Rodimus Prime

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Rodimus Prime
Rodimus Prime full version.jpg
Autobot
Sub-grup Autobot Cars, Deluxe Vehicles, Targetmasters, Micron Vehicles, Micromasters, Primes, Wreckers
Fungsi Pemimpin Autobot, Komandan Tertinggi, Kavaleri, Pejuang, Pelindung, Matrix Templar
Rekan Firebolt/Sparks, Optimus Prime, Ultra Magnus, Scrapheap, Kup, Offshoot
Semboyan "My actions speaks louder than my words" (Hot Rod)
"Experience is the benchmark of maturity" (Rodimus Prime)
"Action is my middle name" (Classics)
"Wisdom will always defeat firepower" (Alternators)
Model alternatif 'Dome Zero, Truk masa depan, Ford GT
Seri Transformers: Generation 1
Transformers: Titanium
Transformers: Classics
Transformers: Universe
Transformers: Masterpiece

Rodimus Prime merupakan salah satu karakter robot fiksi Transformers. Ia adalah pemimpin “sementara” Autobots sebelum kebangkitan kembali Optimus Prime oleh Quintessons dan Sky Lynx. Sebelum menjadi Rodimus Prime, ia dikenal sebagai robot muda penuh ambisi bernama Hot Rod.

Transformers: Generation 1[sunting | sunting sumber]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Hot Rod adalah Transformer ke-14 yang sayangnya dinamakan Topless Robot. Hot Rod adalah salah satu Autobots favorit IGN. Menurut X-Entertainment, Rodimus Prime adalah figur top Tansformers ke-6 sepanjang masa.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Sebelum ia menjadi Rodimus Prime, karakter aslinya adalah sebagai Hot Rod, yaitu seorang robot muda yang sangat mengimpikan untuk bisa menjadi setangguh Optimus Prime yang tewas dalam perang.

Ketika Unicron bersama Galvatron menyerang planet Cybertron, Hot Rod memberanikan diri menantang Galvatron. Galvatron menganggap remeh Hot Rod karena ia hanya seorang anak kecil. Namun Hot Rod berhasil mengalahkan Galvatron dan merebut matrix milik Optimus Prime yang Galvatron curi dari Ultra Magnus. Kemudian Hot Rod memakai Matrix tersebut dan akhinya ia berubah manjadi Rodimus Prime. Keputusan Hot Rod memakai matrix milik Optimus memang tidak salah. Ia merupakan pilihan utama para legenda Autobots (termasuk Optimus Prime) untuk menjadi pemimpin Autobots. Semenjak Hot Rod memakai matrix, cara bicara ia berubah menjadi mirip seorang veteran. Rodimus kemudian mempelajari cara memimpin yang baik. Namun walaupun begitu, dalam hatinya ia tetap merasa bahwa Optimus-lah yang lebih pantas menjadi pemimpin. Sementara ia, jika matrix-nya dibuka, hanyalah sebuah robot biasa bernama Hot Rod. Baik Rodimus Prime atau diri aslinya sebagai Hot Rod bisa berubah menjadi sebuah mobil masa depan (yang basisnya dari mobil konsep Citroën Penthouse CX pada tahun 1980-an).

Di "Five Faces of Darkness", pada awal pemerintahannya dalam rangking Autobot, Rodimus Prime selalu didatangi masalah dari para Decepticons, dan sekutu mereka, pencipta ras Transformers, para Quintessons, yang memancing mereka ke Planet Quintessa untuk menghancurkan Matrix selamanya. Kemudian mereka terdampar di Planet Goo, dan terancam oleh penghisap sampah Planet itu. Nantinya, Rodimus Prime mematikan dirinya sendiri untuk mencari jawaban di dalam Matrix, dan menemui para Prime yang terdahulu, termasuk Optimus Prime. Dia pun memenahkan hari, meski tidak lama.

Dalam episode "Dark Awakening", Rodimus, Ultra Magnus, Arcee, Springer, Kup, Spike dan anaknya, Daniel Witwicky, sedang berlari dari kejaran Galvatron, saat mereka menemukan pemakaman para Autobot yang telah gugur. Disanalah, dimana mereka mendapati bahwa Optimus Prime bangkit lagi, di bawah pengaruh para Quintessons. Menyadari ini, Rodimus memberikan Optimus Matrix miliknya dan kembali menjadi Hot Rod. Tapi Optimus memilih untuk memusnahkan mereka, pergi ke Cybertron dan memerintah untuk menyerang markas Quintessons, yang sebenarnya adalah jebakan. Hot Rod dan yang lainnya menghentikan usaha mereka, mengambil Matrixnya kembali, saat Optimus menyuruh kembali ke Cybertron, dan mengorbankan dirinya demi keselamatan para Autobot.

