Prowl

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Prowl
Autobot, nantinya Maximal
Sub-grup Autobot Cars
Action Masters
Basic Vehicles
Spy Changers
Basic Beasts
Fungsi Military Strategist and Analyst
Security (Machine Wars)
Peringkat 9
Rekan Ironhide & Silverbolt
Semboyan "Logic is the ultimate weapon."
Model alternatif Cybertronian Car
Nissan Fairlady Z (Datsun 280ZX) Police Car
Formula 1 racer
Acura RSX
Cobra Firebat
Lion
Nissan 350Z Police Car
Cybertronian Motorcycle
Seri Transformers: G1
Machine Wars
Beast Wars
Transformers: Alternators
Transformers: Universe
Transformers: Animated

Prowl (Cervo di Kanada, Pantera di Italia) adalah nama untuk salah satu karakter robot fiksi dari serial Transformers.

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Prowl merupakan Autobots yang pendiam tetapi sangat pintar dan loyal kepada Optimus Prime. Ketika Optimus menyuruhnya bertugas, Prowl pasti akan memberikan hasil yang memuaskan kepada Optimus.

Kemampuannya adalah, ia dapat menganalisa situasi ketika bertarung dengan Decepticons, dan mengoptimalkan setiap senjata yang ia gunakan. Dalam mode robot ia memiliki sepasang kanon dan senjata pistol semi-otomatis. Ia dapat berubah menjadi sebuah mobil polisi Datsun Fairlady 280ZX.

Namun ia pun memiliki kelemahan. Jika ia terlalu banyak berpikir, maka tenaganya akan cepat habis, dan sudah barang tentu hal itu akan dimanfaatkan oleh Decepticons untuk menyerangnya.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Dalam serial Transformers 1980-an, Prowl bersama Jazz dan Ironhide merupakan sebuah tim yang tangguh, dimana Jazz berperan sebagai spesialis operasi, Ironhide di bidang keamanan, dan Prowl bidang taktik.

Prowl memiliki tiga rival utama, yaitu Starscream, Thundercracker, dan Soundwave. Bersama Bluestreak ia dengan gigih melawan tiga Decepticons tersebut. Prowl juga menjadi salah satu pelindung Autobots ketika Megatron berniat mencuri bahan bakar super dan memimpin serangan melawan Triple Changers Blitzwing saat Blitzwing mengklaim diri sebagai Pemimpin Decepticons. Namun ia kalah oleh Blitzwing dalam tank mode setelah ia terjebak dalam labirin (alias benteng pertahanan Blitzwing).

Pada tahun 2005, Prowl merupakan salah satu anggota Autobots yang tewas. Ia tertembak oleh senjata dari Scavenger, kemudian mayatnya di simpan di Autobots deep-space mausoleum, yang kemudian hancur akibat ulah Decepticons.

Transformers: The Headmasters[sunting | sunting sumber]

Berbeda dengan kematian di versi AS, di versi Jepang Prowl diceritakan tetap hidup. Ini terjadi karena film Transformers: The Movie tidak dirilis secara resmi di Jepang. Pihak Takara mengklaim bahwa yang tewas dalam film adalah Bluestreak (Silverstreak).

Prowl tampil dalam episode 1 dan 3 dalam Transformers: The Headmasters.

Beast Wars[sunting | sunting sumber]

Dalam versi ini, Prowl berfungsi sebagai ahli strategi militer. Ia juga berperan sebagai pendengar dan bukan sebagai pembicara dari Maximal. Namun meskipun ia sangat disiplin, tetap ia memiliki selera humor yang tinggi. Beberapa hal lain dalam Prowl versi Beast Wars masih sama dengan Prowl di G1.


Ada dua Prowl yang tampil dalam Beast Wars. Pertama saat ia menjadi flash back di era sebelum Bumi, dan yang kedua saat kecelakaan The Ark yang menabrak gunung berapi di Bumi empat juta tahun yang lalu.

Merujuk pada buku terbitan IDW Beast Wars Sourcebook, Prowl adalah robot yang memiliki jiwa manusia dari Chip Chase.

Transformers: Robots in Disguise[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Prowl bernama asli Mach Alert. Ia merupakan Autobots yang berusia setengah tua (penengah). Kepintarannya mencapai skor 7,5 dan bisa berubah menjadi mobil polisi Lamborghini Diablo.

Ia memiliki scanner yang bisa mendeteksi gelombang radio dan juga bisa mendeteksi pergerakan sekecil apapun dari seluruh bagian ini sebuah kota. Ia tidak akan berhenti sampai mendapatkan buronan yang ia cari.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Prowl bahu membahu dengan X-Brawn dan Side Burn untuk melawan kejahatan di Bumi ketika Megatron datang. Ia juga menyelamatkan Side Burn dari sergapan Decepticons yang berniat untuk menculiknya.

