Megatron

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Megatron
Megatron.jpg
Megatron versi animasi 1980-an
Decepticon
Nama Jepang Megatron
Sub-grup Action Masters
Go-Bots
Combat Heroes
Voyagers
Leaders
Fungsi Decepticon Leader
Supreme Commander (Classics)
Peringkat 10
Rekan Starscream (Unreleased ATB Megatron)
Semboyan "Peace through tyranny!"
"Lesser creatures are the playthings of my will." (Classics)
Model alternatif Walther P38 U.N.C.L.E. Special, various tanks (including M1A1 Abrams and F-22 Raptor), various jets, blaster, Porsche, Cybertronnian mobile weapon platform, Mack Tanker Truck
Seri Seluruh seri Transformers (Jepang dan Amerika Serikat)

Megatron merupakan salah satu nama untuk karakter robot fiksi dari serial Transformers. Ia adalah pemimpin Decepticons, sebuah grup antagonis dari serial tersebut. Majalah Wizard menempatkan Megatron pada urutan 68 daftar penjahat dan diktator paling legendaris di dunia.[1] Musuh bebuyutan Megatron adalah Optimus Prime dari Autobots.

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Megatron dalam serial kartun Transformers digambarkan bisa berubah menjadi sebuah pistol Walther P38. Ia adalah salah satu tokoh utama dalam serial ini selain musuh bebuyutannya, Optimus Prime. Menurut Bob Budiansky, penulis komik Transformers, Megatron berasal dari dua kata, yaitu "Megaton" dan "Elektronik", tetapi Hasbro menolak pernyataan Budiansky ini. Lantas Budiansky membalas, "hal itu saya katakan karena Megatron merupakan karakter antagonis terbesar dalam serial ini". Hasbro kemudian menyetujui pernyataan terakhir Budiansky ini.[2]

Megatron mempunyai senjata kanon di tangannya (disebut juga meriam besi oleh Chip Chase dan Spike Witwicky), yang mana bila ia berubah menjadi pistol, kanon itu adalah laras dari pistol Walther P38. Untuk pengisi suara, Frank Welker, aktor asal Coloardo, AS, dipercaya sebagai pengisi suara Megatron dalam versi bahasa Inggris, dan sempat digantikan oleh Gary Chalk (yang juga menjadi pengisi suara utama Megatron dalam Beast Wars) dalam satu episode ketika Welker sempat mengalami masalah dengan suaranya. Sementara dalam versi bahasa Jepang, suaranya diisi oleh Seizo Kato.

Satu hal yang unik, Megatron mampu membuat ukuran tubuhnya menjadi lebih kecil ketika ia berubah menjadi pistol. Sehingga pistol tersebut bisa dipegang oleh anggota Decepticons yang lain atau bahkan oleh manusia. Tinggi badan Megatron yang sesungguhnya adalah sekitar 10 meter. Namun ia bisa berubah menjadi sebuah pistol yang dapat dipegang dan digenggam oleh manusia. Ia juga bisa mempertahankan bentuk tubuhnya dalam ukuran asli (dalam episode Dinobot S.O.S), dan menempelkannya pada bagian bawah mode jet Starscream.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Dalam serial Transformers G1, Megatron digambarkan sangat kuat. Ia mampu menghancurkan sebuah kota cukup dengan menembakkan kanonnya pada sebuah bangunan. Ia juga terkenal sebagai seseorang yang gila akan energi. Target ia selama berada di Bumi (bersama Decepticons lainnya) adalah menguras habis energi Bumi dan menciptakan planet Cybertron baru.

