Transformers Animated

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Transformers Animated
Transformersanimated.jpg
The Autobots
Genre Action
Adventure
Sci-Fi
Penulis Todd Casey
Rich Fogel
Henry Gilroy
Steve Granat
Marsha F. Griffin
Kevin Hopps
Marty Isenberg
Andrew Robinson
Michael Ryan
Sutradara Chris Berkeley
Ben Jones
Irineo Maramba
Kintaro Mizuono
Ciro Nieli
Shunji Oga
Keo Thongkham
Matt Youngberg (supervising)
Pengisi suara See Cast
Lagu pembuka "Transformers: Main Theme"
Lagu penutup "Transformers: Main Theme" (instrumental)
Komposer Sebastian Evans
Negara United States
Bahasa English
Jumlah musim 3[1]
Jumlah episode 42 (Daftar episode)
Produksi
Durasi 23 min
Siaran
Saluran asli US Cartoon Network
CA YTV
AU
Ten
UK NickToons
DE Super RTL
PT TVI, Canal Panda
MS TV3
BUL bTV
BR Cartoon Network
PL Jetix
AE
MBC 3
Periode siaran 26 Desember 200723 May 2009
Pranala luar
http://www.cartoonnetwork.com/tv_shows/transformersa/index.html

Transformers: Animated (sebelumnya dikenal dengan nama Transformers: Heroes) adalah sebuah serial kartun televisi Amerika Serikat/Jepang yang berbasis dari Transformers Toy Line karya Hasbro, Inc. dan Takara, Ltd. Serial ini diproduksi oleh Cartoon Network Studios (AS) yang berkerjasama dengan studio kartun Jepang, MOOK DLE, The Answer Studio, dan Studio 4 °C. Serial ini mulai diputar sejak 26 Desember 2007. Untuk bagian dunia lain, serial ini diputar di NickToons (Inggris), dan Global TV (Indonesia).

Plot[sunting | sunting sumber]

Masih sama seperti serial G1 yang diputar di ANTV, Transformers: Animated masih mengisahkan tentang perang antara Autobots melawan Decepticons. Namun bedanya, kali ini Optimus Prime dkk. dari Autobots harus berjuang menghentikan usaha Megatron cs. dari Decepticons untuk menguasai Allspark yang diyakini berada di daerah Detroit, AS.

Secara umum, serial ini mengambil beberapa bagian dari Transformers G1 dan Transformers 2007 film.

Season 1[sunting | sunting sumber]

Cerita bermula saat beberapa Autobots lulusan akademi Autobots sedang bermain dan berolahraga di sebuah asteroid. Optimus Prime kemudian menyarankan agar mereka semua mempelajari sejarah dengan melihat video masa lalu (yang bersumber dari Transformers G1). Lalu tanpa diduga mereka menemukan Allspark, dan lokasi mereka ditangkap oleh radar Decepticons. Lalu Megatron merencanakan penyerangan, dan Starscream secara diam-diam menempelkan bom kepada Megatron, lalu saat ia menyerang Autobots bom tersebut meledak dan menyebabkan mereka jatuh ke Bumi, kepala Megatron kemudian ditemukan oleh Isaac Sumdac, sementara Starscream dengan bangga mengklaim diri sebagai pemimpin Decepticons yang baru, sebelum akhirnya pesawatnya meledak karena menabrak Matahari.

Lima puluh tahun kemudian, di kota Detroit, pihak Autobots menjadi pahlawan kota, melalui beberapa aksi kemanusiaannya, dengan bantuan Isaac Sumdac dan putrinya Sari Sumdac. Namun ketika Autobots akan melakukan pawai, Starscream tiba-tiba datang dan mencoba merebut Allspark, namun gagal. Lalu di Sumdac Tower, Sari melalui kunci ajaibnya mencoba masuk ke ruangan rahasia sang ayah, tanpa diduga kunci tersebut menghidupkan sistem Megatron, dan ia membohongi Prof. Sumdac bahwa sebenarnya ia adalah salah satu anggota Autobots. Kemudian Megatron turur membantu Prof. Sumdac untuk membangun kembali robot dino, dan setelah robot dino tersebut membuat ulah, melalui bantuan Ratchet, Bulkhead, dan Sari, mereka semua berubah menjadi Dinobots. Prof. Sumdac kemudian menjanjikan tubuh baru untuk Megatron.

