Danau Duo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Danau Duo merupakan salah satu danau yang terletak di Kabupaten Kerinci. Danau ini mempunyai tanjung yang hanya muncul saat air danau surut. Umumnya tempat ini digunakan para wisatawan untuk berkemah dipinggir danau. Berbeda dari danau pada umumnya, danau yang berada pada dataran tinggi dan mencapai 1.500 meter di atas permukaan laut ini, tidak bermuara dan juga tak berhulu. Sumber air danau berasal air resapan Gunung Batuah.

Keberadaan air pada danau ini juga dimanfaatkan sebagai pengairan ladang dan sawah milik masyarakat sekitar. Tersedia pula rakit yang dapat digunakan wisatawan untuk berkeliling sambil menikmati pemandangan sekitar danau. Rakit-rakit ini juga biasanya digunakan masyarakat sebagai alat transportasi menuju ladang dan sawah.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Secara administratif, Danau Duo terletak pada Desa Lempur Tengah, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Menuju ke lokasi danau ini, wisatawan dapat menggunakan rute Kota Sungai Penuh menuju Kecamatan Gunung Raya. Jarak sekitar 40 kilometer ini akan ditempuh dengan perjalanan selama kurang lebih satu jam.