Grup Stunticons adalah salah satu ciptaan Megatron. Ia membuat grup ini sebagai tandingan atas Autobots yang ahli di jalan raya, dimana Autobots juga kemudian menciptakan grup Aerialbots, sebagai penanding kekuatan tim Seekers pimpinan Starscream. Megatron juga terkenal sebagai salah satu ahli ekperimen, walaupun kebanyakan eksperimen karya Megatron yang diniatkan untuk kejahatan selalu gagal dan dapat dihancurkan oleh Autobots. Eksperimen-eksperimen yang Megatron ciptakan antara lain makhluk perusak energi listrik bernama Kreemzek, dan robot-robot android yang ia ciptakan dari hasil pencurian mobil milik manusia (bekerja sama dengan penjahat pencuri mobil).

Rekan dan ajudan terdekat Megatron adalah Starscream. Walaupun dianggap sebagai orang kepercayaan Megatron, Starscream sebenarnya sangat ingin mengkudeta Megatron dan merebut posisi Megatron sebagai pemimpin Decepticons. Salah satu bentuk wujud kudeta Starscream kepada Megatron adalah saat ia mengunci Megatron di sebuah lorong AC di tengah kota (dimana Starscream juga ikut-ikutan terkurung didalamnya), dan grup Combaticons yang ia buat untuk menandingi pasukan Decepticons yang dipimpin Megatron.

Musuh utama Megatron adalah Optimus Prime, dimana pada zaman dulu, ia sempat membunuh Orion Pax, yang kemudian oleh Alpha Trion dibangkitkan kembali menjadi Optimus Prime. Tak selamanya Megatron dan Optimus Prime bermusuhan. Mereka berdua pernah bekerjasama dalam menyelamatkan bumi dari kehancuran akibat ulah Starscream dan prajuritnya bernama Combaticons, selain itu ia juga (bersama Prime) pernah mengagalkan usaha Insecticons yang mencoba untuk menguasai energi bumi tanpa komando Megatron sendiri sebagai pimpinan tertinggi Decepticons. Akhir penampilan Megatron di serial versi AS adalah pada saat ia bertarung melawan Optimus Prime, dimana ketika Optimus tewas, dan Megatron sekarat. Secara mengejutkan ia dibantu oleh Unicron untuk melarikan diri. Dan tak lama setelah itu, Unicron membangun ulang Megatron menjadi robot baru bernama Galvatron. Megatron kemudian tampil sebagai flash back pada beberapa episode serial season ketiga dan keempat. Ia juga tampil sebagai flash back dalam episode perdana Transformers: Animated, dimana skema Megatron G1 yang muncul dalam serial The Animated merupakan versi pembatalan yang tidak pernah dimasukan dalam skema episode Transformers G1.

Manga Jepang[sunting | sunting sumber]

Megatron memang tidak tampil dalam serial Transformers: The Headmasters. Namun ia sempat muncul sebagai cameo dalam beberapa episode. Diluar itu, Megatron tampil dalam beberapa cerita komik.

Bersumber dari cerita film yang mengisahkan bahwa Galvatron tewas terkubur dalam gumpalan es, seorang penjahat bernama Dark Nova berhasil menyelamatkan tubuh Galvatron. Selanjutnya tubuh tersebut ia bangkitkan kembali menjadi Super Megatron, untuk melawan rival abadinya Star Convoy (alias Optimus Prime) dan Rodimus Prime. Kemudian Super Megatron ini kembali diupgrade menjadi Ultra Megatron, dan setelah Dark Nova menggabungkan tubuhnya dengan Ultra Megatron maka mereka berdua berubah menjadi Star Giant.

Unicron Trilogy[sunting | sunting sumber]

Megatron tampil sebagai pemimpin Decepticons dalam serial Transformers: Armada, Transformers: Energon, dan Transformers: Cybertron. Dalam ketiga serial tersebut, Megatron selalu tampil berbeda baik rupa dan warnanya. Dalam Armada dan Energon, Megatron tampil dengan model alternatif sebuah tank dan jet Cybertronian, yang kemudian sempat membuatnya menjadi sebuah Triple Changers. Dalam Cybertron, Megatron tampil dengan model alternatif sebuah mobil jet yang juga bisa terbang.