Megatron kemudian bekerjasama dengan Nino Sexton untuk mendapatkan Destronium, yang bisa digunakan untuk membuat tubuh baru. Kemudian Sari menunjukkan kepada Autobots tentang Halloween, dan Optimus Prime teringat kenangan akan masa lalu saat Sentinel Prime bersama Elita One bermain-main dengan laba-laba raksasa dan akhirnya mengakibatkan Elita One berubah menjadi Blackarachnia, Optimus kemudian meminjam kunci Sari untuk mencoba menyembuhkan Blackarachnia, namun gagal. Di lain tempat, sebagai hadiah ultah, Megatron membuatkan Sari sebuah MP3 player, yang sebenarnya adalah robot bernama Soundwave. Bulkhead merupakan robot pertama yang mengetahui hal tersebut, namun terlambat karena dengan bantuan kunci Sari, Soundwave berubah menjadi robot besar.

Megatron kemudian mendapatkan tamu, dua teman lamanya, yaitu Lugnut dan Blitzwing, dengan bantuan mereka dan Nino Sexton, Megatron berhasil bangun dan bangkit kembali dengan tubuh yang sempurna. Kali ini, serangan Decepticons semakin kuat dengan bangkitnya Megatron ditambah kekuatan Starscream, Lugnut, dan Blitzwing.

Season 2[sunting | sunting sumber]

Isaac Sumdac kemudian diculik oleh Megatron, dan membuat Sari menjalankan bisnis ayahnya dengan berat. Tak lama berselang, Cybertron Elite Guard (Ultra Magnus, Jazz, dan Sentinel Prime) datang ke Bumi untuk melindungi Allspark. Dilain tempat, penculikan Isaac Sumdac bertujuan dengan keinginan Megatron untuk membuat Jembatan Luar Angkasa. Kemudian Cybertron Elite Guard berencana akan mengembalikan Optimus Prime cs. kembali ke Cybertron, namun hal itu ditolak, saat the Headmaster bernama Henry Masteron mencuri salah satu mata Sentinel, akhirnya Sentinel dan Optimus bersatu untuk mendapatkan kembali bagian tubuh Sentinel, tanpa bantuan dari Ultra Magnus, namun mereka berhasil dengan baik.

Kemudian kota Detroit mengalami krisis kebersihan, dan melalui kekuatan Allspark, Angry Archer menciptakan Wreck-Gar, yang sempat membuat masalah di Detroit, namun dengan bantuan dari Ratchet, Wreck-Gar akhirnya berubah menjadi robot pembersih di kota.

Tak lama kemudian, teman lama Bulkhead, Constructicons, datang ke Bumi setelah dipecat Megatron karena mereka mencuri komponen untuk pembangunan Jembatan Luar Angkasa, kemudian mereka terkubur hidup-hidup untuk melindungi kekuatan energi dari sebuah tambang di New York. Dilain tempat, melalui kekuatan dari Allspark, Blackarachnia berhasil disembuhkan, dan kini ia menjadi salah satu tim Autobots.

Megatron kemudian menangkap Bulkhead, dan menyebabkan Autobots harus berjuang keras untuk menyelamatkannya, hingga akhirnya datang pertolongan dari Omega Supreme, dan ia lantas menghancurkan semua jet seekers Starscream hanya dengan sekali tendang. Kepala Starscream kemudian digunakan Megatron untuk menghidupkan Jembatan Luar Angkasa, namun sekali lagi, dengan pertolongan Sari dan Omega Supreme, usaha Megatron akhirnya berhasil digagalkan.

Season 3[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia, serial ini direncanakan akan dilanjutkan. Namun tidak jelas kapan tepatnya kelanjutan serial ini akan hadir di layar kaca.

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

Secara umum, lagu tema yang digunakan dalam serial ini, terutama untuk bagian opening, masih sama seperti dalam versi original 1980-an. Menurut beberapa sumber, komposer musik Transformers: Animated, Sebastian Evans sengaja memakai remake lagu dari Transformers original untuk mengenang jasa-jasa Sunbow Productions sebagai produser serial Transformers G1.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Serial Transformers: Animated memunculkan beberapa karakter utama Transformers seperti Optimus Prime, Megatron, Bumblebee, Ultra Magnus, Prowl, Bulkhead, Ratchet, Starscream, Soundwave, dan dua sub-kelompok, yaitu Dinobots dari Autobots, dan Constructicons dari Decepticons.

