Ironhide

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ironhide
Transformers-20090409-ironhide-cg.jpg
Autobot
Sub-grup Autobot Cars
Deluxe Vehicles
Go-Bots
Power Masters
Deluxe Beasts
Fungsi Security
Military Strategist
Maximal Elder
Deputy Leader
Rekan Prowl & Silverbolt
Semboyan "High tech circuitry is no replacement for guts."
"Being fast is an asset, but nothing replaces guts!"
"I grind Decepticons into garbage any way I can."
"Slow is as slow does."
Model alternatif Cybertronian Truck
Nissan Onebox Cherry Vanette
Ford Pick-Up Truck
Hummer
Cobra HiSS
African elephant
Seri Seluruh seri Transformers (versi Jepang dan Amerika Serikat)

Ironhide (Rhino di Kanada, Falco di Italia, Vasököl (Ironfist) di Hungaria) adalah salah satu karakter robot fiksi dari serial Transformers. Ia merupakan salah satu komandan perang Autobots sekaligus tangan kanan dari Optimus Prime di serial Transformers 1980 dan film laga Transformers 2007.

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Desainer karakter Transformers kartun merancang tubuh Ironhide untuk jadi salah satu ikon dalam Transformers. Ia dirancang sebagai salah satu petugas keamanan dan komandan perang Autobots, sekaligus merupakan tangan kanan dari Optimus Prime. Bersama Prowl dan Jazz, tim kecil Ironhide ini merupakan salah satu tim taktik perang Autobots dalam menghadapi Decepticons. Ironhide berteman baik dengan Chromia, seorang Autobots wanita. Selian itu ia juga sangat dikagumi oleh Carly, istri Spike Witwicky.

Dalam episode “More Then Meets the Eyes” Ironhide menjadi asisten Bumblebee saat menghentikan aksi Rumble yang berencana membuat banjir, kemudian ia sempat menjadi beku saat Dcepticons mencuri alat temuan Wheeljack yang mampu membekukan apa saja, sebelum akhirnya Carly mengacaukan system alat tersebut, dan membuat Ironhide aktif kembali. Bahkan Ironhide juga menjadi salah satu Autobots yang berhasil menyelamatkan Carly saat ia tertangkap oleh Decepticons.

Ironhide juga sempat membahayakan dirinya saat mencoba menyelamatkan Optimus Prime dari tembakan pistol Megatron. Saat itu Megatron sebenarnya akan menembak Optimus, namun berhasil dilindungi Ironhide, sehingga menyebabkan Ironhide terluka. Ratchet kemudian memperbaiki Ironhide, dan sempat mengancam akan mencabut sirkuit bicara Ironhide jika ia terus bicara selama proses perbaikan.

Dalam “A Prime Problem”, Ironhide untuk pertama kalinya menjadi pemimpin Autobots saat terdapat dua Optimus Prime, dimana salah satu Optimus merupakan ciptaan cloning dari Megatron.

Ironhide merupakan salah satu robot Autobots yang terbunuh dalam The Transformers: The Movie. Ia tertembak oleh meriam besi Megatron dalam satu tembakan saja. Ada rumor yang berkembang bahwa Ironhide dulunya adalah Dion, yang merupakan teman baik Orion Pax (Optimus Prime), namun menurut cerita versi Dreamwave, Ultra Magnus merupakan re-inkarnasi dari Dion yang sesungguhnya.

Robots in Disguise[sunting | sunting sumber]

Dalam versi ini Ironhide adalah Spy Changers terkuat. Ia dapat memaksakan tenaganya sampai melebihi limit. Namun dalam cerita serial TV versi ini, Ironhide hanya mendapat peran kecil. Ia biasanya tampil dalam serangan Autobots untuk melawan Decepticons.

Unicron Trilogy[sunting | sunting sumber]

Transformers: Armada[sunting | sunting sumber]

Berbeda dengan serial-serial versi sebelumnya, kali ini Ironhide tampil menjadi Autobots wanita, yang kemudian ditangkap oleh Decepticons Terrorsaur.

Transformers: Energon[sunting | sunting sumber]

Dalam versi ini Ironhide diceritakan masih muda, dan mengidolakan Hot Shot. Ironhide merupakan seorang petarung yang bagus, namun kurang disiplin. Ia mempunyai sahabat yaitu Skyfire, dan bisa menggabungkan diri mereka menjadi satu. Mode alternatif-nya adalah mobil Ford Explorer Sport Trac.

Transformers film[sunting | sunting sumber]

Film 2007[sunting | sunting sumber]

Dalam film Transformers versi 2007, Ironhide tampil sebagai mobil GMC Topkick C6500 pickup truk yang dimodifikasi. Ia tampil untuk menggantikan Arcee. Peter Cullen yang menjadi pengisi suara asli Ironhide dalam serial G1 tidak dipakai untuk mengisi suaranya dan digantikan oleh Jess Harnell.

Ironhide merupakan teman lama Optimus Prime dan mempunyai spesialiasi dalam bidang senjata. Ia merupakan ksatria senior Autobots, dan memiliki senjata berupa senapan mesin dan kanon plasma.

Merujuk pada wawancara dengan sang sutradara, Michael Bay, Ironhide memiliki tinggi 26 kaki, namun menurut yang lain tinggi Ironhide adalah 21 kaki. Dalam panduan resmi Transformers video game, Ironhide memiliki tinggi 22 kaki. Sementara di majalah Transformers versi Inggris, tinggi Ironhide adalah 22 kaki 5 inch, dengan berat 3,8 ton dan memiliki kecepatan 180 mil/jam.

Ironhide memiliki senjata berjumlah lebih dari 10.000 buah. Dan dalam Transformers versi film ini, Ironhide merupakan Autobots dengan jumlah senjata terbanyak.

Revenge of the Fallen 2009[sunting | sunting sumber]

Ironhide kembali hadir dalam Revenge of the Fallen. Ia pergi ke Shanghai, China, bersama NEST dan merupakan Autobot pertama yang berubah menjadi robot ketika melawan Decepticons. Ia kemudian membantu Sam untuk melarikan diri dari kejaran Megatron. Terakhir ia tampil di Mesir, bertarung bersama Arcee melawan serangan dari The Fallen.

Dark of the Moon[sunting | sunting sumber]

Ironhide kembali hadir dalam Dark of the Moon. Dicerita ini ia mati terbunuh oleh Sentinel Prime saat dia menjaga sentinel

Transformers: Animated[sunting | sunting sumber]

Ironhide kembali muncul dalam serial terbaru Transformers 2008 ini. Ia tampil dengan warna yang sama seperti di G1, yaitu merah dan memiliki tubuh yang sama dengan Ratchet.

Ironhide tampil pertama kali dalam flashback di episode “Autobot Camp”. Ia merupakan teman baik dari Wasp. Selanjutnya, Ironhide mulai tampil penuh dalam episode “Mission Accomplished” bersama Ultra Magnus.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]