Danau Paya Kuda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search


Danau Paya Kuda, adalah satu danau yang berada di Desa Kempawa, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara. Meski danau ini tidak seluas Danau Toba yang sudah terkenal sampai keluar negeri. Namun Danau Paya Kuda yang hanya memiliki luas 3,5 HA tidak kalah unik karena keberadaanya yang berada di atas bukit dengan ketinggian kurang lebih 1.100 meter di atas permukaan laut.

Lokasi objek ekowisata ini berada pada jarak 48 km dari Sidikalang, Ibukota Kabupaten Dairi. Selain unik Danau ini memiliki daya tarik lainnya, yaitu fauna berupa ikan emas, nila dan lele yang oleh masyarakat setempat dinilai memiliki citrarasa yang enak.

Hal menarik lainnya yang dapat ditemui disekitar Danau Paya Kuda adalah keberadaan sebuah batu pilar dengan tulisan yang belum dapat dimengerti sampai saat ini oleh masyarakat disekitar dan diyakini didirikan ketika masa penjajahan Belanda.

Pemandangan menarik juga bisa kita nikmati ketika menaiki perbukitan di atas Danau Paya KUda yang memiliki ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan danau. Ketika kita sudah sampai di atas puncak, maka kita dapat melihat beberapa daerah kabupaten sakaligus dari lokasi ini, yaitu daerah Kabupaten Dairi, Kabupaten Karo dan juga Kabupaten Aceh Tenggara.

Referensi[sunting | sunting sumber]