Sosok Optimus Prime yang digambarkan dalam serial ini terbilang sangat muda bila dibandingkan dengan yang di versi G1. Pengisi suara Optimus Prime adalah aktor David Kaye. Tidak dijelaskan secara rinci mengapa pengisi suara Optimus Prime original, yaitu aktor Peter Cullen tidak dipakai dalam serial ini. Sementara itu, Megatron (bersama Ratchet) diisi suaranya oleh Corey Burton. Tom Kenny mengisi suara Starscream, dan Tara Strong mengisi suara Sari, seorang gadis yang bersahabat dengan Autobots.

Versi Jepang[sunting | sunting sumber]

Pada 18 Desember 2009, Takara Tomy akan membawakan Transformers Animated di Jepang pada musim panas tahun 2010.

Tidak seperti kartun Transformers buatan Jepang sebelumnya yaitu Transformers Galaxy Force (Transformers: Cybertron), tokoh Optimus Prime tidak diganti dengan nama Convoy. Lagu pembukaan dari Transformers Animated versi Jepang ini adalah "TRANSFORMERS EVO." yang dinyanyikan oleh JAM Project. Dan lagu penutupnya yaitu "AXEL TRANSFORMERS" yang dinyanyikan oleh Rey.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Autobots[sunting | sunting sumber]

Tim Autobots[sunting | sunting sumber]

Dinobots[sunting | sunting sumber]

Aslinya, Dinobots merupakan sekumpulan robot dinosaurus dari taman Dino-Drive. Mereka kemudian diperbaiki oleh Professor Sumdac, dengan perintah dari Megatron untuk menciptakan sebuah pasukan dengan kemampuan menyemburkan api. Namun di luar dugaan, Sari membuat Dinobot menjadi Transformers yang benar-benar nyata, dengan mengembangkan kemampuan berpikir mereka. Melihat peluang tersebut, Megatron kemudian menyuruh Dinobots untuk menghancurkan Autobots. Tetapi berkat kepiawaian Prowl, Dinobots kemudian membantu Autobots dalam berperang melawan Decepticons. Sebelumnya Ultra Magnus dan Sentinel Prime sempat kewalahan melawan Dinobots. Namun secara umum, Dinotbots hanya memiliki peran kecil dalam serial ini. Dinobots yang tampil hanya tiga anggota saja, mereka adalah:

  • Grimlock (David Kaye): Pemimpin Dinobots, bisa berubah menjadi Tyrannosaurus Rex.
  • Snarl: Bisa berubah menjadi Triceratops.
  • Swoop: Bisa berubah menjadi Pteranodon, dan merupakan satu-satunya Dinobots yang bisa terbang.

Decepticons[sunting | sunting sumber]

Tim Decepticons[sunting | sunting sumber]

  • Megatron (Corey Burton): Merupakan pemimpin tertinggi dari kaum Decepticons. Identik dengan penampilan di G1, Megatron kali ini tetap menyandang meriam fusi di tangan kanannya. Dan sebagai tambahan, Megatron juga membawa dua pedang yang terbentuk dari kedua rotor pesawat helikopternya. Ia dapat berubah menjadi helikopter tempur dengan desain seperti V-22 Osprey.
  • Blitzwing (Bumper Robinson): Merupakan satu-satunya anggota Triple Changers yang ikut serta dalam serial ini. Ia bisa berubah menjadi tiga jenis benda yang berbeda (yaitu tank, jet, dan robot).
  • Lugnut (David Kaye): Merupakan seorang ksatria Decepticons yang mempunyai kemampuan psikologis yang tinggi. Selain itu ia juga punya senjata berupa roket. Ia bisa berubah menjadi sebuat pesawat pembom Cybertronian.
  • Blackarachnia (Cree Summer): Ia merupakan satu-satunya anggota Decepticons wanita. Sebelumnya ia dikenal sebagai Elita One, namun karena sesuatu dan lain hal ia berubah menjadi sebuah robot laba-laba. Senjatanya yang utama adalah racun yang bisa menyerang manusia dan robot. Baik Optimus Prime dan Dinobots selalu berusaha untuk mengembalikan ia seperti semula (kembali lagi menjadi Elita One).
  • Lockdown (Lance Henriksen): Sebenarnya ia bukanlah 100% anggota asli Decepticons. Namun ia dianggap sebagai anggota Decepticons oleh Megatron karena ia sempat menolong Decepticons saat mereka membutuhkan spare part. Mode alternatifnya adalah mobil-muscle dengan supercharger. Musuh utamanya adalah Ratchet.
  • Soundwave (Jeff Bennett): Masih sama seperti di G1, Soundwave tetap tampil dengan suara khasnya. Ia dirancang oleh Megatron sebagai hadiah untuk Sari. Musuh utamanya adalah Bulkhead, namun ketika mereka bertarung, Soundwave berhasil kabur dengan berubah menjadi sebuah MP3 player.
  • Shockwave (Corey Burton): Sama seperti di G1, ia merupakan salah satu komandan Decepticons kepercayaan Megatron. Ia berwajah mirip dengan Longarm Prime. Mode alternatifnya adalah tank Cybertronian.
  • Oil Slick
  • Swindle (Fred Willard)
  • Jetstorm

