Danau Linouw

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Danau Linouw
Danu Linow.jpg
LokasiSulawesi Utara, Indonesia
Koordinat1°16′12″N 124°49′37″E / 1.270°N 124.827°E / 1.270; 124.827Koordinat: 1°16′12″N 124°49′37″E / 1.270°N 124.827°E / 1.270; 124.827
Jenis tubuh airVulkanik
Terletak di negaraIndonesia
Area permukaan0,34 km2 (0,13 sq mi)
KepulauanSulawesi
PermukimanTomohon, Sulawesi Utara

Danau Linouw (atau Linow) adalah sebuah danau vulkanik yang terletak diluar Tomohon, dekat Manado, Indonesia. Beberapa lubang hidrotermal memuntahkan gas panas dari tepi dan kedalaman danau. Komposisi kimiawi yang berubah dari danau berarti warnanya sering berubah warna, mulai dari merah, hijau tua, dan bahkan biru gelap.[1] Danau ini berbatasan di sisi-sisinya oleh Gunung Lokon dan Gunung Mahawu. Danau ini memiliki bau seperti telur busuk dikarenakan oleh jumlah belerang yang sangat besar di danau tersebut. Kata "Linouw" berasal dari bahasa Minahasa yang berarti "tempat berkumpulnya air".[2]

Danau Linow terbentuk karena letusan gunung berapi sekitar 500.000 tahun yang lalu. Sisa-sisa gunung berapi masih dapat dilihat berupa adanya sumber belerang di sekitar danau.


Objek Wisata[sunting | sunting sumber]

Di sekitar danau ini terdapat beberapa resort yang bisa dikunjungi untuk bersantai menikmati keindahan danau Linow. Diantaranya adalah :

1. d'Linow Resort[sunting | sunting sumber]

Di tempat ini para pengunjung dapat menikmati keindahan danau diiringi dengan live music yang disediakan oleh pengelola. Trdapat juga beberapa spot foto yang disediakan untuk menghasilkan foto yang bagus. Selain sebagai tujuan wisata, tempat ini juga menyediakan fasilitas untuk pernikahan.

2. Green Lake Bungalow[sunting | sunting sumber]

Di tempat ini pengunjung dapat menikmati keindahan danau dengan menggunakan kano atau kayak yang disewakan oleh pengelola. Selain itu, terdapat juga beberapa cottage yang disewakan untuk pengunjung yang ingin menginap.

Potensi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi[sunting | sunting sumber]

Selain sebagai tujuan wisata, danau Linow juga menyimpan potensi panas bumi yang sudah dimanfaatkan oleh pemerintah untuk dijadikan sumber energi listrik terbarukan dan ramah lingkungan. Di sekitar danau Liinow, tepatnya di kelurahan Tondangow dan Pangolombian telah dibangun 2 PLTP yaitu PLTP Lahendong Unit 1 & 2 dan PLTP Lahendong Unit 3 & 4.


Pemandangan sekitar Danau Linow

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris)"Lake Linow". Asia for Visitors. Diakses tanggal 2018-11-01. 
  2. ^ (Inggris) "Linow Lake Tourism". Indonesia-tourism.com. Diakses tanggal 2018-11-01. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]