Bumblebee

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bumblebee
Bumblebeeanimated.jpg
Autobot
Nama Jepang Bumble
Sub-grup Mini-bots
Throttlebots (sbg Goldbug)
Pretenders
Action Masters
Go-Bots
Deluxe Vehicles
Fungsi Espionage
Espionage Director
Spy
Peringkat 7
Semboyan "The least likely can be the most dangerous." (Bumblebee)
"To know others you must know yourself first." (Goldbug)
"Data is power." (Classic)
Model alternatif Cybertronian Car
1952 Volkswagen Beetle
AMC Pacer
Motorcycle and Sidecar
Train Engine
Chrysler ME Four-Twelve (Classic Legends)
Seri Seluruh seri Transformers, baik versi Jepang ataupun versi Amerika Serikat

Bumblebee (alias Bumble di Jepang, Moscardo di Portugal, Űrdongó di Hungaria) merupakan salah satu karakter robot fiksi dalam serial Transformers. Ia merupakan salah satu tokoh robot yang popular dalam serial tersebut selain Optimus Prime dan Megatron. Bumblebee merupakan salah satu anggota Autobots.

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Bumblebee merupakan salah satu karakter terfavorit dari serial Transformers G1. Dengan tubuh yang kecil, dan juga tangkas, Bumblebee banyak menjadi pembantu dan juga penyelamat dari tim Autobots. Model alternatifnya dalam Transformers G1 adalah mobil Volkswagen Beetle warna kuning. Dan sampai era abad 21 pun, warna kuning tetap menjadi warna ciri khas dari Bumblebee. Fungsi utama dari Bumblebee sebenarnya adalah untuk menjadi Autobot muda yang harus mempelajari segala hal dan menghormati atasannya di Autobots.

Walaupun kecil, dan nyaris selalu terlibat dalam bahaya, Bumblebee merupakan seorang intel spionase yang handal. Bersama rekan-rekan manusianya seperti Spike Witwicky, Carly, dan Chip Chase, Bumblebee banyak membantu pekerjaan dari Optimus Prime dan kawan-kawan untuk memberantas kejahatan dari Autobots. Ia mampu melaju sampai kecepatan di atas 250 km/j jika berada dalam model mobil.

Pengisi suara Bumblebee dalam serial versi bahasa Inggris adalah Dan Gilvezan, sementara untuk versi bahasa Jepang oleh Yoku Shioya.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Bumblebee merupakan salah satu tokoh yang sering tampil dalam Transformers. Pada awal episode serial ini, Bumblebee bersama Wheeljack mencari dan membawa beberapa konduktor energi di Cybertron yang saat itu sedang mengalami krisis. Kemudian Bumblebee menjadi salah satu kru The Ark hingga pesawat itu jatuh ke Bumi menabrak sebuah gunung, dan menyebabkan ia terkubur hingga tahun 1984 saat ia dibangkitkan kembali oleh Teletraan I.

Bumblebee kemudian menjadi sahabat setia keluarga Witwicky (Spike dan ayahnya, Sparkplug). Dan Bumblebee merupakan satu-satunya Autobots yang tidak terkena pengaruh cuci otak Decepticons ketika mereka mengubah seting pengisi energi Autobots.

Selanjutnya, Bumblebee bersama Spike terlibat petualangan yang luar biasa. Pertama ia bersama Spike sempat menikmati indahnya pulau Dinobot, lalu masuk ke kota terkubur di Sub-Atlantica, dan menjadi saksi bertemunya Spike dengan calon istrinya, Carly di sebuah tempat rental video game.

Ia juga merupakan anggota tim Autobots bersama Chip Chase yang pergi ke Cybertron untuk mengambil komponen suku cadang untuk memperbaiki Optimus Prime. Mengetahui hal tersebut, Megatron memerintahkan tentaranya di Cybertron untuk membuat hujan asam dan hal ini sempat membuat Bumblebee kewalahan.

Pada episode 51 (Prime Target) ketika Lord Cholmondeley menangkap jet rahasia Uni Soviet, yang menyebabkan ketakutan perang antara Timur dan Barat, Cholmondeley kemudian berambisi untuk meraih kepala Optimus Prime. Untuk mewujudkan mimpinya, ia menantang Optimus setelah sebelumnya menangkap beberapa anggota Autobots, termasuk Bumblebee. Sayangnya niatnya itu tidak kesampaian setelah Optimus Prime yang dibantu oleh Astrotrain dan Blitzwing berhasil menghajar Cholmondeley.