Satu persamaan antara Megatron yang tampil dalam ketiga serial tadi adalah: dirinya selalu mengembangkan kekuatannya menjadi lebih besar dengan memakai nama Galvatron, dan di bagian akhir cerita, Megatron/Galvatron selalu tewas oleh musuhnya, yaitu Optimus Prime.

Transformers film[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Dalam film ini Megatron tampil dengan mode aslinya yaitu jet Cybertron. Michael Bay, sang sutradara film mengatakan:

Tadinya kami sempat berdiskusi dengan para pegawai film untuk membuat Megatron tampil dalam mode aslinya, yaitu pistol, namun kami juga melihat bahwa jika ia bisa berubah dari kecil menjadi besar dalam waktu sekejap, itu mungkin akan sulit diterima oleh akal, sebab film ini adalah film nyata dan bukan kartun.[3]

Bay lantas menambahkan bahwa tokoh Megatron dalam film Transformers karyanya memiliki sifat arogan, karena disaat semua Autobots dan Decepticons lain tampil dalam mode Bumi, Megatron tetap memaksakan mode Cybertron-nya. Sampai suatu ketika saat ia dibangkitkan kembali oleh Scalpel, dan sebagian rangka tubuhnya kurang, maka akhirnya diputuskanlah oleh beberapa Decepticons bahwa Megatron akan dihidupkan dalam mode tank. Model kepala Megatron yang memakai helm merupakan perpaduan dari Darth Vader di franchise Star Wars dengan Megatron di G1.

Dalam pekuel sebelum dirilisnya film ini, aktor pengisi suara original Megatron, yaitu Frank Welker dipercaya sebagai pengisi suara. Hal ini sempat memunculkan gossip bahwa ia akan mengisi suara dalam film ini. Namun akhirnya gosip itu pupus setelah actor Hugo Weaving dipercaya sebagai pengisi suara Megatron. Frank Welker sendiri akhirnya dipercaya sebagai pengisi suara Megatron untuk versi video game dan The Movie 2007 Prequel.[4] Sementara untuk versi film bahasa Jepang, pengisi suaranya adalah Nakamura Kotaro.

The Movie 2007[sunting | sunting sumber]

Dalam film Transformers karya sutradara Michael Bay. Megatron digambarkan sebagai pesawat jet dari Cybertron. Ia datang ke bumi untuk mencari Allspark. Megatron sempat terkurung di daratan Artik selama ratusan tahun hingga akhirnya ia ditemukan oleh Archibald Witwicky.

Archibald, yang merupakan kakek dari Sam, secara tidak sengaja menyalakan kembali system navigasi Megatron. Ia tewas setelah mengaktifkan Megatron. Dan koordinat tempat Allspark berada kemudian tercantum dalam kacamata Archibald. Lalu pada 1930, pihak militer AS menemukan Megatron dan kemudian tetap membuatnya beku dalam sebuah projek rahasia bernama Sector 7. Namun Frenzy, yang berhasil menyadap pembicaraan manusia, dan akhirnya beberapa anggota Decepticons yang lain dating ke Bumi, salah satunya adalah Scorponok yang berhasil mengobrak-abrik pangkalan militer AS di Qatar.

Tak lama berselang, setelah Frenzy berhasil menyabotase Sector 7, lewat cara penyamaran menjadi sebuah telepon seluler milik Mikaela (pacar Sam), Starscream datang ke Bumi. Ia lantas memberitahu Megatron. Megatron kemudian berhasil bebas, dan ketika ia bertemu Starscream, Megatron menanyakan; "Dimana Allspark tersebut? " Starscream lantas menjawab; "Saya siap melayanimu kembali Tuan Megatron, namun maaf saya gagal, Allspark tersebut sekarang sudah berada di tangan manusia" Megatron membalas; "Kamu mengecewakan aku lagi Starscream!"

