Transformers: Age of Extinction

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Transformers: Age of Extinction
Transformers Age of Extinction Poster.jpeg
Poster film
Sutradara Michael Bay
Produser
Penulis Ehren Kruger
Berdasarkan Transformers 
karya Hasbro
Pemeran
Musik Steve Jablonsky
Sinematografi Amir Mokri
Penyunting
Studio
Distributor Paramount Pictures
Tanggal rilis Bendera Indonesia 25 Juni 2014
Bendera Amerika Serikat 27 Juni 2014
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $165 juta
Didahului oleh Transformers: Dark of the Moon

Transformers: Age of Extinction adalah film fiksi ilmiah Amerika Serikat tahun 2014 yang berdasarkan produk waralaba Transformers dari perusahaan mainan Hasbro. Film ini merupakan penggarapan ke-4 dari film Transformers, dan sekuel dari Transformers: Dark of the Moon. Film yang mengambil masa empat tahun setelah invasi di Chicago. Seperti pendahulunya, film ini kembali disutradarai oleh Michael Bay[2] dan Steven Spielberg sebagai produser eksekutif-nya. Ini adalah film yang untuk pertama kalinya tidak mengikutsertakan Shia LaBeouf dan juga yang pertama kali keseluruhannya diperankan oleh pemeran baru. Transformers yang kembali hadir diantaranya Optimus Prime dan Bumblebee, dan film ini menjadi film aksi langsung Transformers pertama yang menyertakan para Dinobots. Film ini akan dirilis lebih awal dua hari di Indonesia pada 25 Juni 2014 lalu selang beberapa hari kemudian di Amerika pada tanggal 27 Juni 2014 dalam format 3D.[3]

Plot[sunting | sunting sumber]

65 juta tahun yang lalu, selama Zaman Kapur, makhluk yang dikenal sebagai "Pencipta" meledakkan banyak "Benih", memusnahkan semua kehidupan di Bumi. Beranjak kepada saat ini, seorang ahli geologi bernama Darcy menemukan mayat dinosaurus yang tertutup dalam logam yang aneh.

Empat tahun telah berlalu sejak Pertempuran Chicago. Cade Yeager, seorang penemu yang gigih, dan temannya Lucas membeli truk tua untuk dibongkar menjadi beberapa suku cadang. Mereka menjualnya untuk biaya kuliah putri Cade, Tessa, tapi segera mengetahui itu adalah sebuah Transformer bernama Optimus Prime. Cade melihat bahwa ia terluka dan mencoba memperbaiki dirinya. Sementara itu, 'Cemetery Wind', unit elit CIA dipimpin oleh agen paranoid Harold Attinger, telah ditugasi memburu Decepticon yang tersisa. Namun, ia secara diam-diam memburu keduanya. Baik Autobot dan Decepticon. Dengan bantuan pemburu Transformer bayaran bernama Lockdown, mereka secara brutal membunuh Ratchet. Setelah mengetahui Optimus ada di Texas, unit dan Lockdown menuju ke sana dan mengancam Cade, Tessa, dan Lucas. Optimus keluar dari persembunyiannya dan menyerang unit operatif, yang memungkinkan mereka untuk melarikan diri. Mereka diselamatkan oleh Shane Dyson, pacar rahasia Tessa, dan setelah pengejaran panjang, mereka menjauh dari unit. Namun, Lucas terbunuh oleh granat Lockdown. Optimus langsung menemui Autobots yang tersisa: Bumblebee, Hound, Drift, dan Crosshairs. Cade meretas drone yang ia ambil dari serangan itu, dan mengetahui bahwa Cemetery Wind bekerja sama dengan sebuah perusahaan bernama KSI. Mereka memutuskan untuk menyusup ke markas KSI untuk mendapatkan informasi.

Sementara itu, Joshua Joyce, kepala KSI, menunjukkan kepada Darcy bahwa ia telah menyempurnakan transformium, sebuah logam yang secara molekuler tidak stabil, bisa diprogram dan logam yang membuat Transformers. Dia telah memenjarakan Brains untuk memecahkan kode otak Transformers mati dan menempatkan mereka ke dalam transformer buatan manusia. Dia menunjukkan kepada Darcy ciptaan berharganya, Galvatron, yang dibuat menggunakan data dari kepala Megatron.

