Protectobot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Protectobots adalah sebuah sub-group dari Autobots dalam serial Transformers. Mereka bisa berubah menjadi beberapa mobil atau kendaraan P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan. Saingan sekaligus rival mereka adalah Combaticons dari Decepticons.

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Anggota[sunting | sunting sumber]

Protectobots berisi lima anggota, yaitu sebagai berikut:

Semua anggota Protectobots bisa bergabung menjadi sebuah robot besar bernama Defensor. Warna kendaraan para anggota Protectobots adalah biru muda.

Profil[sunting | sunting sumber]

Season 2[sunting | sunting sumber]

Sama seperti Aerialbots, Combaticons, atau Stunticons, Protectobots merupakan sebuah grup yang dibuat di tengah-tengah cerita Transformers dan bukan berasal dari serial orsinil season 1. Protectobots pertama kali muncul dalam episode "The Revenge of Bruticus," namun mereka belum cukup kuat dan belum bisa bergabung menjadi Defensor sampai episoden "B.O.T", dimana ketika itu mereka melawan Combaticons, dengan hasil Defensor berhasil mengalahkan Combaticons yang bergabung menjadi Bruticus. Ketika Bruticus tampil kembali setelah diperbaiki oleh Swindle, Defensor kembali lagi mengalahkan Bruticus dan menyebabkan salah satu komponen Combaticons digunakan oleh manusia untuk membangun robot B.O.T untuk sebuah tugas sekolahan. Namun akhirnya robot B.O.T yang dibangun dengan memakai komponen Combaticons berhasil di KO oleh para anggota Autobots.

Selanjutnya, grup Protectobots menjadi salah satu sub-grup Autobots yang tidak memakai The Ark sebagai markas mereka. Protectobots lebih memilih untuk bermarkas di dekat pemukiman manusia di kota besar. Dalam serial season kedua dan ketiga, pihak Protectobots menjadi satu-satunya tim Autobots penolong ketika manusia di kota sedang berada dalam masalah, seperti kasus kebakaran, gempa bumi, banjir, atau pun masalah-masalah yang terjadi akibat perang Autobots vs. Decepticons.

Season 3[sunting | sunting sumber]

Protectobots pernah ditugaskan oleh Rodimus Prime untuk meng-investigasi kepala Unicron yang dibangkitkan oleh hantu (atau arwah) Starscream. Mereka semua kemudian bertarung melawan Decepticons, dan sekaligus pula menjadi pertarungan pertama Protectobots diluar Bumi.

Protectobots menjadi satu-satunya grup yang terkena efek besar akibat ulah First Aid yang stress setelah kematian Ratchet dalam film The Transformers: The Movie. Ceritanya begini, First Aid gagal mencegah Swindle ketika ia mencuri salah satu komponen Metroplex. Daripada ia dimarahi oleh Rodimus Prime, First Aid memutuskan untuk kabur. Sementara di tempat lain, pihak Protectobots harus menjalani pertarungan melawan Menasor dari Stunticons. Akibatnya Defensor hanya mempunyai sebelah tangan saja. Namun Autobots yang lain datang membantu dan akhirnya Menasor berhasil dihalau.

Di tempat lain, setelah Hot Spot berhasil mendapatkan kembali komponen Metroplex yang hilang, ia lantas mencari First Aid dan membujuknya agar kembali ke Autobots City, sebab hanya dialah yang mampu memperbaiki Metroplex. First Aid setuju, dan berkat jasanya, Metroplex bisa mengalahkan Trypticon. Dan pihak Protectobots akhirnya bisa bersatu kembali menjadi sebuah tim yang utuh (lima anggota).

Kemudian Rodimus Prime dalam episode "The Return of Optimus Prime", sempat menyuruh Defensor mengawasi tubuh Optimus Prime, ketika Optimus akan dibangkitkan kembali. Sayangnya baik Rodimus, Ultra Magnus, tim Aerialbots, dan juga tim Protectobots juga terserang oleh serangan Hate Plague. Akhirnya mereka semua selamat, setelah Optimus Prime berhasil dibangkitkan oleh Quintessons dan mengambil Matrix dari tangan Rodimus untuk kemudian dipakai menyelamatkan seluruh umat manusia dan para Transformers.

Season 4[sunting | sunting sumber]

Penampilan terakhir Protectobots dalam serial Transformers AS adalah pada saat membantu Ultra Magnus menghentikan usaha Galvatron. Namun gagal dan mereka semua tertembak. Ada asumsi mereka semua berhasil disembuhkan ketika Golden Age of Cybertron berhasil diwujudkan oleh Optimus Prime.

Transformers: Universe[sunting | sunting sumber]

Protectobots dalam Transformers: Universe merupakan sebuah tim yang di versi Jepang dikenal dengan nama Sixturbo Team.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Prowl (Road Police)[sunting | sunting sumber]

Merupakan pemimpin tim yang dapat berubah menjadi sebuah mobil polisi berwarna putih. Memiliki kecepatan yang tinggi, dan memiliki kegemaran mengoleksi beragam jenis senjata pistol versi Bumi.

Groove (Glide)[sunting | sunting sumber]

Seorang pengintai, yang bisa berubah menjadi sebuah sepeda motor warna biru. Dari spek teknisnya dapat diketahi bahwa ia senang berada di Bumi, dan lebih menyenangi jika seorang wanita cantik mengendarai dirinya. Namun jika dalam tugas, ia sangatlah disiplin dan tegas.

Streetwise (Circuit)[sunting | sunting sumber]

Seorang juru bicara dan ahli pengantaran, bisa berubah menjadi sebuah mobil Formula 1 warna putih. Namun kadang-kadang ia lebih memilih untuk tampil dalam mode robot dikarenakan ia sering takut akan membawa masalah jika mengendarai mobil F1 dengan kencang di jalan raya.

Hot Spot (Neo-Wheel)[sunting | sunting sumber]

Seorang petarung dan ksatria, berubah menjadi mobil kuning seperti Bumblebee. Ia mencintai alam Bumi dan binatang.

Red Alert (Discharge)[sunting | sunting sumber]

Merupakan satu-satunya anggota tim wanita, berubah menjadi sebuah mobil pemadam kebakaran warna merah. Dengan karakter wanitanya, ia sangat suka menolong manusia, dan lemah lembut kepada manusia yang diselamatkannya jika terluka. Uniknya, ia tidak suka perkelahian, namun akan berubah menjadi kemarahan jika ia dihina atau diprovokasi.

First Aid (Sireen)[sunting | sunting sumber]

Ahli medis dan kesehatan, berubah menjadi mobil ambulan, mempunyai catatan kerja yang sangat baik dan memuaskan manusia Bumi.

Defensor (Sixturbo)[sunting | sunting sumber]

Merupakan penggabungan dari semua anggota. Satu komponen ekstra yang bisa diperoleh adalah salah satu bagian tubuhnya bisa berubah menjadi pesawat jet, dan satu anggotanya bisa mengendarai pesawat tersebut.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]