Jet Seekers[sunting | sunting sumber]

  • Starscream (Tom Kenny): Sama seperti di versi G1, Starscream merupakan pimpinan dari Seekers. Ia bermuka dua, dimana di satu sisi ia loyal pada Megatron, namun di sisi lain ia berencana untuk menyingkirkan Megatron. Ia berubah menjadi sebuah jet Cybertronian.
  • Skywarp (Tom Kenny): Merupakan kembaran dari Starscream. Bersifat pengecut dan pengeluh. Seperti Seekers lain, dia diciptakan dari salah satu fragment Allspark.
  • Thundercracker (Tom Kenny): Masih sama seperti Skywarp, ia juga merupakan kloning dari Starscream. Namun karakteristiknya sangatlah berbeda dengan Starscream, dimana ia merasa percaya diri dan sombong atas kemampuan dirinya.
  • Sunstorm (Tom Kenny): Salah satu kloning Starscream, saat Starscream kalah dalam episode A Bridge Too Close Part 2, ia langsung memilih bergabung dengan Megatron. Namun ia kalah saat bertarung dengan Omega Supreme.
  • Ramjet (Tom Kenny): Kloning lain dari Starscream. Karakternya digambarkan sebagai seorang pembohong. Apapun yang ia katakan sangat berbeda dengan fakta yang ada. Ia kalah oleh Omega Supreme dalam sebuah pertarungan.
  • Dreadwing (Tara Strong): Satu-satunya anggota Seekers wanita. Ia baru tampil di season 2. Karakteristiknya ia sedikit feminim. Di luar itu sifatnya masih sama dengan Seekers lainnya.

Constructicons[sunting | sunting sumber]

Constructicons pertama tampil dalam episoden Rise of the Constructicons. Tim ini hanya menampilkan dua anggota saja. Sebelumnya ia merupakan teman dari Bulkhead, namun mereka berdua dipecat oleh Megatron setelah menipu Decepticons ketika mencuri beberapa alat untuk membangun jembatan angkasa. Tak lama berselang mereka diledakan oleh Bulkhead, dan menyebabkan mereka kehilangan memorinya. Namun melalui bantuan Sari, mereka bisa hidup kembali. Sayangnya Constructicons yang hilang ingatan ini malah membuat masalah dengan meminum habis minyak di dasar New York. Dan keduanya akhirnya terkubur hidup-hidup saat memutuskan tidak akan keluar dari gua ketika mereka masuk ke sebuah tambang karbon. Constructicons yang tampil adalah:

  • Scrapper (Tom Kenny): Ia bisa berubah menjadi sebuah futuristik excavator. Nama “Scrapper” ia dapatkan dari sebuah papan nama yang bertuliskan Scrap, dan Mixmaster menyebut bahwa nama tersebut terlalu pendek, hingga akhirnya muncul nama Scrapper.
  • Mixmaster (Jeff Bennett): Ia bisa berubah menjadi sebuah alat berat futuristik. Nama ”Mixmaster” ia dapat dari sebuah mixing barrel. Namun oleh Scrapper nama itu dirasa terlalu panjang, dan akhirnya ia memutuskan bahwa cukup dipanggil Mix saja, dan kemudian dalam episode Bulkhead ia memakai nama Mixmaster.

Manusia[sunting | sunting sumber]

Kawan[sunting | sunting sumber]

  • Sari Sumdac (Tara Strong): Merupakan tokoh manusia utama dalam serial ini. Ia merupakan seorang gadis berusia 8 tahun, putri dari Dr. Sumdac. Ia juga merupakan teman dari beberapa anggota Autobots dan teman baik dari Bumblebee.
  • Professor Isaac Sumdac (Tom Kenny): Ayah dari Sari Sumdac. Merupakan seorang ilmuwan cerdas yang sering menciptakan robot.
  • Captain Fanzone (Jeff Bennett): Seorang petugas kepolisian yang pada awalnya tidak menyukai mesin canggih seperti Transformers.

