Quintessons

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Quintessons
N/A
Rekan Sharkticons
Seri Transformers: Generation 1
Transformers: Energon

Quintessons adalah karakter alien fiksi dari franchise laris dunia, The Transformers. Berdasar dari serial TV Transformers, Quintessons adalah pembuat semua robot Transformers, baik Autobots maupun Decepticons.

Nama Quintessons berarti lima wajah, dengan lima sifat dan karakter yang berbeda satu sama lain. Quintessons digambarkan sebagai sosok yang mempunyai lima wajah dan memiliki tentakel layaknya cumi-cumi. Namun beberapa orang lebih menganggap Quintessons sebagai mahkluk yang mirip dengan ubur-ubur.

Profil[sunting | sunting sumber]

12 juta tahun yang lalu, sebuah ras alien yang kini dikenal dengan nama Quintessons, menggunakan planet Cybertron sebagai pabrik pembuatan robot-robot pekerja organik. Mereka lalu membuat dua jenis robot, satu untuk komersial, satunya lagi untuk militer. Robot-robot tersebut diberi roh kehidupan melalui Vector Sigma, selain itu robot-robot tersebut juga diberi kecerdasan dan intelegensi buatan.

Karena satu dan lain hal, robot-robot militer yang merasa lebih pandai ketimbang robot komersial, mulai melawan pihak Quintessons. Robot itulah yang sekarang kita kenal dengan nama Decepticons.

Sementara itu, robot komersial yang sering diperlakukan sewenang-wenang oleh Quintessons dan juga robot militer juga berjuang untuk mendapatkan keadilan. Mereka kini kita kenal dengan nama Autobots.

Baik pihak Autobots dan Decepticons berusaha untuk mengusir penciptanya dari Cybertron. Akhirnya pihak Quintessons berhasil dihalau ke sebuah planet bernama Quintessa, di ujung galaksi nun jauh disana.

Tahun 2005, inilah perang besar ketiga antara Autobots vs. Decepticons (berdasar film The Transformers: The Movie). Tanpa diduga, Quintessons datang lagi. Kali ini mereka datang ke Bumi dan membantu Decepticons. Namun ternyata bantuan untuk Decepticons dalam mengalahkan Autobots itu hanya pura-pura, sebab mereka juga berniat untuk menghancurkan Decepticons setelah Autobots kalah.

Namun tak selamanya Quintessons bermusuhan dengan Autobots. Di kala seluruh robot Transformers dan manusia bumi terkena wabah spora matahari, pihak Quintessons yang juga sempat dikejar-kejar tentaranya sendiri di planet Junkion ditolong oleh Sky Lynx. Maksud Sky Lynx menolong Quintessons adalah untuk membangkitkan kembali Optimus Prime.

Tugas ini berhasil dilakukan. Bahkan Optimus "baru" ini lebih kuat dari Optimus sebelumnya. Quintessons pun akhirnya berdamai dengan Autobots dan Decepticons. Namun disatu sisi, mereka masih ingin untuk menghancurkan kedua belah pihak tersebut.

Tipe Quintessons[sunting | sunting sumber]

Quintessons yang berarti lima, memang mempunyai lima wajah dengan lima karakter dan sifat yang berbeda. Menurut skrip film original 1985, kelima wajah tersebut di identifikasi sebagai "smiling," "angry," "grimacing," "suspicious", dan "death's head."

Walaupun terdapat lima sifat yang berbeda, nyaris tidak ada perbedaan antara wajah satu dengan wajah yang lainnya, yaitu sama-sama mengerikan.