Segera setelah itu, Megatron kemudian terbang ke kota bersama Starscream untuk mencari Sam. Hingga akhirnya mereka bertemu Autobots dan kemudian terlibat pertarungan hebat. Bahkan Megatron berhasil membunuh Jazz dengan membelah tubuhnya menjadi dua bagian. Kemudian Megatron berhasil menekan Sam, dan membujuknya untuk menyerahkan Allspark, namun Sam tidak bersedia hingga akhirnya ia dijatuhkan oleh Megatron. Beruntung Sam selamat setelah di tangkap oleh Optimus Prime.

Kemudian Megatron bertarung sengit dengan Optimus Prime, dengan dibantu oleh pasukan militer AU Amerika Serikat yang memakai pesawat tempur F-22 Raptor (dimana satu di antara mereka merupakan Starscream) Megatron berhasil terjungkal. Satu-satunya cara untuk mengalahkan Megatron menurut Optimus adalah dengan menggunakan Allspark yang ditempelkan ke dada Optimus, kemudian Optimus meledakan diri bersama Megatron. Namun Sam malah menempelkan Allspark tersebut ke dada Megatron, hingga akhirnya Megatron tewas. Sementara itu, Starscream kabur dan kembali ke Cybertron. Ia puas karena ada orang yang berhasil membunuh Megatron. Sebab dengan terbunuhnya Megatron, Starscream akan bisa menjadi pemimpin Decepticons yang baru.

Revenge of the Fallen 2009[sunting | sunting sumber]

Dalam film ini, jasad Megatron yang terkubur di dalam lautan ditemukan oleh Scalpel dan grup Constructicons. Dengan sedikit tenaga Allspark, Megatron berhasil dihidupkan kembali, dan kini bentuk alternatifnya adalah sebuah tank Cybertronian, yang juga bisa terbang karena dilengkapi dengan sayap. Megatron kemudian terbang ke The Nemesis, yang merupakan pesawat dari The Fallen, dimana di sana ia menemukan Starscream, yang sempat membuatnya tertembak jatuh, dan ia juga sempat memarahinya akibat insiden tersebut.

Kepada The Fallen, Megatron menjelaskan bahwa Allspark yang diketahui oleh Sam Witwicky merupakan jalan untuk mendapatkan energon. Sam, Mikaela, dan leo sempat kabur ke sebuah pabrik dimana di sana ia dipergoki oleh Megatron. Megatron lantas mengintrogasi Sam dan memarahinya kenapa ia membunuhnya dulu. Megatron lantas meminta Scalpel menghapus ingatan Sam tentang energon, tetapi usaha ini gagal karena dihalangi oleh Optimus Prime. Megatron (dengan dibantu Starscream dan Grindor) dan Optimus kemudian bertarung, dimana Megatron kemudian berhasil membunuh Optimus, namun usahanya untuk menghancurkan tubuh Optimus gagal karena pasukan Auobots cepat-cepat datang. Megatron lantas menyuruh Starscream mencari Sam, dan membunuhnya, tetapi usaha itu gagal. Megatron lantas terbang ke Mesir mencari energon, tetapi ia tidak menyangka bahwa Optimus Prime telah berhasil dibangkitkan oleh tim Autobots, dan ditambahi tenaga dari Jetfire. Setelah Optimus berhasil mengalahkan The Fallen, Optimus lantas menghajar Megatron dan menyebabkan ia kehilangan lengan dan wajahnya. Megatron kemudian melarikan diri bersama Starscream dan berkata bahwa pertempuran ini belum berakhir.

Dark of the Moon 2011[sunting | sunting sumber]

Dalam film ini, Megatron pertama kali muncul di Afrika. Di situ, ia mengobati luka-lukanya setelah kalah di film sebelumnya.Kemudian, datanglah Starscream, Soundwave, dan anak buahnya, Laserbeak. Soundwave dan Laserbeak melapor bahwa Autobots telah menemukan the Ark dan pulang dengan Sentinel Prime. Megatron mengatakan bahwa mereka telah bekerja dengan baik, kemudian Megatron lantas menyuruh Laserbeak mencuri rahasia mengaktifkan Ark, dan membunuh sekutu manusia mereka.