Dalam "Only Human", Rodimus, Springer, Ultra Magnus, dan Arcee dicuri oleh orang-orang yang diperintah Vector Drath, tapi mereka selamat, meski sekarang mereka menjadi manusia sungguhan. Mereka berusaha mendapatkan bantuan, Arcee melapor ke Autobot City, Rodimus pergi ke rumah seorang wanita, dan Ultra Magnus dan Springer mengambil tumpangan dalam tubuh mereka masing-masing. Akhirnya, mereka kembali ke tubuh mereka, dan Vector Drath kalah.

Di "The Burden Hardest to Bear", Rodimus Prime sempat mengalami masalah stagnasi kepemimpinan. Ia merasa stress dengan banyaknya tuntutan sebagai pemimpin setelah ia dicela oleh kaisar dan perdana menteri Jepang. Akhirnya Rodimus yang stress malah mengajak grup Stunticons balapan liar, dan kemudian Rodimus terperosok ke jurang. Dimana Wildrider kemudian mengambil matrix dari tubuh Rodimus sehingga ia kembali lagi ke bentuk Hot Rod. Matrix tersebut sempat dipakai oleh Galvatron, namun Galvatron merasa tidak enak setelah ia dibayangi oleh para pemimpin Autobots masa lalu. Ia lalu menyuruh Scourge menghancurkan matrix tersebut, sayangnya benda tersebut malah dicoba dipakai oleh Scourge. Dan ia menabsihkan diri sebagai pemimpin baru Decepticons. Sementara itu, Hot Rod yang mendapatkan petuah berharga dari seorang guru beladiri di Jepang, memberanikan diri untuk melawan Scourge yang kuat karena matrix. Cara ia merebut matrix sama seperti ketika ia merebutnya dari tangan Galvatron. Ia kembali memakai matrix tersebut dan dirinya pun kembali berubah menjadi Rodimus Prime.

Dalam episode “The Return of Optimus Prime”, Rodimus berjasa karena ia menyelamatkan tubuh Prime dari ancaman penghancuran. Ia kemudian meminta Sky Lynx untuk mencari Quintessons dengan harapan bisa membangkitkan kembali Optimus. Rodimus kemudian terkena infeksi spora matahari, dan satu-satunya harapan cuma ada di tangan Quintessons untuk membangkitkan Optimus, dan ternyata berhasil. Optimus Prime yang baru bangkit dari kubur ini kemudian mencari Rodimus dan meminta matrix miliknya. Dengan memakai anti radioaktif, Optimus berhasil merebut matrix dari tangan Rodimus. Dan akhirnya Rodimus kembali lagi kebentuknya semula sebagai Hot Rod. Matrix yang kini berada ditangan Optimus ternyata adalah obat untuk mengobati serangan spora matahari yang menjangkiti manusia dan juga transformers.

Dengan kembalinya Optimus Prime maka Rodimus kembali menjadi Hot Rod. Dalam episode "The Rebirth", Hot Rod mendapat partner baru Targetmaster, bernama Firebolt. Dia masih hidup dalam season 4 ini hingga akhirnya.

Dalam serial Jepang berjudul Transformers: The Headmasters (yang menggantikan The Rebirth dalam kelanjutan cerita Jepang), Rodimus Prime (dikenal sebagai Rodimus), muncul sebagai bagian dalam di sistem pemerintahan Autobots.

Dalam episode "Four Warriors who come out of the Sky", Galvatron dan para Headmasternya menyerang Cybertron, Vector Sigma telah dirusak, dan Rodimus diperintahkan untuk mengambil Matrix Kepemimpinan (yang masih dalam pengisian ulang) di "Mystery of Planet Master" setelah para Headmaster Autobot memperkenalkan diri. Di sanalah dimana ia dan Blaster berpapasan dengan dengan Soundwave, sebelum mereka bertarung, dan mati.

Setelah mendapatkannya di episode "Birth of the Fantastic Double Prime", Rodimus pergi ke Cybertron untuk menolong Optimus, hanya untuk mendapati bahwa hantu Alpha Trion membantunya untuk menjadi Rodimus Prime lagi.

