Dirge

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Dirge
Decepticon
Sub-grup Predacon
Seekers
Fungsi Warrior
Peringkat 5
Semboyan "Fear is the element that unites all losers."
"Talk all you want loser! The only sound you make that I'll listen to is a death rattle." (Classics)
Model alternatif Cybertronian jet
Modified F-15
Seri Transformers: Generation 1
Transformers: Timelines
Transformers: Universe

Dirge adalah nama untuk salah satu karakter robot fiksi dari serial Transformers.

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Dirge adalah seorang Decepticons yang juga merupakan anggota Seekers. Bersama Thrust dan Ramjet, ia adalah karakter Transformers yang muncul sejak season kedua dan oleh para fans Transformers dinamakan "The Coneheads". Mereka bertiga mendampingi tiga jet Decepticons yang sudah ada sebelumnya yaitu Starscream, Skywarp, dan Thundercracker.

Dirge digambarkan sebagai seorang ksatria yang tak kenal takut. Ia sangat ditakuti oleh musuhnya jika berada di udara. Emosinya juga mudah meledak, dan ia akan menhancurkan siapapun yang menghalanginya.

Dalam mode jet, Dirge memiliki kemampuan untuk menakuti robot lain dengan suara mesinnya. Ia memboyong dua misil udara, dan dua senapan mesin otomatis yang tersimpan disayapnya.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Dirge pertama muncul dalam episode 35, "Auto Berserk". Cara dan bagaimana Dirge bisa tiba di Bumi tidak diceritakan secara mendetail. Namun ketika Decepticons membangun Jembatan Luar Angkasa, ada asumsi bahwa Dirge tiba di Bumi dengan alat tersebut.

Dalam episode 47 (The Gambler) ia bersama Ramjet dan Astrotrain pergi ke planet Monacus untuk mendiskusikan bisnis bersama penduduk setempat. Dimana pada akhirnya ia dikejar-kejar oleh Autobot Devcon. Dalam episode 54 (The Girl Who Loved Powerglide) ia berperang melawan Powerglide, namun ia tidak pernah menggunakan senjata aslinya. Dalam Megatron’s Master Plan part 2, bersama Ramjet dan Thrust ia menakuti penduduk kota dengan mendemonstrasikan kemampuan udaranya.

Dalam The Transformers: The Movie ia diceritakan hancur lebur setelah sebuah jet berwarna biru hancur dalam sebuah aksi di Unicron. Namun di season ketia Dirge kembali muncul seperti biasa.

Dalam "Ghost in the Machine", Dirge bersama Thrust nyaris saja dibunuh oleh Galvatron setelah mereka berdua gagal menghadang hantu Starscream yang mencuri Trypticon. Namun keduanya menjadi pahlawan saat menghancurkan komputer navigasi Trypticon yang mengakibatkan Starscream tidak bisa mengendalikan lagi Trypticon.

Transformers: The Headmasters[sunting | sunting sumber]

Dalam serial khusus Jepang ini, Dirge tampil di episode 1 dan 15.

Beast Wars II[sunting | sunting sumber]

Dalam versi ini, setelah beraliansi dengan Gigastrom, Dirge dibangun ulang menjadi Dirgegun. Namun ia masih mempunyai sifat humoris. Dirgegun merupakan ksatria yang kuat dan mampu mengalahkan beberapa anggota Maximal. Ia juga mempunyai senjata ampuh bernama gelombang cybernetik.

Transformers: Animated[sunting | sunting sumber]

Dalam Transformers: Animated, Dirge tampil sebagai salah satu kloning dari Starscream.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]