Kemudian Megatron pergi ke Washington D.C. untuk bertemu Sentinel, yang telah memutuskan memihak Decepticons. Setelah meledakkan patung Abraham Lincoln dan menggunakannya sebagai tahta, ia menyaksikan Sentinel mengaktifkan Ruang Bridge dari pilar teleportasinya untuk membawa dirinya dan pasukan Decepticon ke bumi. Selama invasi Chicago, Sentinel meyakinkan Megatron setelah Megatron membuat saran tentang bagaimana mereka akan memerintah bersama-sama Cybertron setelah tiba melalui Jembatan Angkasa. Ketika Cybertron muncul di atmosfer bumi, Megatron menunjukkan contoh yang jarang dari kesedihan dan penyesalan. Menjelang akhir pertempuran, Megatron diyakinkan oleh Carly (pacar baru Sam Witwicky) bahwa Sentinel-lah yang akan menguasai pasukan Decepticon dan Bumi secara keseluruhan dan memberi kredit atas revitalisasi Cybertron untuk dirinya sendiri, bukan Megatron. Marah, Megatron menyerang Sentinel, menyatakan bahwa ialah yang berhak memerintah atas Bumi, dan melumpuhkannya, memungkinkan Optimus untuk menghabisi Sentinel. Setelah perjalanan Cybertron melalui Ruang Jembatan gagal akibat Pilar telah dihancurkan, Megatron mengusulkan gencatan senjata untuk Optimus, selama ia tetap bertanggung jawab atas pasukan Decepticon. Namun Optimus tahu apa dalam pikiran Megatron, menolak tawaran itu dan menyerang dia. Ia menembak Megatron dengan meriamnya kemudian menanamkan Energon Swords di wajahnya. Optimus memenggal kepala Megatron, dan menjatuhkannya ke tanah, menewaskannya. Tak lama setelah itu, Optimus memakai senapan Megatron untuk menembak mati Sentinel.

Transformers: Animated[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Pada serial versi 2008 ini, Megatron tidak tampil sebagai pemimpin utama Decepticons sampai akhir season satu. Selanjutnya di season dua, Megatron baru tampil penuh sebagai pemimpin Decepticons, dann karakter antagonis utama dalam serial ini. Masih tetap mempertahankan warna aslinya yaitu abu-abu, Megatron dalam versi The Animated merupakan penggabungan ide dari serial G1 (untuk laras meriam besinya, walaupun lebih besar ketimbang di versi G1) dan film tahun 2007 (untuk helm wajahnya). Model alternatif aslinya adalah sebuah pesawat alien Cybertronian, yang berubah menjadi pesawat tiltotor saat ia dibangun ulang di Bumi. Perbedaannya dengan di versi G1 dan film 2007 adalah, dalam The Animated, Megatron digambarkan memiliki tubuh yang kekar dan sangat tinggi, juga memiliki tenaga yang lebih besar dibandingkan Transformers lainnya.

Pengisi suara Megatron dalam serial The Animated adalah aktor Corey Burton. Perkataan khas Megatron dalam serial ini adalah "Decepticons, transform and rise up!", yang merupakan kebalikan dari perkataan klasik Optimus Prime: "Autobots, transform and roll out!"

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Dalam serial ini Megatron tetap menjadi pemimpin Decepticons, kali ini ia mencoba untuk mencari Allspark. Namun ketika ia siap untuk menyerang pesawat Autobot, tanpa diduga Starscream menyelipkan bom ke punggungnya. Akibatnya ketika ia menyerang Autobots, bom tersebut meledak, walaupun Megatron masih hidup, Optimus kemudian menembaknya sekali lagi dan berakibat kepala Megatron hancur sampai akhirnya ia ditemukan oleh Isaac Sumdac.