Ketika Ultra Magnus tiba di Bumi dan berebut tenaga Matrix dengan Prime, Prowl bersama dua rekannya (X-Brawn dan Side Burn) juga mendapatkan tenaga tersebut, dan menyebabkan mereka berubah menjadi lebih kuat dengan nama Supercharge Mode, dengan tenaga ekstra untuk bertarung. Mereka juga membantu Optimus Prime dan Ultra Magnus untuk melawan Galvatron.

Transformers: Unicron Trilogy[sunting | sunting sumber]

Armada[sunting | sunting sumber]

Dalam versi ini, Prowl tidak tampil dalam serial TV, namun ia muncul sebagai bagian penjualan mainan promosi untuk mendukung serial TV. Ia kali ini bergabung dengan Mini-Con sub-tim Emergency Team bersama Makeshift dan Firebot. Prowl berubah menjdai sebuah mobil polisi, dan ia memiliki kemampuan juga untuk berubah menjadi sebuah pistol yang bisa dipegang oleh Transformers lain (mirip dengan Megatron dalam mode pistol di G1).

Energon[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Dalam versi ini, nama lainnya adalah Red Alert. Ia bisa berubah menjadi sebuah mobil F1 dengan pulas cat mobil polisi. Prowl merupakan ahli stategi dan ia juga dikenal sebagai komandan militer keamanan Autobots.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Dibawah komando Rodimus, Prowl tiba di Bumi beberapa puluh tahun yang lalu bersama Landmine. Kemudian mereka sempat mempelajari ilmu milik Alpha-Q dan mengetahui bahwa tenaganya bisa dihancurkan atau menghancurkan Unicron. Mereka juga sempat bersitegang dengan Optimus Prime karena perbedaan pendapat mengenai Alpha-Q.

Selanjutnya, ketika pikiran Unicron diambil alih oleh Megatron yang menyebabkan ia berubah menjadi Galvatron, Prowl bersama Autobots berhasil menggunakan kombinasi Sparks untuk melawan Galvatron dan kemudian Unicron hingga akhirnya Galvatron bersama Unicron terlempar hingga mati ke arah matahari.

Transformers: Universe[sunting | sunting sumber]

Spy Changer[sunting | sunting sumber]

Di versi ini Prowl tampil sebagai mobil polisi spy, yang kemudian berubah menjadi mobil pemandu pemadam kebakaran. Ia tampil dalam 2004 BotCon voice play.

Micromaster[sunting | sunting sumber]

Nama Jepangnya adalah Road Police. Prowl dalam versi ini merupakan bagian dari Protectobots dan bisa berubah menjadi mobil polisi Honda NSX. Ia merupakan bagian dari Defensor. Hobinya adalah mengoleksi senapan dan pistol Bumi dari semua negara di dunia ini.

Transformers film[sunting | sunting sumber]

2007 film[sunting | sunting sumber]

Sang produser, Tom DeSanto menyatakan Prowl merupakan bagian asli dari tim Autobots selain Optimus Prime, Arcee, Ironhide, Jazz, Ratchet, Wheeljack, dan Bumblebee. Bahkan ia juga masuk dalam scenario, namun penulis scenario lebih menyukai agar ia tampil sebagai Decepticons (menjadi Barricade).

Revenge of the Fallen[sunting | sunting sumber]

Sebuah mobil polisi China digosipkan akan tampil dalam Transformers: Revenge of the Fallen. Ini berarti Prowl dipastikan akan masuk sebagai Autobots dalam film ini.

Transformers: Animated[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Berbeda dengan karakter Prowl di versi sebelumnya yang menampilkan bentuk mobil polisi, kali ini Prowl tampil sebagai sepeda motor polisi. Dengan kemampuan seperti ninja.

Ia merupakan ahli dibidang Circuit-Su (sebuah beladiri dari Cybertron). Ia juga bisa membuat hologram dalam bentuk sepeda motor. Keunggulan lain Prowl adalah ia bisa membuat apa saja yang dipegangnya menjadi senjata.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Prowl merupakan kru yang memperbaiki Jembatan Luar Angkasa dibawah pimpinan Optimus Prime. Ketika mereka (tim Autobots) tiba di Bumi, Prowl memilih untuk menjadi sepeda motor polisi sebagai model alternatifnya.

Prowl banyak membantu manusia dalam memberantas kejahatan. Ia bahkan sempat cedera gara-gara aksinya yang terlalu nekat dan heboh. Di akhir serial ini, Prowl mengorbankan dirinya untuk menghancurkan dua cloning Starscream.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]