Starscream

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Starscream
Starscream.jpg
Starscream versi asli era 1980-an
Decepticon
Sub-grup Seekers
Pretenders
Action Masters
Deluxe Vehicles
Fungsi Air Commander
Air Warrior
Peringkat 5 (but should have been 9, see text)
9 (Masterpiece Starscream)
Rekan Megatron
Semboyan "Conquest is made of the ashes of one's enemies."
Model alternatif Cybertronian Jet
F-15 Eagle
Cobra Night Raven
F-22 Raptor
Seri Seluruh versi Transformers, baik versi Jepang ataupun versi Amerika Serikat

Starscream (versi Italia adalah Astrum) adalah salah satu karakter robot fiksi dari serial Transformers. Ia merupakan anggota Decepticons dan juga merupakan tangan kanan dari Megatron. Namun di sisi lain, sebenarnya Starscream memiliki dua sisi, sisi pertama ia patuh pada Megatron, namun di sisi lain ia sangat berambisi menjadi pemimpin Decepticons.

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Spek teknis[sunting | sunting sumber]

Starscream digambarkan bisa berubah menjadi pesawat F-15 Eagle. Ia merupakan tangan kanan Megatron, namun dibalik kesetiaan pada Megatron tersebut tersimpan sebuah hasrat bahwa ia ingin merebut kekuasaan sebagai pemimpin Decepticons dari tangan Megatron. Ia juga dikenal sebagai pemimpin tim Seekers yang beranggotakan Skywarp, Thundercracker (season satu), Ramjet, Dirge, dan Thrust (season dua).

Starscream memiliki senjata dua bom cluster yang tersimpan di kedua sayap pesawatnya. Ia dapat membom kurang lebih 10.000 meter persegi. Ia juga dapat terbang dengan kecepatan 2,5 Mach dan dapat mencapai tinggi 65.000 kaki.

Pengisi suara Starscream dalam versi bahasa Inggris adalah Chris Latta. Sementara di versi Jepang yang menjadi voice actor-nya adalah Hirotaka Suzuoki.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Starscream merupakan mantan ilmuwan dan seorang penjelajah luar angkasa bersama temannya, Autobot Skyfire (alias Jetfire) ketika Zaman Emas Cybertron, sebelum terjadinya perang abadi Autobots dan Decepticons. Ketika Skyfire jatuh ke Bumi dan mengalami kecelakaan, Starscream kemudian kembali ke Cybertron dan memutuskan untuk bergabung bersama Megatron di Decepticons.

Di Decepticons, Starscream merupakan panglima perang kedua setelah Megatron. Ia merupakan salah satu anggota Decepticons original yang menguntit Autobots hingga ke Bumi sekitar empat juta tahun yang lalu, hingga akhirnya pada tahun 1984 gunung tersebut mengalami erupsi dan membuat super komputer Teletraan I membangkitkan kembali seluruh Transformers. Setelah semua anggota Transformers bangkit, maka perang abadi Autobots dan Decepticons berlanjut di Bumi.

Ketika perang berlanjut di Bumi, Starscream menemukan teman lamanya, Skyfire terkurung di daratan Artik. Megatron sempat menanyakan kenapa Starscream menyelamatkan Skyfire. Starscream lalu menjelaskan kepada Megatron bahwa dulu ia dan Skyfire merupakan teman dekat. Setelah itu, Starscream memimpin langsung perbaikan dari Skyfire. Pertemanan mereka dulu ketika Zaman Keemasan Cybertron nyaris terulang kembali saat Skyfire bergabung bersama Decepticons, namun niat Skyfire urung ketika ia dinasihati oleh Spike Witwicky dan ayahnya, Sparkplug agar tidak menyakiti manusia Bumi. Tak lama berselang, Starscream tahu dan ia memutuskan untuk bertarung melawan Skyfire, Skyfire kalah, namun sebelum ia menabrak gunung es, ia masih bisa membuat Spike terhibur berkat aksi heroiknya dan keputusannya untuk bergabung bersama Autobots, dan kemudian setelah Skyfire kembali terkubur dalam es, Wheeljack dan Ratchet kemudian berinisiatif membangunnya kembali. Dan sejak itu pula, Starscream mempunyai rival abadinya yaitu Skyfire.

Kemudian dalam sebuah aksi Megatron yang berniat mendatangkan Cybertron ke Bumi, Starscream bekerjasama dengan Doctor Arkeville untuk membuat rencananya sendiri. Ia lantas memaksa Arkeville untuk mengaktifkan generator exponesial yang menurut Arkeville sangat berbahaya sebab bisa menghancurkan Bumi. Setelah generator tersebut aktif, Starscream bersama Arkeville kembali ke Cybertron dan berencana untuk mengumpulkan energi dari Bumi yang hancur. Namun tanpa disangka, di Bumi Optimus Prime dan Megatron bersatu untuk menghancurkan generator tersebut, dengan menggunakan model pistol Megatron, Optimus kemudian menembakan generator tersebut ke angkasa, dan meledak, sehingga membawa kembali Starscream ke Bumi dan ia langsung dimarahi oleh Megatron atas aksi berbahayanya tersebut.