Selanjutnya di episode 59 (Trans-Europe Express), Bumblebee bersama beberapa anggota Autobots mengikuti balapan amal dari Paris ke Istanbul. Megatron kemudian menyuruh Stunticons untuk mengacaukan Autobots dan mencuri mobil Augie Canay karena di mobil Canay terdapat logam super. Lantas Megatron menggunakan logam tersebut untuk salah satu senjatanya selain Berlian dari Bahudine untuk mengendalikan cuaca. Bumblebee memberanikan dirinya untuk menghancurkan berlian tersebut dengan cara masuk kedalam pusaran angin, dan ia berhasil. Setelah itu, Canay dan semua Autobots berencana untuk membagi uang hasil lomba tersebut, namun Canay lebih memilih untuk mengambil berlian yang ditembak oleh Bumblebee tersebut.

Pada The Transformers: The Movie, Bumblebee menjadi salah satu tokoh penting Autobots. Ia bersama Spike nyaris jadi santapan Unicron, namun gagal setelah putra Spike, Daniel Witwicky berhasil menghancurkan Unicron menggunakan Autobot Matrix of Leadership.

Selanjutnya di serial season ketiga, Bumblebee kembali berpartner bersama Spike di Bumi. Dengan menggunakan Autobot City (Metroplex) sebagai pengganti The Ark yang hancur, ia sempat kewalahan saat menghadapi hantu Starscream yang mencuri mata Metroplex.

Kemudian ketika mengetahui bahwa tubuh Optimus Prime ditemukan oleh sepasang ilmuwan pembenci Autobots, Rodimus Prime membuat sebuah tim untuk menyelamatkan tubuh Optimus, dan Bumblebee merupakan salah satu diantaranya. Sayangnya ia cedera berat setelah menghadapi Superion yang terinfeksi Hate Plague Dengan bantuan Quintessons yang berhasil membuat Optimus Prime hidup kembali, Bumblebee kemudian diformat ulang menjadi Goldbug.

Sebagai Goldbug, ia bersama Optimus Prime kemudian pergi ke planet Chaar untuk mencari alumunium tahan panas, yang dapat melindungi tubuhnya dari Hate Plague. Namun Optimus berhasil menyembuhkan semua manusia dan Transformers menggunakan Matrix-nya yang ia rebut dengan susah payah dari Rodimus Prime.

Goldbug kemudian tampil dalam penampilannya di serial season keempat, saat itu ia menjadi komandan pertahanan Autobot City dan Cybertron dari serangan Decepticons. Dengan penampilannya ini, maka Bumblebee menjadi satu dari sembilan karakter Transformers yang tampil di semua serial kartun versi AS (lainnya adalah Spike Witwicky, Optimus Prime, dan tim Constructicons).

Penampilan lain[sunting | sunting sumber]

  • Bumblebee tampil dalam buku dan rekaman suara Satellite of Doom tahun 1985
  • Bumblebee juga tampil dalam buku cerita mewarnai anak-anak berjudul The Lost Treasury of Cybertron terbitan Marvel Books.
  • Dalam video game flash Transformers Battle Circuit di situs Hasbro, Bumblebee bersama Grimlock, Jetfire, Starscream, dan Astrotrain tampil sebagai karakter yang bisa kita mainkan. Optimus Prime dan Megatron akan tampil bila kita sudah mengalahkan karakter-karakter di atas.

Transformers Film[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Cosplayer Bumblebee. New York Comic con 2012

Dalam film karya sutradara Michael Bay ini, Bumblebee bertemu dengan Sam Witwicky di sebuah tempat penjualan mobil bekas. Bumblebee saat itu berubah menjadi mobil Chevrolet Camaro lansiran tahun 1977. Di tengah cerita film ini Bumblebee kemudian berubah menjadi mobil Chevrolet Camaro 2009. Mobil Chevy Camaro 2009 tersebut merupakan salah satu mobil yang ditampilkan dalam Detroit Motor Show 2007, sebulan sebelum pihak Paramount Films memutuskan memakai mobil tersebut sebagai basis Bumblebee dalam film Transformers.

Mobil Bumblebee versi 1976 yang tampil di film Transformers tersebut kemudian laku terjual lewat situs pelelangan eBay dengan harga $40.100,01.

Pengisi suara Bumblebee dalam film Transformers 2007 adalah Mark Ryan.

Plot film[sunting | sunting sumber]

Pertama kali Bumblebee muncul adalah saat ia masuk secara tiba-tiba ke sebuah dealer mobil bekas, dimana Sam yang akan membeli mobil pertamanya kemudian tertarik kepada Bumblebee, namun sang pemilik dealer merasa tidak mengenal mobil tersebut. Ketika sang pemilik dealer mobil bekas menolak menjual mobil tersebut dengan harga 4.000 dolar, Bumblebee marah dan menghancurkan semua kaca mobil bekas yang ada di dealer tersebut, sehingga akhirnya mobil Chevrolet Camaro 1977 itu dijual dengan harga sesuai yang diinginkan oleh ayah Sam.

