuk mencalonkan orang yang diusulkan oleh koalisi parlemen. Perdana menteri, seperti halnya anggota cabang eksekutif lainnya, tidak dapat menjadi anggota dari parlemen.

Tugas dan wewenang[sunting | sunting sumber]

Presiden Barack Obama dengan Perdana Menteri Arseniy Yatsenyuk setelah pertemuan bilateral yang dilaksanakan keduanya (12 Maret 2014).

Perdana Menteri Ukraina mengepalai cabang eksekutif pemerintah Ukraina, Kabinet Menteri, dan menandatangani dekret yang disahkan oleh Kabinet.

Perdana menteri memiliki kewenangan untuk mengusulkan calon menteri yang akan diangkat ke Verkhovna Rada,[6] dengan pengecualian terhadap menteri luar negeri dan menteri pertahanan yang hanya dapat diusulkan oleh presiden. Perdana menteri juga dapat mengusulkan calon kepala pemerintahan daerah kepada presiden untuk dipertimbangkan.[6]

Perdana menteri juga dapat ikut menandatangani dekret dan undang-undang yang disahkan oleh presiden. Perdana menteri (dan masing-masing menteri) bertanggung jawab atas pelaksanaan peraturan perundang-undangan yang disahkan oleh Kabinet.

Saat menjabat, perdana menteri diberikan kekebalan hukum secara penuh dari semua penuntutan dan proses hukum. Kantor perdana menteri berpusat di gedung Kabinet Kementerian di pusat Kota Kyiv. Perdana menteri mendapatkan gaji tahunan sebesar 202.776 Hryvnia (16.898/bulan) pada tahun 2005.[7] Pada tahun 2013, setelah diadakannya petisi di majalah Fokus, sekretariat kabinet menyatakan bahwa gaji bulanan perdana menteri adalah 33.980 Hryvnia, sebelas kali lebih banyak dari gaji rata-rata di Ukraina.[8]

Wakil perdana menteri dan penjabat perdana menteri[sunting | sunting sumber]

Oleksandr Turchynov menjabat sebagai Penjabat Perdana Menteri pada tahun 2010 setelah Yulia Tymoshenko mengundurkan diri.

Wakil perdana menteri, juga dikenal sebagai wakil perdana menteri pertama, mengepalai kabinet tanpa kehadiran dari perdana menteri akibat pengunduran diri atau pemberhentian. Di antara wakil perdana menteri pertama yang diketahui, Yukhym Zvyahilsky dan Mykola Azarov yang menjabat sebagai penjabat perdana menteri untuk jangka waktu yang lebih lama dari penjabat perdana menteri yang lain. Valentyn Symonenko, Vasyl Durdynets, Oleksandr Turchynov, dan yang lainnya juga menjabat sebagai penjabat perdana menteri.

Selain wakil perdana menteri pertama, terdapat pula beberapa wakil perdana menteri lain yang membantu tugas perdana menteri dan dapat pula membawahi satu atau lebih kementerian. Pada tahun 1991–1992, jabatan menteri negara juga diperkenalkan ke dalam Kabinet. Secara umum, wakil perdana menteri bertanggung jawab atas berbagai bidang kebijakan umum pemerintah seperti agroindustri, urusan kemanusiaan, urusan ekonomi, atau kebijakan daerah. Pada waktu tertentu, para wakil perdana menteri tersebut juga dapat diberikan jabatan menteri secara umum, seperti yang terjadi pada Kabinet Azarov tahun 2010.

Pemberhentian dan pengunduran diri[sunting | sunting sumber]

Perdana menteri, seperti anggota Kabinet lainnya, dapat mengundurkan diri secara sukarela dengan mengajukan pengunduran diri ke parlemen (menurut Undang-Undang Dasar Ukraina, perdana menteri hanya dapat diberhentikan melalui pemungutan suara parlemen).[9][10] Parlemen harus mempertimbangkan hal tersebut selambat-lambatnya pada hari ke-10 setelah permohonan pengunduran diri diterima, jika parlemen tidak bersidang pada saat pengunduran diri, maka paling lambat dilaksanakan pada minggu pleno pertama sidang berikutnya.[11] Pengunduran diri perdana menteri mengakibatkan berhentinya seluruh jabatan menteri yang ada di dalam Kabinet.[11] Setelah diadopsinya Undang-Undang Dasar saat ini pada tahun 1996, hanya Perdana Menteri Pavlo Lazarenko dan Mykola Azarov yang meninggalkan jabatannya dengan cara tersebut.[12] Walaupun perdana menteri tidak memiliki batas masa jabatan yang ditetapkan, perdana menteri dapat tetap menjabat selama masa jabatan parlemen, kecuali perdana menteri mengundurkan diri atau diberhentikan lebih awal.