Kemudian untuk memuluskan jalannya menjadi pemimpin Decepticons, Starscream mulai membangun strategi dan pasukan. Bersama Astrotrain dan Blitzwing ia lalu merencanakan sebuah strategi untuk menyingkitkan Megatron. Ia lantas mengurung Megatron dalam sebuah terowongan AC di sebuah kota. Lucunya ia malah ikut-ikutan terkurung dalam terowongan tersebut.

Ia kemudian membuat pasukan yang ia namai Combaticons. Ia mencuri komponen kepribadian Combaticons dari Cybertron. Dimana komponen yang ia curi merupakan komponen para pemberontak Megatron. Setelah itu ia memasukan komponen kepribadian tersebut pada lima kendaraan bekas Perang Dunia II di Guadacanal. Dengan bantuan komponen kepribadian tersebut, semua anggota Combaticons berubah menjadi kendaraan modern (contohnya Vortex yang berubah menjadi helikopter setelah sebelumnya ia hanya sebuah pesawat terbang rongsokan). Yang terjadi setelah ia membuat pasukan Combaticons adalah kekacauan baik dikubu Autobots maupun di kubu Decepticons. Ironisnya, Combaticons juga tidak patuh pada Starscream hingga akhirnya Starscream bersama Combaticons bisa dikalahkan oleh pasukan gabungan antara Autobots dan Decepticons. Dan sebagai hukuman oleh Megatron, Starscream ditugaskan untuk memprogram ulang Combaticons dengan pengawasan ketat dari Soundwave dan Shockwave.

Pada 2005 (sumber dari The Transformers: The Movie) Starscream akhirnya bisa menyingkirkan Megatron dari jabatannya sebagai pemimpin Decepticons dengan bantuan serangan Astrotrain, Starscream merupakan satu-satunya Decepticons yang lolos dari maut, dan ia segera menabsihkan diri sebagai pemimpin Decepticons yang baru. Sayangnya ia tidak bisa berlama-lama menikmati jabatan pemimpin Decepticons, sebab ketika ia berpidato di depan para Decepticons, datanglah Galvatron (yang merupakan rekonstruksi dari Megatron). Dengan satu tembakan saja, tubuh Starscream langsung hancur. Namun rohnya masih hidup. Roh Starscream kemudian ditemukan oleh Octane, ketika ia memasuki makam Decepticons saat melarikan diri dari Galvatron.

Setelah kehilangan tubuhnya, Starscream mencoba menghubungi Unicron untuk membuatkannya tubuh baru. Ia lantas merasuki jiwa Cyclonus. Bersama Cyclonus, ia mencoba memenuhi tiga permintaan Unicron. Salah satunya adalah ketika ia mencuri mata dari Metroplex, namun pecah dan kemudian mengambil satu mata sebagai pengganti dari Trypticon. Kemudian ia juga berhasil mencuri roda transformasi Trypticon. Permintaan Unicron setelah kembali hidup adalah agar kepalanya ditempelkan ke Cybertron sebagai tubuh barunya. Namun Starscream tidak bisa melakukan hal tersebut dan meminta Unicron agar mengembalikan tubuh lamanya. Unicron menyetujuinya dan memberikan Starscream tubuh baru. Dan ketika Unicron meminta ia untuk membantunya, sekali lagi Starscream bermuka dua. Ia memutuskan untuk tidak memenuhi permintaan Unicron. Dan ia lebih memilih untuk melawan Galvatron. Namun sayangnya, ia tidak bisa lama menikmati tubuh barunya, sebab Rodimus Prime bersama Galvatron berhasil menembak kembali Starscream hingga akhirnya ia terbang tidak jelas di luar angkasa. Dan itu juga menjadi akhir dari penampilan Starscream di serial Transformers versi AS.

Transformers film[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Dalam film karya sutradara Michael Bay ini, Starscream digambarkan sebagai pesawat tempur F-22 Raptor. Ia sangat iri dengan Megatron, dan juga sangat dendam dengan keserakahan Megatron ketika memimpin Decepticons. Sama seperti di G1, ia sangat berkeinginan untuk (suatu saat nanti) merebut tahta pimpinan Decepticons dari tangan Megatron.

Dengan bentuk F-22 Raptor, ia memiliki tubuh yang agak gemuk bila dibandingkan dengan di versi G1. Selain itu, ketika ia berubah menjadi robot, bentuk tubuhnya lebih mirip burung. Senjata yang ia miliki mirip dengan senjata yang ada di M61 Vulcan. Kemampuannya di udara merupakan gabungan dari akrobatik dan keahlian terbang pesawat komersil.

Pengisi suara Starscream dalam film adalah Charlie Adler. Sementara di kartun prekuel oleh Patrick Hallahan, dan di versi video game oleh Daniel Ross.

