Barricade

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Barricade
Decepticon
Sub-grup Cyber Slammers
Micro Vehicles
Deluxe Vehicles
Destructicons
Micromasters
Fungsi Race Track Patrol Commander
Rekan Frenzy
Semboyan "Winning IS everything!"
Model alternatif Formula 1 race car
Cybertronian vehicle similar to an Astros II MLRS
Saleen S281 Mustang Police patrol car
Seri Transformers: Generation 1
Transformers: Universe
Transformers: Energon
Transformers movie toys

Barricade adalah nama untuk salah satu karakter robot fiksi dari serial Transformers.

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Barricade, meskipun tidak pernah tampil dalam serial Transformers AS dan Jepang, pertama kali muncul tahun 1990 sebagai bagian dari tim patroli track balap Decepticon. Model alternatifnya adalah mobil Formula 1.

Barricade mempelajari bagaimana cara mengurus dirinya sendiri ketika berjalan di sebuah klub balap liar di Cybertron, dan kemudian ia menjadi pemimpin geng balap liar dengan posisi sebagai Race Track Patrol. Pasukan geng Barricade kemudian terkenal dengan kenekatannya bertarung dan ngebut di sirkuit maupun di jalan raya, dan Barricade juga terkenal dengan sifat tanpa ampunnya.[1]

Transformers: Energon[sunting | sunting sumber]

Barricade versi abad 21 (dengan nama Onslaught di Jepang) dibuat untuk serial Transformers: Energon sebagai pemimpin tim Destructicons (Combaticons) dan merupakan bagian dari badan Bruticus Maximus (Bruticus saja di Jepang). Model alternatifnya adalah truk pelontar misil.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Dalam serial animasi, bagian komponen Barricade tidak disebutkan secara rinci, namun yang pasti Barricade versi Energon sangat cerdas. Dan Barricade di versi ini merupakan salah satu bagian dari badan Bruticus Maximus.

Bruticus Maximus merupakan satu daru empat combiner Transformers yang melindungi Super Energon di Cybertron. Megatron kemudian dipandu oleh Unicron untuk mencari komponen tersebut, dan ia lantas menghancurkan satu dari robot-robot statis tersebut (yakni salah satu dari Superion Maximus). Ketika penjaga Super Energon terbangun, Megatron menggunakannya untuk meng-upgrade dirinya menjadi Galvatron, demikian juga yang terjadi pada Bruticus Maximus dan Constructicon Maximus. Namun satu robot yang tersisa, Superion Maximus memutuskan untuk tidak menuruti Galvatron dan memilih untuk bergabung bersama Autobots.

Bruticus Maximus bersama Constructicon Maximus menjadi rival abadi dari Superion Maximus, dan ketika Superion Maximus memformat Constructicon Maximus, mereka berdua kemudian menghancurkan Bruticus Maximus, yang dibantu oleh hantu Megatron.

Transformers film[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Barricade tampil dalam film Transformers 2007 karya sutradara Michael Bay. Ia merupakan Decepticon yang bisa berubah menjadi mobil polisi Saleen S281 Extreme (modifikasi Ford Mustang), yang berwujud mirip dengan Autobot Prowl G1. Memang tadinya, yang akan ditampilkan adalah Prowl, namun di saat-saat akhir oleh tim penulis skenario menggantinya menjadi Barricade.

Barricade merupakan seorang Decepticon yang mudah bersembunyi dan bisa berkeliaran dengan mudah tanpa bisa diketahui orang, dikarenakan model alternatifnya sebagai mobil patroli polisi. Sifatnya (yang dikatakan Sam Witwicky sebagai polisi gila) yang mudah marah dan nekat, menjadi trademark Barricade dalam film. Ia kemudian menjadi peng-intrograsi Sam tentang keberadaan Allspark.

Dalam game, senjata utamanya adalah laser plasma dan kanon Gatling. Sedangkan dalam film, ia bisa menampilkan sopir manusia, dengan wajah hologram yang sama dengan pilot yang ada di Blackout dan Starscream (disebut Mustache Man dalam ending credit film).

Dalam sebuah skrip skenario yang tidak dipakai, nama aslinya adalah Brawl, namun Brawl dipakai sebagai pengganti nama untuk Devastator.