Begitu ia menyusup ke dalam fasilitas tersebut, Cade menemukan mereka sedang melelehkan kepala Ratchet. Marah besar, Optimus dan Autobot lainnya menyerbu fasilitas, membuat Brains keluar, dan mulai untuk menghancurkannya. Joyce mencegah mereka dan menjelaskan bahwa manusia tidak perlu Autobot lagi karena manusia dapat membuat tentara Transformer mereka sendiri. Merasa muak, para Autobot meninggalkan fasilitas. Attinger memaksa Joyce untuk meaktifkan Galvatron dan Stinger dan pergi mengejar para Autobot. Galvatron dan Optimus bertarung sebelum Lockdown menembak Optimus. Tessa terjebak. Dan dia, bersama dengan Optimus, dibawa di atas kapal Lockdown. Dia mengunci Optimus di tengah-tengah ruang piala, yang juga membawa Dinobots, ksatria legendaris yang Lockdown penjarakan. Dia menjelaskan bahwa 'Pencipta' ingin Optimus kembali. Sebelum dia pergi, Lockdown memberikan Bibit, bom yang dapat membentuk area lahan 'cyber' yang luas, untuk Attinger, memberikan Cade, Shane, dan para Autobot waktu untuk naik ke kapal. Cade dan Shane menyelamatkan Tessa, dan dengan bantuan Crosshairs dan Bumblebee, mereka dapat melarikan diri. Tak lama setelah itu, Hound dan Drift menyelamatkan Optimus dan pergi sebelum Lockdown memasuki ruang angkasa. Optimus dan Brains mengungkapkan bahwa Galvatron adalah reinkarnasi dari Megatron, dan bahwa ia telah memanipulasi KSI untuk membuat tentara dan berusaha mencuri Benih untuk menghapus manusia dan menciptakan lebih banyak Decepticon. Cade memperingatkan Joyce, yang pergi ke Hong Kong dengan rekan bisnisnya Su Yueming dan Darcy untuk mendapatkan keamanan militer, mengkhianati Attinger.

Di Beijing, Galvatron mengaktifkan dirinya sendiri dan merusak semua drone prototipe Transformer untuk melakukan perintahnya. Salah satu antek-anteknya menembak jatuh kapal Autobot. Hound dan Bumblebee melompat keluar dan berjuang untuk melindungi manusia. Mengetahui hal ini, Optimus melepaskan dan menjinakkan para Dinobot. Dengan bantuan mereka, mereka dapat menghancurkan tentara Galvatron. Lockdown kemudian muncul dan menggunakan senjata magnetik dalam upaya untuk merebut kembali Optimus dan para Dinobot. Namun, Optimus menghancurkan itu dan berusaha untuk bertarung dengan Lockdown. Cade mencoba untuk membantu tetapi tertahan di bawah todongan senjata Attinger. Melihat Cade dalam bahaya, Optimus membunuh Attinger, yang memungkinkan Lockdown untuk menang dan menusuk Optimus dengan pedangnya sendiri. Cade dan Bumblebee mengalihkan perhatian Lockdown sementara Tessa dan Shane mengambil pedang dari Optimus, kemudian berhasil membunuh Lockdown. Galvatron mundur, dan bersumpah untuk bertempur melawan Optimus di lain hari. Optimus menetapkan para Dinobot bebas sebelum terbang ke ruang angkasa dengan 'Benih', mengirim pesan ke 'Pencipta' bahwa tinggalkanlah planet Bumi dan bahwa ia akan datang untuk mereka.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Mark Wahlberg sebagai Cade Yeager, seorang ayah dan penemu yang gigih.
  • Nicola Peltz sebagai Tessa Yeager, putri Cade.
  • Jack Reynor sebagai Shane Dyson, Pacar Tessa dan pengemudi balap mobil Irlandia.
  • Stanley Tucci sebagai Joshua Joyce, pemimpin arogan KSI yang ingin membangun Transformer sendiri.
  • Sophia Myles sebagai Darcy Tyril, Asisten ahli geologi Joshua.
  • Kelsey Grammer sebagai Harold Attinger, seorang agen CIA paranoid yang menciptakan Cemetery Wind untuk menghilangkan semua Transformer dari Bumi.
  • T. J. Miller sebagai Lucas Flannery, Sahabat Cade dan seorang montir.
  • Titus Welliver sebagai James Savoy, Pemimpin dari operasi Cemetery Wind.
  • Li Bingbing sebagai Su Yueming, pemilik pabrik Cina yang digunakan oleh KSI untuk membangun Transformer buatan mereka.
  • Melanie Specht sebagai the "Grande Dame", Asisten senior eksekutif Joshua.
  • Victoria Summer sebagai Assisten Eksekutif dari Joshua.

