Veljko Bulajić

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Veljko Bulajić
Stevan Kragujevic, Ewa Krzyzewska & Veljko Bulajic, 1960.JPG
Veljko Bulajić bersama dengan Ewa Krzyzewska pada 1960
Lahir22 Maret 1928 (umur 91)
Vilusi, Kerajaan Serbia, Kroasia dan Slovenia
Tempat tinggalZagreb, Kroasia
PendidikanCentro Sperimentale di Cinematografia
PekerjaanSutradara
Tahun aktif1953 - sekarang
Karya terkenalVlak bez voznog reda, Kozara, Bitka na Neretvi, Veliki transport
Suami/istriVlasta Bulajić

Veljko Bulajić (kelahiran 22 Maret 1928) adalah seorang sutradara dan pemeran Kroasia keturunan Montenegro. Ia menjalani sebagian besar masa hidupnya dengan berkarya di Kroasia dan utamanya dikenal karena menyutradarai film-film bertemakan Perang Dunia II yang disponsori negara Yugoslavia dari genre film Partisan.

Bulajić lahir di desa Vilusi dekat Nikšić, Kerajaan Serbia, Kroasia dan Slovenia. Film debutnya Train Without a Timetable adalah sebuah drama yang mengisahkan tentang interaksi beberapa orang yang dipaksa meninggalkan rumah leluhur mereka dalam rangka berpindah ke rumah yang baru. Film tersebut memenangkan Penghargaan Audien di Festival Film Cannes.

Pada 1962, film buatannya Kozara mendatangkan sambutan internasional dan mendapatkan penghargaan Big Golden Arena untuk Film Terbaik di Penghargaan Film Nasional Yugoslavia. Film tersebut juga masih ke dalam Festival Film Internasional Moskwa ke-3 dimana film tersebut memenangkan Penghargaan Emas.[1] Ia menjadi anggota juri di Festival Film Internasional Moskwa ke-4.[2]

Pada 1969, ia menulis dan menyutradarai film perang legendaris Battle of Neretva. "Neretva" adalah film non-Inggris paling menghabiskan biaya ketujuh yang pernah dibuat. Pablo Picasso membuat poster untuk film tersebut. Film tersebut dinominasikan pada Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik.[3]

Sepanjang kariernya, Bulajic telah berkarya dengan sejumlah bintang Hollywood termasuk Orson Welles, Franco Nero, Christopher Plummer dan Yul Brynner.

Beberapa penghargaan film paling terkenal Bulajic meliputi; Lion of Saint Mark di Festival Film Venesia, penghargaan audien di Festival Film Cannes, Golden Nymph di Festival Televisi Monte-Carlo, Medali Emas di Festival Film Internasional Moskwa, penghargaan prestasi seumur hidup di Festival MedFilm dan Penghargaan Kalinga yang diberikan oleh Direktur-Jenderal UNESCO .

Bulajic menjadi anggota juri sebanyak dua kali di Gestival Film Cannes. Ia bertugas menjadi juri pada 1969 dan 1980.

Filmografi pilihan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "3rd Moscow International Film Festival (1963)". MIFF. Diakses tanggal 2012-11-25. 
  2. ^ "4th Moscow International Film Festival (1965)". MIFF. Diakses tanggal 2012-12-02. 
  3. ^ "The 42nd Academy Awards (1970) Nominees and Winners". oscars.org. Diakses tanggal 2011-11-16. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]