Sebelum reformasi Undang-Undang Dasar tahun 2004, perdana menteri biasanya diberhentikan secara sepihak oleh presiden. Setelah reformasi, perdana menteri hanya dapat diberhentikan oleh parlemen.[10][11] Secara formal, Verkhovna Rada perlu mengesahkan resolusi tidak percaya terhadap kabinet, yang dapat mengakibatkan mundurnya perdana menteri. Namun, parlemen tidak dapat memberikan resolusi tersebut pada saat pemungutan suara dalam waktu satu tahun setelah program resmi kabinet disetujui.[13] Kabinet Perdana Menteri Viktor Yuschenko dan Viktor Yanukovych diberhentikan dengan cara tersebut, dengan yang terakhir menolak untuk mengajukan pengunduran dirinya kepada presiden yang mengklaim pelanggaran terhadap kondisi periode satu tahun. Kabinet Yuriy Yekhanurov juga secara resmi dibubarkan, tetapi resolusi tersebut kemudian dicabut.

Daftar Perdana Menteri Ukraina (1991 - sekarang)[sunting | sunting sumber]

Sejak kemerdekaan Ukraina dari Uni Soviet pada tahun 1991, telah ada 16 perdana menteri (dari total 20 perdana menteri jika termasuk penjabat perdana menteri).[3] Yulia Tymoshenko merupakan perempuan pertama yang ditunjuk sebagai Perdana Menteri Ukraina. Sebelum pengangkatan kembali Perdana Menteri Mykola Azarov, Tymoshenko adalah perdana menteri yang terlama menjabat selama dua periode dan total 1.029 hari.[14] Sejak Azarov diangkat kembali sebagai perdana menteri pada tanggal 13 Desember 2012 dan memecahkan rekor Tymoshenko.[15][16] Perdana Menteri Ukraina, Azarov mengundurkan diri pada 28 Januari 2014, karena kemarahan publik dan protes.[17]

Garis waktu[sunting | sunting sumber]

Denys ShmyhalOleksiy HoncharukVolodymyr GroysmanArseniy YatsenyukMykola AzarovYulia TymoshenkoViktor YanukovychYuriy YekhanurovYulia TymoshenkoViktor YanukovychAnatoliy KinakhViktor YushchenkoValeriy PustovoitenkoVasyl DurdynetsPavlo LazarenkoYevhen MarchukVitaly MasolYukhym ZvyahilskyLeonid KuchmaValentyn SymonenkoVitold Fokin

Mantan perdana menteri yang masih hidup[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Constitution of Ukraine". Verkhovna Rada of Ukraine. Diakses tanggal 25 May 2019. 
  2. ^ D'Anieri, Paul J. (1999-07-01). Economic Interdependence in Ukrainian-Russian Relations (dalam bahasa Inggris). SUNY Press. ISBN 978-0-7914-4246-3. 
  3. ^ a b Bouquet, Tim (2012-09-22). "Eugenia Tymoshenko: the fight to save my mother Yulia". the Guardian (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-30. 
  4. ^ "Hasty government reshuffle sows disquiet at home, abroad - KyivPost - Ukraine's Global Voice". KyivPost. 2020-03-06. Diakses tanggal 2021-10-30. 
  5. ^ "Ukrainian parliament appoints Yatseniuk prime minister". Interfax-Ukraine (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-30. 
  6. ^ a b Government approves draft law on cabinet according to which president appoints premier, Interfax-Ukraine (October 5, 2010)
  7. ^ "НТА-Приволжье ::". web.archive.org. 2011-10-03. Diakses tanggal 2021-10-30. 
  8. ^ "Азаров отримує більше 30 тисяч на місяць". Українська правда (dalam bahasa Ukraina). Diakses tanggal 2021-10-30. 
  9. ^ Mirovalev, Mansur. "Ukraine President Zelenskyy rejects PM's resignation". www.aljazeera.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-30. 
  10. ^ a b "«Тримайте мене семеро». Чим завершиться «відставка» Гончарука". glavcom.ua (dalam bahasa Ukraina). Diakses tanggal 2021-10-30. 
  11. ^ a b c "Гончарук: Уряд продовжує працювати, поки Зеленський не прийме рішення". Українська правда (dalam bahasa Ukraina). Diakses tanggal 2021-10-30. 
  12. ^ "Про відставку Прем'єр-міністра України П.Лазаренка". Офіційний вебпортал парламенту України (dalam bahasa Ukraina). Diakses tanggal 2021-10-30. 
  13. ^ "Тимошенко хоче зміни всієї влади: "Хай повертаються у свої 95-ті квартали"". Українська правда (dalam bahasa Ukraina). Diakses tanggal 2021-10-30. 
  14. ^ Azarov is record-holder in holding PM post Diarsipkan 2012-12-08 di Wayback Machine., ForUm (4 December 2012)
  15. ^ Ukraine parliament approves Azarov as prime minister Diarsipkan 2012-12-14 di Wayback Machine., Reuters (13 December 2012)
  16. ^ Azarov urges Ukrainians to be worthy of liberators' feat, Ukrinform (9 May 2013)
  17. ^ BBC News (28 January 2014). "Ukraine's PM Azarov and government resign". Diakses tanggal 28 January 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • "Government portal". Cabinet of Ministers of Ukraine (dalam bahasa Ukrainian). Diakses tanggal 2008-03-06.