Menurut panduan game Transformers, tinggi badan Barricade adalah 16 kaki, sementara di majalah Transformers U.K. menyebutkan tinggi badan Barricade adalah 16 kaki dan 3 inchi, dengan berat 2,2 ton dan kecepatan maksimum 300 mph. Sedangkan dalam wawancara dengan Michael Bay, ia menyatakan bahwa tinggi Barricade adalah 18 kaki. Dan di versi mainan, produsen Hasbro menyatakan tinggi Barricade adalah 19 kaki.

Barricade adalah musuh bebuyutan Cliffjumper. Sayangnya Cliffjumper tidak tampil dalam film ini. Dan kalau melihat di film, selain Megatron, Scorponok, dan Frenzy, Barricade adalah Decepticon non-militer. Faktanya ia bersama Frenzy adalah Decepticons yang berkeliaran di pemukiman sipil.

Pengisi suara Barricade dalam film adalah aktor Jess Harnell[2] [3] [4], dan di video game oleh Keith David

Ciri khas[sunting | sunting sumber]

Sebagai mobil polisi Decepticons, Barricade memiliki beberapa ciri, antara lain:

  1. Di bagian belakang ada tulisan: "To punish and enslave", yang merujuk pada slogan parodi polisi klasik "To Protect and Serve".
  2. Di bagian depan ada tulisan: "Pacis Quod Alcedonia" atau kalau di versi bahasa Inggriskan: "Still, Halcyon Days of Peace".
  3. Terdapat juga logo symbol Decepticon dan tulisan "Incorporated since June 1865".

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Ada spekulasi yang menyatakan bahwa Barricade tadinya adalah versi untuk Soundwave, karena ia berpartner bersama Frenzy yang merupakan anak buah Soundwave. Faktanya, Barricade menunjukan perkataan khas robot yang sering dipertunjukan oleh Soundwave, dan Frenzy juga meniru seperti Soundwave di G1 dengan keluar dari pintu mobil Barricade dengan mode boombox sebelum akhirnya berubah menjadi robot.

Transformers 2007 film[sunting | sunting sumber]

Barricade merupakan satu dari Decepticons utama dalam film, dan juga merupakan Transformer pertama yang bicara dalam bahasa manusia (bahasa Inggris). Pertama kali ia tampil saat mengintrograsi Sam Witwicky tentang kacamata kakeknya (Archibald Witwicky, yang koordinat Allspark tercatat dalam pecahan kacamatanya). Sam berhasil kabur dengan dibantu Mikaela Banes dan Bumblebee dalam mode mobil. Barricade kemudian mengejar Bumblebee, dan kemudian Bumblebee dan Barricade bertarung dalam mode robot. Kemudian Bumblebee berhasil mengalahkan Barricade dan akhirnya ia kabur dan selamat. Selanjutnya Barricade tampil ketika ia dipanggil oleh Starscream, dan ada di jalan tol saat mengejar Sam, dimana Sam menyebut ia sebagai polisi gila yang sama dengan yang dulu (ketika ia bersama Bumblebee dikejar-kejar Barricade).

Barricade kemudian bertarung dengan Autobots di kota, namun baik ia, Scorponok, dan Starscream diyakini selamat karena tidak ada tubuh ia yang digambarkan sebagai jenazah. Namun dalam film ia dikabarkan tewas setelah Optimus Prime berhasil menghindari serangan Bonecrusher yang tragisnya malah mengenai Barricade.

Sumber bahasa Inggris dari novel: "There followed a flurry of furious action that ended only when Optimus flipped the machine clinging to him against a steel-and-cement freeway pillar. The impact cracked and bent the column. It did worse to Barricade, who lay twisted and unmoving."

Transformers: Revenge of the Fallen[sunting | sunting sumber]

Penulis skenario Roberto Orci dan Alex Kurtzman menyatakan bahwa mungkin Barricade akan menghilang dari Revenge of the Fallen[5], demikian juga beberapa fans mengharapkan Barricade akan dicoret dari skuat Decepticons di film sekuel tersebut, namun ternyata pihak IMAX menyatakan Barricade akan tampil dalam Revenge of the Fallen.

Dan bukti bahwa Barricade akan kembali tampil dalam Transformers: Revenge of the Fallen, adalah ketika film tersebut syuting di Culver City. Disana terlihat tiga mobil Saleen Mustang, dan ini menjadi bukti bahwa Barricade akan tampil kembali dalam sekuel Transformers.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]