Setelah kematian Optimus Prime, Rodimus Prime kembali memegang kekuasaan dalam para Autobot. Tapi, setelah Scorponok menghancurkan Vector Sigma, yang akhirnya meledakkan Cybertron, Rodimus Prime hanya punya satu misi; menemukan rumah baru bagi Bangsa Transformer.

Sebelum keberangkatannya di "Cybertron is in Grave Danger, Part 2", Rodimus memilih Kup dan Blurr untuk ikut dengannya, dan memberikan gelar "Pemimpin Autobot" ke Fortress, sebelum akhirnya berangkat.

Dalam seri itu, Rodimus tidak kembali lagi, tapi dia kembali lagi dalam komik manga Battlestars, dengan nama Hot Rod lagi, dan dia sudah menjadi Micromaster, serta membantu Star Convoy (Optimus Prime yang bangkit lagi) alam pertarungannya melawan Super Megatron.

Buku[sunting | sunting sumber]

Hot Rod muncul di buku tahun 1986 dari Ladybird Books berjudul Decepticon Hideout oleh John Grant, dan di buku cerita dan gambar Marvel, The Lost Treasure of Cybertron

Produksi Dreamwave[sunting | sunting sumber]

Hot Rod memimpin sel Autobots dalam perlawanan terhadap kepemimpinan Shockwave di Cybertron sampai Shockwave digulingkan oleh Optimus Prime dan Ultra Magnus. Kemudian, ia adalah bagian dari tim Ultra Magnus untuk membentengi salah satu bulan Cybertron, dan bentrok dengan Springer atas Arcee.

Meskipun Targetmaster Hot Rod dan Rodimus Prime diterima halaman bio di Dreamwave ini seri More Than Meets The Eye, mereka tidak pernah muncul dalam cerita-cerita komik sebelum perusahaan tertutup, pembatasan satu flash Optimus Prime memiliki masa depan ketika Matrix rusak , di mana ia melihat Hot Rod sebagai robot Targetmaster.

Publikasi Devil's Due[sunting | sunting sumber]

Hot Rod juga akan muncul dalam G.I. Joe vs Transformers Crossover komik dari Devil's Due Publishing. Dia membuat penampilan perdananya di crossover kedua, di mana ia diangkut ke bumi oleh kerusakan Teletran - 3 dan diformat ke dalam bentuk mobil sport Bumi. Dia muncul kembali di crossover ketiga , di mana ia tampaknya bertindak sebagai tangan kanan Optimus Prime . Menempatkan sebuah tim bersama-sama untuk mencari tim yang hilang yang telah melakukan perjalanan ke Bumi (yang telah ditangkap oleh Serpentor dan Decepticons), ia kemudian akan memimpin gabungan kekuatan GI Joe / Autobot yang diselamatkan Optimus Prime. Sangat menarik untuk dicatat bahwa dalam kontras dengan yang biasa "muda rookie" penggambaran sini Hot Rod tampaknya berada dalam posisi komando tinggi, mengalahkan Ultra Magnus, Prowl, Ironhide, dan lainnya. Namun, pada keempat Crossover Hot Rod dipaksa untuk menunggu di Cybertron bawah komando Magnus sebagai Optimus Prime melakukan perjalanan ke Bumi.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Penampilan pertama bagi Rodimus adalah di game aksi RPG Transformers: The Battle to save the Earth oleh activision bagi Commodore 64. Untuk alasan yang tidak diketahui, baik Hot Rod dan Rodimus Prime muncul sebagai karakter terpisah bahwa pemain dikontrol secara bersamaan dengan enam Autobots lainnya. Dia adalah karakter yang dapat dimainkan di Transformers: Mystery of Convoy oleh Family Computer. Pemain dapat membuka dia dengan mengumpulkan semua surat-surat yang menguraikan namanya. Hot Rod / Rodimus Prime baik muncul sebagai karakter dimainkan di Jepang - satunya permainan Transformers 2003 untuk PlayStation 2. Dia juga muncul, dalam bentuk seri Classic mainannya, sebagai karakter yang dapat dimainkan dalam video Flash berbasis permainan Transformers: Battle Circuit sederhana pada situs web Hasbro.

