Mini-Con

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Mini-Cons adalah sebuah ras robot ukuran manusia dari serial Transformers: Unicron Trilogy. Mereka muncul dalam Transformers: Armada, Transformers: Energon, dan Transformers: Cybertron.

Profil[sunting | sunting sumber]

Transformers: Armada dan Energon[sunting | sunting sumber]

Setelah dikalahkan oleh Omega Supreme dalam sebuah pertarungan, Unicron kembali bangkit dan menyamar sebagai satelit Cybertron untuk merencanakan kejahatan barunya. Dan satelit samaran tersebut dipakai oleh ras Mini-Con untuk tinggal, berada tepat di antara dua penguasa Cybertron, Autobots dan Decepticons. Dikarenakan mereka selalu menjadi korban dari peperangan Autobots dan Decepticons, maka Mini-Cons memutuskan untuk pindah dari satelit tersebut, dan pergi menuju Bumi, tempat dimana mereka mengenal Rad, Carlos, dan Alexis beberapa juta tahun yang lalu.

Kemudian pada 2010, pesawat Mini-Cons yang mendarat di Bumi ditemukan oleh Rad, dan Carlos Lopez. Mereka lantas mengaktifkan kembali sistem navigasinya, dan gelombang dari hasil itu mencapai Cybertron, sekaligus pula mengundang Autobots dan Decepticons untuk datang ke Bumi. Baik Megatron (Decepticons) dan Optimus Prime (Autobots) kemudian memutuskan untuk datang ke Bumi. Mereka lantas memilih untuk menyamar di Bumi dan menjadikan Bumi dan Bulan sebagai markas mereka.

Perburuan dimulai, target pertama Autobots dan Decepticons adalah Mini-Cons, Autobots dan Decepticons berlomba untuk mendapatkan aliansi dari Mini-Cons sebanyak-banyaknya. Bahkan setelah berhasil mendapatkan aliansi, beberapa di antara mereka bisa berubah dan bergabung menjadi satu. Selain itu, mereka juga bisa bertelepati, dan belajar berbicara manusia Bumi. Target pertama selesai.

Selanjutnya adalah mencari pedang Star Saber, pedang ini merupakan satu di antara tiga senjata Mini-Cons yang dibuatkan oleh Unicron sebagai kunci untuk kebangkitannya suatu saat nanti. Dari Unicron kemudian dibuatkan juga seorang agent bernama Sideways, yang kemudian datang ke Bumi dan berperang melawan Mini-Cons, selanjutnya ia berhasil menggabungkan senjata-senjata Mini-Cons yang akhirnya berhasil membangkitkan kembali Star Saber.

Ketiga adalah Skyboom Shield, yang berhasil dimiliki oleh Decepticons. Namun dalam sebuah perang, benda tersebut jatuh ke tangan Autobots, dan ketika bertemu Star Saber, benda tersebut menghasilkan tenaga energi super hebat.

Selanjutnya peperangan terjadi antara aliansi Autobots Mini-Cons dengan Decepticons Mini-Cons. Sampai tiba saatnya ketiga benda tadi dibawa oleh Sideways ke Unicron untuk membuat Unicron menjadi aktif kembali. Baik Decepticons maupun Autobots saling bahu membahu melawan Unicron. Sebelumnya Optimus Prime bertarung melawan Galvatron, dan akhirnya Galvatron memutuskan untuk mengorbankan dirinya demi menghancurkan Unicron. Anehnya, setelah Galvatron mengorbankan dirinya, Unicron menghilang dengan sendirinya.

Cybertron[sunting | sunting sumber]

Sebuah kuarter Mini-Cons dibawa oleh Vector Prime ketika ia mengunjugi Cybertron untuk mengingatkan Autobot tentang Grand Black Hole, dan membutuhkan Cyber Planet Keys yang dihubungkan dengan Omega Lock untuk menutupnya.

Atas berita tersebut, Autobots kemudian pergi ke planet raksasa Gigantion, namun mereka malah bertemu beberapa raksasa seperti Suprion Maximus, Bruticus Maximus, dan lain-lain. Beberapa di antara mereka bergabung dengan Autobots, sebagian lagi dengan Decepticons.

Akhirnya, kekuatan gabungan Autobots, Decepticons (kecuali Megatron yang berniat akan menghancurkan semua Transformers dengan Black Hole), dan Mini-Cons kembali beraliansi untuk menghentikan Grand Black Hole.

Mainan[sunting | sunting sumber]

Armada toyline mempunyai konsep yang unik tentang Mini-Cons, dimana satu bagian merupakan bagian dari yang lain. Misalnya ketika Anda membuka Mini-Con ke Starscream maka akan terbuka Null Laser Cannons, dan jika Anda membuka salah satu bagian Red Alert, maka akan terbuka sebuah pistol dan terdengar sebuah suara.

Berikut adalah tim yang terdapat dalam paket mainan Mini-Cons:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]