Beberapa puluh tahun kemudian, setelah lama dicari oleh Blitzwing, Megatron kembali aktif melalui kunci yang dipegang oleh Sari Sumdac. Bahkan setelah ia bangkit, ia bisa mengendalikan beberapa robot non-Transformers yang ada di kota Detroit. Starscream bahkan tidak menduga sama sekali bahwa pemimpinnya yang sempat ia hancurkan bisa hidup kembali.

Selain berhasil mengendalikan robot-robot non-Transformers, Megatron juga berhasil membuat Dinobots, yang lucunya malah berpindah afiliasi ke Autobots. Professor Sumdac yang berhasil dikelabui oleh Megatron yang mengaku sebagai salah satu anggota Autobots kemudian berjanji akan membuatkan tubuh baru untuk Megatron.

Dalam episode "Megatron Rising", tubuh Megatron yang hancur lebur akhirnya bisa bangkit sendiri setelah Lugnut dan Blitzwing mampu mencuri kunci kecil milik Sari Sumdac. Sebelumnya, Starscream yang berhasil menemukan kepala Megatron di kantor Isaac Sumdac, sempat akan menghancurkannya sebelum Lugnut dan Blitzwing datang. Megatron lantas menghajar semua Autobots dan Decepticons yang ada disana, kemudian ia membunuh Starscream, dan membawa Lugnut dan Blitzwing pergi ke Pulau Dinobot untuk mengambil Allspark. Sayangnya di sana ia dihadang si raksasa Omega Supreme. Tak lama berselang tim Autobots juga tiba disana, dan menyerang Megatron, mengakibatkan Megatron terluka parah.

Setelah berhasil memulihkan dirinya, Megatron lantas menggunakan kepala Starscream, bersama dengan bagian-bagian dari tubuh Omega Supreme yang meledakan dirinya untuk membangun Jembatan Luar Angkasa dengan bantuan Isaac Sumdac yang ia culik. Ia juga sempat merekrut Mixmaster dan Scrapper untuk membantunya memasok minyak bumi curian, dimana Megatron sendiri kemudian dibohongi oleh dua Constructicons tersebut dan berujung dengan pemecatan Mixmaster dan Scrapper.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Gambar tokoh[sunting | sunting sumber]

Dalam serial Transformers G1 versi Jepang, ada sedikit perbedaan mencolok untuk gambar tokoh karakter Megatron, dikarenakan pihak Hasbro AS belum memberikan lisensi resmi kepada Takara Jepang. Megatron digambarkan mempunyai kepala berhelm hitam dan bermata kuning, berbeda dengan di versi AS yang memiliki helm putih dan mata merah.

Desain Megatron versi Jepang dirancang oleh Shohei Kohara. Dan setelah lisensi dari pihak Hasbro AS sah, Hasbro juga kemudian memakai gambar rancangan Kohara tersebut sebagai gambar karakter Megatron dalam buku komik dan beberapa promosi.

Bentuk mainan[sunting | sunting sumber]

Di Sydney, Australia, mainan Megatron sempat disweeping oleh pihak berwenang karena bentuk Megatron sebagai replika pistol Walther P38 bisa diubah oleh pemiliknya menjadi pistol sungguhan yang berbahaya. Alhasil semua mainan miniatur Megatron di Australia harus mempunyai izin kepolisian jika Anda membeli mainan tersebut ditoko mainan.

Kemudian di beberapa bandara di Amerika Serikat, para turis yang membeli mainan Megatron dalam bentuk pistol harus kecewa setelah oleh-oleh mereka tersebut disita oleh pihak kepolisian bandara, lagi-lagi karena bentuk Megatron sebagai pistol yang diyakini bisa dipakai untuk senjata api sungguhan.[5]

Setelah melihat hal tersebut, pihak Hasbro kemudian membuat model lain dari mainan Transformers. Megatron kemudian tampil dalam bentuk mainan tank M1A1 Abrams. Selain tentunya bentuk jet Cybetronian dalam film Transformers 2007 dan tank Cybertronian dalam film Revenge of the Fallen.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]