Transformers: Generation 2[sunting | sunting sumber]

Dalam beberapa negara Eropa, sebuah Laser Rod bernama Jolt dinamai Hot Rod, meskipun ia tidak memiliki hubungan apapun dengan Hot Rod yang pertama.

Transformers: Armada[sunting | sunting sumber]

Hot Rod adalah nama untuk Hot Shot di versi Jepangnya. Kedua karakter berbagi sifat, mode alternatif, dan akhirnya jabatan pemimpin Autobot hingga Optimus Prime kembali.

Transformers: Energon[sunting | sunting sumber]

Rodimus adalah komanadan militer yang bagus dan pejuang yang hebat, tapi dia berjuang demi kedamaian dan kebebasan. Yang pertama dalam kesempatan bersama Optimus Prime, dia menjadi kepercayaan Optimus dan komandan de facto saat Optimus tidak hadir.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Dalam waktu yang berbeda dalam seri mainan dan kartun 2003-2004 Transformers: Energon, Rodimus (tanpa "Prime" di belakang, tapi dipanggil Rodimus Convoy di Jepang), adalah seorang pemimpin besar di Cybertron usia di masa lalu dan dipandang sebagai pahlawan oleh banyak orang, termasuk karakter yang sama, Hot Shot. Berkeinginan untuk melarikan diri dari perang yang telah mengkonsumsi planet ini , Rodimus berangkat Cybertron dengan kontingen pasukan berkeinginan sama, sebagian besar menetap di planetoid asing dan menjadi Omnicons, penambang Energon. Namun, Rodimus melanjutkan perjalanannya dengan Prowl dan Landmine, membawa "bendera perdamaian" dari dunia ke dunia. Ia menolong para Autobot beberapa kali secara rahasia, karena menurutnya tidak sopan jika langsung beraksi di hadapan Autobot lainnya.

Pada titik tertentu, Rodimus belajar bahwa dunia hanya dikenal sebagai Planet Q berada di bawah ancaman dari pemakan dunia, Unicron , tetapi mereka sudah terlambat untuk mencegah kehancuran. Bertahun-tahun kemudian , bagaimanapun , ia bertemu bertahan penguasa planet ini, Alpha Q , dan memihak dia dalam rencananya untuk menggunakan Energon untuk regenerasi dan mengembalikan semua dunia dikonsumsi oleh Unicron, rencana yang menempatkan dia dalam oposisi dengan Optimus Prime ketika mereka bertemu satu sama lain sekali lagi. Ketika Megatron berhasil mengaktifkan kembali Unicron, bagaimanapun, Rodimus mengalah dan menyerahkan dirinya dan pasukannya untuk perintah Optimus Prime, dan mereka diintegrasikan ke dalam angkatan Autobot utama sebagai pertempuran terus mempertahankan dunia Alpha Q - berhasil diregenerasikan melawan Decepticons.

Produksi Dreamwave[sunting | sunting sumber]

Rodimus juga hadir di buku Transformers: Energon versi Dreamwave. Dalam kelanjutan ini Rodimus memiliki sejarah yang tidak jelas, tapi jelas bahwa dia adalah veteran Autobot yang ditujukan ke Bumi. Ia bertindak sebagai mentor bagi banyak Autobots kurang berpengalaman : misalnya dia adalah orang pertama yang mengucapkan selamat Ironhide ketika ia mengatasi rasa takutnya untuk mengalahkan Tidal Wave. Dia adalah salah satu dari para pembela Toronto bersama Hot Shot, Red Alert, Hoist, Beachcomber dan Thrust, bertarung melawan Divebomb dan para Terrrorconnya, sebelum dibantu oleh sumber yang tidak biasa, Megatron, terbangkitkan dalam tubuh baru Optimus Prime. Serangan balasan berikutnya memukul mundur Terrorcons.

Fun Publications[sunting | sunting sumber]

Rodimus muncul dalam cerita teks dari Fun Publications disebut Force of Habit. Cerita ini menjelaskan di mana dia selama peristiwa cerita Transformers: Cybertron. Ultra Magnus adalah komandan berbagai kapal Autobot dikirim ke planet lain dalam mencari Kunci Cyber Planet. Rodimus menjabat sebagai kapten Longbow yang dikirim ke Beta Aquarii.

Transformers[sunting | sunting sumber]

Menurut status online oleh penulis Roberto Orci, Hot Rod telah dipertimbangkan dalam film Transformers tahun 2007.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]