Thrust

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Thrust
Thrust.jpg
The Decepticon Thrust Box Art
Decepticon
Sub-grup Seekers
Fungsi Warrior
Peringkat 5
Semboyan "My engines' roar is my enemies' song of doom!" (Generation 1)
"I'll wash my actuators in your spilled lubricant, weakling." (Classics)
Model alternatif Cybertronian jet
Modified F-15
Seri Seluruh seri Transformers

Thrust adalah nama untuk salah satu karakter robot fiksi dari serial The Transformers.

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Thrust adalah salah satu anggota Decepticons sub-grup Seekers. Dimana ia bias berubah menjadi sebuah pesawat tempur F-15 Eagle VTOL berwarna merah tua.

Bersama Ramjet dan Dirge, Thrust adalah anggota Seekers yang juga sering disebut sebagai Coneheads, dikarenakan bentuk kepalanya yang mirip corong ketimbang tiga anggota sebelumnya yaitu Starscream, Skywarp, dan Thundercraker.

Thrust memiliki sifat yang aneh, dimana kadang-kadang ia sering menyombongkan diri dan juga sering iseng menakut-nakuti orang dengan suara mesin jet. Ia juga sering membanggakan diri sendiri, walaupun dalam pertarungan selalu kalah oleh Autobots.

Pengisi suara Thrust adalah aktor Ed Gilbert.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Season kedua[sunting | sunting sumber]

Thrust pertama tampil dalam episode season kedua berjudul "Dinobot Island".

Dalam "Megatron’s Master Plan", ia ditugaskan Megatron untuk menangkap kembali Chip Chase yang kabur ke markas Autobots. Terima kasih untuk ulahnya yang menghancurkan Teletraan I sehingga Autobots yang nyaris menabrak matahari akhirnya bisa selamat.

Dalam "The God Gambit", Cosmos yang sedang menyelidiki dan mengumpulkan data di luar angkasa secara tiba-tiba diserang oleh Astrotrain, Thrust, dan Starscream. Ia kemudian mendarat di Titan, dimana kemudian ditolong oleh penduduk setempat. Lalu Cosmos meminta bantuan kepada Optimus Prime, dan kemudian datang menyusul Omega Supreme, Perceptor, dan Jazz. Sementara itu, Astrotrain bersama Thrust dan Starscream menabsihkan diri sebagai Tuhan. Mereka melihat penduduk yang mudah dibodohi dan kekayaan daerah itu. Sampai suatu ketika tiba saatnya pertarungan antara Decepticons dan Autobots di Titan, dan kemudian Astrotrain bersama Thrust sepakat untuk menghancurkan sumber energi tersebut. Sebelum semuanya hancur, Autobots sempat menyelamatkan penduduk setempat ke daerah seberang.

Dalam "The Golden Lagoon", Thrust adalah Decepticons yang membuntuti Beachcomber, dan kemudian melaporkan penemuannya kepada Megatron. Namun saat Autobots tahu kelicikan Decepticons, Thrust akhirnya dipukul oleh Omega Supreme.

Dalam "Child’s Play", Thrust menjadi salah satu Decepticons yang terbawa ke dimensi raksasa. Ia bahkan sempat terikat oleh alien di planet raksasa tersebut. Ketika ia bersama Starscream kembali ke Bumi, Thrust lagi-lagi ketiban sial saat mendarat di sebuah sungai dan beberapa buaya kemudian menyerang tim Decepticons.

Di episode "Quest for Survival", Thrust menjadi pemberi peringatan bagi Insecticons soal Morphabots. Namun Insecticons balik menuduh bahwa itu cuma karangan Megatron saja. Akhirnya Thrust yang marah menembaki Insecticons dengan peluru yang ada di pesawatnya.

Dalam "Kremzeek!", Thrust adalah loper yang mengantarkan Kremzeek ke markas Autobots.

The Transformers: The Movie[sunting | sunting sumber]

Thrust menjadi Decepticons pertama yang dipukul oleh Optimus Prime. Kemudian sebuah jet merah sempat ditampilkan hancur dalam film ini, diyakini jet tersebut adalah Thrust, namun dalam season ketiga, Thrust tetap tampil seperti biasa.

Season ketiga[sunting | sunting sumber]

Dalam penampilan terakhir di serial versi AS, tepatnya dalam episode "Ghost in the Machine", Thrust bersama Dirge sempat akan dihancurkan oleh Galvatron karena tidak becus menjaga Trypticon yang dicuri oleh hantu Starscream. Namun mereka berdua akhirnya menjadi pahlawan saat berhasil mengalahkan hantu Starscream yang mengendalikan Trypticon dengan cara menghancurkan sistem komputer Trypticon.

Transformers: The Headmasters[sunting | sunting sumber]

Thrust tampil dalam episode 1 dan 15 serial TV khusus Jepang ini.

Beast Wars II[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Thrust juga tampil dalam Beast Wars II. Kali ini ia bergabung dalam Predacon. Ia bisa berubah menjadi sebuah pesawat jet warna kuning (mirip F-22 Raptor).

Seperti Dirge, Thrust memiliki kepribadian aneh. Ia tidak pernah bisa kalem, dan tidak suka dengan keseriusan. Bahkan ia lebih suka kesenangan dan sering menjadi pelawak di tim Predacon. Thrust juga tidak suka dengan laut, karena ia pernah tercebur dalam laut ketika bertarung dengan Maximal.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Thrust bersama Dirge merupakan dua Predacons yang sering tampil secara regular dalam serial ini. Lalu ia di upgrade oleh Gigastrom menjadi Thrustor, dan wujudnya pun berubah drastic menjadi sebuah velociraptor.

Transformers: Armada[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Dalam Transformers: Armada, Thrust merupakan ahli strategi pertarungan Bumi kepercayaan Megatron. Bahkan ia merupakan anak kesayangan Megatron yang kemudian menjadi komandan kedua bila Megatron mengalami masalah.

Thrust memiliki kemampuan menghilang. Bahkan ia bisa menggabungkan kekuatan menghilangnya tersebut dengan partner Mini-Con-nya yaitu Inferno.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Ketika ia pertama tiba di Bumi, ia dipilih oleh Inferno untuk menjadi rekannya. Musuh utamanya adalah Jetfire dan kemudian Optimus Prime. Thrust juga berhasil mengelabui Starscream untuk menggabungkan kekuatan tiga Mini-Cons yang bisa berubah menjadi senjata super.

Di sisi lain ia juga dikagumi oleh Sideways yang kagum akan kekuatannya. Bersama Sideways, Thrust mengantarkan Star Saber ke Unicron yang kemudian membuat Unicron aktif kembali. Ia juga bermasalah dengan Galvatron yang menganggapnya sebagai pengkhianat. Akhirnya Thrust tewas akibat ulahnya sendiri yang bermuka dua.

Transformers: Cybertron[sunting | sunting sumber]

Thrust kembali tampil dalam Transformers: Cybertron, kali ini ia tampil sebagai anggota Mini-Cons. Ia kemudian menjadi pemimpin revolusi saat membawa Mini-Cons keluar dari Cybertron setelah melihat Black Hole yang dibuat oleh Unicron.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]