The Movie 2007[sunting | sunting sumber]

Starscream datang ke Bumi setelah Frenzy berhasil menemukan lokasi Allspark dan Megatron, yaitu di Sector 7. Starscream lantas menghancurkan semua pembangkit listrik di Sector 7 dan membuat Megatron hidup kembali. Ketika ia ditanya oleh Megatron tentang Allspark, Starscream mejawab bahwa ia gagal menemukannya. Megatron, dengan kalimat yang sama seperti di serial kartun berkata; "Kamu mengecewakan aku sekali lagi, Starscream!"

Dalam pertarungan antara Decepticons dan Autobots, Starscream merupakan tokoh Decepticons yang berterima kasih kepada mode F-22 Raptor-nya, dan ia sempat “menolong” Autobots dengan teman manusianya untuk menyingkirkan Megatron dengan cara menembakan salah satu peluru kendali jet-nya kepada Megatron. Kemudian setelah itu ia tidak diceritakan lagi kelanjutannya. Ada sumber yang mengatakan bahwa setelah ia menembak Megatron dan menghancurkan tiga F-22 milik AU AS, ia langsung beristirahat di sebuah pembangkit listrik sambil mengisi tenaga dan kemudian langsung pergi.

Starscream jelas sangat senang setelah melihat Megatron tewas, dengan demikian ia bisa mewujudkan impiannya menjadi pemimpin Decepticons. Kemudian dalam ending film Transformers ini, Starscream terlihat meninggalkan Bumi sambil berkata; "I'm running out of time." Dipercayai Starscream akan memanggil rekan-rekan Decepticons-nya untuk melawan Autobots di Bumi, dikarenakan Optimus Prime juga memanggil beberapa Autobots yang lain agar berlabuh di Bumi.

Revenge of the Fallen 2009[sunting | sunting sumber]

Dalam Revenge of the Fallen, Starscream yang sedang mencoa kabur ke luar angkasa terlihat oleh rombongan dalam pesawat The Nemesis, dan kemudian ia dihadapkan kepada Megatron yang saat itu baru saja bangkit kembali dari kematian. Megatron yang marah kemudian bertanya kepada Starscream kenapa ia meninggalkan dirinya di Bumi dalam keadaan mati. Dengan entengnya, Starscream menjelaskan bahwa Cybertron sedang kekurangan tenaga energon, setelah melihat beberapa Decepticons dalam The Nemesis mati mendadak. Ia kemudian menjadi bagian saat bertarung bersama Grindor dan Megatron melawan Optimus Prime. Ia dan Megatron lantas kabur setelah Prime wafat dan tubuhnya dilindungi oleh para anggota Autobots. Starscream lantas ditinju oleh Megatron karena kegagalannya menangkap Sam. Ia kemudian datang ke Mesir, berencana menghadang Sam dan Mikaela. Ketika The Fallen kalah, Starscream mengajak Megatron untuk melarikan diri kembali ke Cybertron agar bisa selamat dari kekuatan super Optimus Prime yang bergabung bersama Jetfire.

Transformers: Animated[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Starscream kembali muncul dalam Transformers: Animated. Kali ini pun, ia tampil sebagai seorang prajurit Decepticons yang memiliki dua sisi. Di satu sisi ia patuh kepada Megatron, namun di sisi lain ia sangat ingin merebut kekuasaan dari tangan Megatron. Ia bisa berubah menjadi pesawat tempur Su-47 Berkut. Pengisi suaranya adalah aktor Tom Kenny.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Pertama kali Starscream muncul adalah saat ia menempelkan sebuah bom waktu pada Megatron, dan ketika Megatron menyerang Autobots, bom tersebut meledak. Starscream kemudian merasa puas bisa membunuh Megatron. Dengan tanpa melihat terlebih dulu kondisi keadaan Megatron sebenarnya, ia langsung menabsihkan diri sebagai pemimpin Decepticons yang baru. Sayangnya ia terlalu gembira sampai lupa bahwa semua anggota Decepticons telah keluar dari pesawat. Ia bahkan sempat diceritakan tewas saat pesawat yang ditumpanginya menabrak Matahari. Namun tiba-tiba ia kembali muncul saat pesta perayaan penghargaan untuk Autobots. Sebelumnya ia sempat meng-scan contoh dari pesawat Sukhoi Su-47 Berkut, dan ia berkata bahwa pesawat itu lebih baik. Kemudian Professor Sumdac sempat melihat kejanggalan saat ia sadar bahwa ia hanya menyewa enam pesawat untuk atraksi udara, dan yang muncul malah tujuh dimana salah satunya adalah Starscream.

Starscream sama sekali tidak menduga bahwa pemimpinnya dulu yang sempat ia jahili bisa bangkit sendiri, akhirnya walaupun dengan trik pura-pura patuh, Starscream kembali loyal kepada Megatron. Bahkan ia berhasil meng-kloning dirinya menjadi beberapa pesawat serupa, yang ia sebut Seekers. Namun sayangnya para kloningan Starscream tidak loyal kepadanya. Mereka malah loyal kepada Megatron, hingga pada suatu pertarungan Starscream kalah oleh Omega Supreme, dan kemudian ia dibunuh oleh Megatron. Selanjutnya, kepala Starscream digunakan oleh Megatron untuk mengaktifkan kembali Jembatan Luar Angkasa.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]