Bumblebee dalam mode mobil kemudian digunakan oleh Sam untuk mendekati Mikaela. Sebelumnya, Sam sempat ketakutan karena melihat mobilnya berjalan sendiri tanpa sopir. Tak lama berselang, Mikaela berhasil didapatkan oleh Sam, setelah Sam terdesak oleh serangan Barricade. Mikaela yang bermaksud akan menolong Sam kemudian diajak lari setelah melihat gelagak buruk dari mobil polisi gila, yang sebenarnya adalah Barricade.

Setelah seharian penuh kejar-kejaran dengan Barricade, akhirnya Bumblebee berhasil mengalahkan Barricade. Namun baik Bumblebee, Sam, dan Mikaela tidak menyangka bahwa Frenzy, yang sebelumnya digergaji oleh Mikaela, menyamar jadi handphone, dan kemudian menyelinap ke tas Mikaela. Ketika Bumblebee berjalan di jalan raya, Mikaela sempat berujar bahwa mobil Chevy Camaro 1977 itu sudah jelek. Bumblebee paham dan ia menyuruh Sam dan Mikaela keluar dari mobil. Awalnya Sam mengira bahwa Bumblebee marah karena Mikaela telah menghinanya, namun tak lama berselang, wajah Bumblebee berubah menjadi mobil bagus, yaitu Chevrolet Camaro 2009. Dan tentu saja hal ini membuat Sam dan Mikaela puas.

Bumblebee kemudian sempat tertangkap oleh agen-agen dari Sector 7. Namun Sam dengan sedikit negoisasi dan pengetahuan bahwa sebenarnya yang jahat adalah Decepticons berhasil menyelamatkan Bumblebee. Kemudian Allspark yang berhasil didapatkan oleh Bumblebee dipindahkan dari Sector 7. Sayangnya Frenzy berhasil membangunkan Megatron, dan akhirnya tim Autobots yang dibantu pihak militer berjuang melawan Decepticons. Bumblebee kemudian kehilangan kakinya saat mencoba melindungi Ironhide dari serangan roket Starscream. Dengan bantuan Mikaela yang mendereknya memakai mobil derek, akhirnya Bumblebee berhasil bangkit kembali, dan kemudian menghancurkan Devastator. Setelah pertarungan selesai, Bumblebee diperbaiki oleh Ratchet, dan kemudian ia meminta izin pada Optimus bahwa ia ingin menetap di Bumi. Izin dipenuhi, semua anggota Autobots akhirnya menetap di Bumi.

Revenge of the Fallen[sunting | sunting sumber]

Bumblebee akan tampil kembali dalam film sekuel Transformers, yang berjudul Revenge of the Fallen pada 2009.

Transformers: Animated[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Bumblebee kembali tampil dalam serial Transformers: Animated, kali ini ia tampil sebagai mobil detektif polisi (Toyota Yaris). Sama seperti di G1, Bumblebee kembali menjadi teman baik dari manusia. Kali ini ia menjadi teman baik dari Sari Sumdac. Selain itu ia juga menjadi teman dari Bulkhead.

Berbeda dengan di versi G1, kali ini Bumblebee tampil sedikit lebih kurus. Selain itu wajahnya juga selalu menampilkan raut tersenyum. Pengisi suaranya adalah Bumper Robinson.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Bumblebee bersama Bulkhead, Prowl, Ratchet, dan Optimus Prime merupakan tim orsinil Autobots yang sudah tampil sejak episode satu, ketika mereka semua harus menghadapi Megatron dan kemudian masuk ke Lake Erie di kota Detroit. Di episode selanjutnya, saat menghadapi monster nano, Bumblebee menjadi pahlawan ketika ia berhasil memusnahkan monster yang awalnya berasal dari kecoa tersebut.

Pada episode Autobot Camp, Bumblebee sempat mengingat masa lalunya ketika ia masuk pelatihan Autobots. Di tempat tersebut ia bertemu dengan Bulkhead, Longarm, Ironhide, dan Wasp. Nama Bumblebee diberikan oleh Sentinel Prime, awalnya nama Bumblebee adalah Bumbler. Ketika ia berada di Cybertron, mode alternatifnya adalah Corvette Stingray 1963.

Di Bumi, ia menjadi salah satu tim Autobots dalam menghadapi serangan Decepticons.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]