Ranu Kumbolo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ranu Kumbolo
Ranu Kumbolo  (Jawa)
Danau Kumbolo  (Indonesia)
Ranu Kumbolo.jpg
Pemandangan Ranu Kumbolo
LetakTaman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, Indonesia
Jenis perairanVulkanik
Aliran masuk utamaHanya presipitasi
Terletak di negaraIndonesia
Area permukaan15 ha (37 ekar)
Ketinggian permukaan2.400 m (7.900 ft)
Referensi[1]

Ranu Kumbolo (bahasa Indonesia: Danau Kumbolo) adalah sebuah danau yang terletak di dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, Indonesia. Danau ini merupakan bagian dari rute termudah yang berasal dari Ranu Pani menuju puncak Gunung Semeru.

Pendakian[sunting | sunting sumber]

Terdapat area perkemahan untuk para pendaki di sekitar danau ini. Ranu Kumbolo adalah bagian dari rute termudah yang berasal dari Ranu Pani menuju ke puncak Mahameru.

Jalur Pendakian[2][sunting | sunting sumber]

Resor Ranu Pani atau Pos Ranu Pani[sunting | sunting sumber]

Terletak di ketinggian 2.100 mdpl, Ranu Pani menjadi pos perizinan dan pengecekan semua pengunjung. Pendaki yang berombongan cukup diwakili pemimpin regu atau kelompok dengan menyerahkan fotokopi kartu tanda penduduk, daftar nama pendaki, surat keterangan sehat, dan daftar barang bawaan.

Pos 1 (2.266 mdpl)[sunting | sunting sumber]

Lokasinya di Blok Landengan Dowo. Berjarak 3 kilometer dari Ranu Pani dengan waktu tempuh 60 menit. Landengan Dowo menjadi lokasi jalur pendakian pertama yang didominasi pohon cemara gunung. Di Pos 1 ada pondok peristirahatan, persis di ujung tanjakan.

Pos 2 (2.390 mdpl)[sunting | sunting sumber]

Lokasinya di Blok Watu Rejeng. Di Pos 2 terdapat pondok kecil peristirahatan. Jalur pendakian yang mendekati Ranu Kumbolo ini berjarak 5 kilometer dari Ranu Pani, dengan waktu tempuh 90 menit atau 1,5 jam.

Pos 3 (2.439 mdpl)[sunting | sunting sumber]

Lokasinya masih di Blok Watu Rejeng. Rute dari Pos 2 ke Pos 3 termasuk yang terpanjang dari semua rute dari Ranu Pani ke Ranu Kumbolo.

Pos 4 (2.451 mdpl)[sunting | sunting sumber]

Lokasinya di area bagian atas Ranu Kumbolo. Di sini terdapat pondok kecil peristirahatan dan biasanya selalu saja ada pendaki rehat sejenak di situ sebelum turun menuju shelter Ranu Kumbolo.

Shelter Ranu Kumbolo (2.395 mdpl)[sunting | sunting sumber]

Dalam bahasa suku Tengger, kata ranu berarti danau. Lokasi danau ini berjarak sekitar 10 kilometer dari Ranu Pani, dengan waktu tempuh 180 menit atau 3 jam. Dengan luas 12 hektare, Ranu Kumbolo jadi danau terbesar dan terindah dari semua danau dalam kawasan TNBTS. Area tepian Danau Kumbolo jadi lokasi perkemahan yang paling disukai para pendaki.

Situs Sejarah[sunting | sunting sumber]

Terdapat Prasasti Ranu Kumbolo, sebuah batu andesit di pendakian Gunung Semeru. Prasasti ini bertuliskan sebuah kalimat berbahasa Jawa Kuno bertarikh 1447 M.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "TNBTS". Bromo Tengger Semeru. Diakses tanggal 18 Oktober 2018. 
  2. ^ Kustiani, Rini (2020-10-04). "Detail Rute, Kondisi Medan, dan Jalur Pendakian Gunung Semeru". Tempo (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-23. 


Koordinat: 8°2′57″S 112°55′15″E / 8.04917°S 112.92083°E / -8.04917; 112.92083