Lawan[sunting | sunting sumber]

  • The Angry Archer (Jeff Bennett): Seorang penjahat yang memiliki ciri khas seperti Robin Hood. Namun diuar dugaan ia juga adalah teman baik dari Wreck-Gar.
  • Nino Sexton/Nanosec (Brian Posehn): Merupakan seorang ahli teknologi yang membantu Megatron dalam mencari Destronium untuk membangun tubuhnya yang baru. Ia lantas mendapat uang secara ilegal dari rekening Dr. Sumdac.
  • Prometheus Black/Meltdown (Peter Stormare): Ia merupakan seorang alhi bioteknologi dan juga merupakan musuh besar dari Isaac Sumdac. Berencana untuk mengganti semua robot polisi di Detroit dengan ciptaannya sendiri yang memiliki karakter setengah robot setengah manusia.
  • Cyrus “the Colossus” Rhodes (Corey Burton)
  • Fish Mutant
  • Mammal Mutant
  • Professor Princess (Kath Soucie)
  • Henry Masterson/Headmaster (Alexander Polinsky)
  • Master Disaster (Bill Fagerbakke)
  • Slo-Mo (Tara Strong)

Orang lain[sunting | sunting sumber]

  • Mayor Edsel: Walikota Detroit
  • Mayor Edsel's Aide (Tara Strong)
  • Porter C. Powell (Bumper Robinson): Direktur dari Sumdac Systems.

Alien[sunting | sunting sumber]

  • Spider Aliens: Sebuah alien robot yang menyebabkan Elita One berubah menjadi Blackarachnia.
  • Space Barnacles
  • Wasp (Tom Kenny): Mantan anggota Autobots yang berhubungan sangat dekat dengan Shockwave.

Robot Bumi[sunting | sunting sumber]

  • Sparkplug: Merupakan anjing robot peliharaan dari Sari Sumdac. Ia diberikan kepada Sari saat ultahnya yang ke-7.
  • Tutorbot (Tom Kenny): Robot yang bertugas merawat dan mendidik Sari Sumdac.
  • Security-Bots: Robot yang digunakan di kantor kepolisian Detroit.
  • Burger-Bot: Sekumpulan robot yang beertugas di restoran cepat saji burger-bot.
  • Condiment-Bot
  • Newsbots (David Kaye and Townsend Coleman): Mereka adalah robot yang bertugas sebagai reporter. Tampil dalam beberapa episode sebagai pembaca berita dan reporter.
  • Trashbots: Robot yang bertugas sebagai tukang sampah dan pemulung.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

  • Detroit: Lokasi dimana Autobots dan Decepticons bertarung memperebutkan Allspark.
  • Sumdac Tower: Merupakan menara tertinggi di Detroit yang digunakan Isaac Sumdac untuk mendesain dan mengetes robot-robot ciptaannya..
  • Abandoned Automobile Plant
  • Dinobot Island: Sebuah pulau kecil di Lake Erie, dimana Dinobot tinggal.
  • The Autobot Ship: Pesawat utama dari tim Autobots, dengan komputer utama Teletraan I. Belakangan pesawat ini dipakai pula sebagai alat dari Omega Supreme.
  • The Decepticons Warship: Pesawat Megatron dan pasukannya, kecuali Starscream.
  • The Cybertron Elite Guard's Ship: Pesawat utama dari Tim Elit Cybertron yang dipimpin oleh Ultra Magnus.
  • Carbon Mines: Sebuah tambang yang terletak tidak jauh dari Detroit dimana banyak tersimpan karbon, dan tempat ini merupakan tempat dimana Constructicons terkubur hidup-hidup.
  • Cybertron: Planet rumah dari semua anggota Transformers
  • Lockdown's Ship

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Entertainment Rights picks up more Transformers". 2008-10-22. Diakses 2008-10-26. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Transformers: Unicron Trilogy
2002-2006
Serial mainan Transformers
2007-2009
Diteruskan oleh:
Transformers: Revenge of the Fallen
2009
Didahului oleh:
Transformers: Universe
2003-2006
Serial mainan Transformers
2007-2009
Diteruskan oleh:
Transformers: Revenge of the Fallen
2009
Didahului oleh:
Transformers: Revenge of the Fallen
2009
Serial mainan Transformers
2009-2010
Diteruskan oleh:
Incumbent
Didahului oleh:
Transformers: Cybertron
2005-2006
Serial televisi Transformers
2007-2010
Diteruskan oleh:
Incumbent