Ray Lui dan Michael Wong berperan sebagai polisi Hong Kong. Han Geng sebagai cameo, bernyanyi dan bermain gitar di mobil yang terparkir yang termagnet oleh kapal Lockdown. General Motors Vice President of Design Edward T. Welburn memiliki penampilan cameo.

Pengisi suara robot[sunting | sunting sumber]

Autobot[sunting | sunting sumber]

  • Peter Cullen sebagai Optimus Prime, pemimpin Autobot yang berubah menjadi Marmon 97 semi truk berkarat dan kemudian, Western Star biru dan merah 4900 phantom Kustom truk semi-trailer.
  • John Goodman sebagai Hound, komando Autobot yang berubah menjadi sebuah kendaraan Oshkosh Defense Medium Taktis.
  • Ken Watanabe sebagai Drift, sebuah ahli siasat Autobot dan mantan Decepticon yang berubah menjadi mobil hitam dan biru 2013 Bugatti Veyron Grand Sport Vitesse.
  • John DiMaggio sebagai Crosshairs, seorang penerjun payung Autobot yang berubah menjadi mobil hijau 2014 Chevrolet Corvette Stingray C7.
  • Robert Foxworth sebagai Ratchet, petugas medis Autobot yang berubah menjadi mobil lampu hijau penyelamatan Hummer H2.
  • Reno Wilson sebagai Brains, robot kecil Decepticon yang menjadi Autobot, berubah menjadi Lenovo ThinkPad Edge.
  • Bumblebee, Autobot pengintai yang berubah menjadi dimodifikasi 1967 Camaro dan kemudian, 2014 konsep Chevrolet Camaro.
  • Leadfoot, Autobot yang juga anggota Wreckers. Dia berubah menjadi versi lapis baja dari mobil # 42 Earnhardt Ganassi Racing.

Dinobot[sunting | sunting sumber]

  • Grimlock, pemimpin Dinobot yang berubah menjadi Tyrannosaurus Rex mekanik bertanduk.
  • Strafe, Dinobot yang mengkhususkan diri dalam serangan infanteri dan berubah menjadi Pteranodon berkepala dua dan berekor dua mekanik.
  • Slug, penghancur buas di antara Dinobot yang berubah menjadi Triceratops mekanik berduri.
  • Scorn, Dinobot yang mengkhususkan diri dalam penghancuran, berubah menjadi Spinosaurus berlayar-tiga mekanis.

Decepticon[sunting | sunting sumber]

  • Frank Welker sebagai Galvatron, Transformer buatan manusia yang dipengaruhi oleh pikiran Megatron, sehingga membuat dia menjadi pemimpin Decepticon baru. Dia berubah menjadi truk hitam dan abu-abu 2014 Freightliner Argosy cab over Trailer. Dia telah diam-diam memanipulasi pemerintah untuk membuat Transformer sendiri baginya untuk digunakan sehingga ia bisa mencuri Benih untuk dirinya sendiri dan membangun kembali tentara Decepticon.
  • Stinger, Transformer buatan manusia yang menjadi mata-mata Decepticon dan spesialis sabotase. Dia berubah menjadi mobil merah dan hitam 2013 Pagani Huayra.
  • Junkheap, Transformer buatan manusia yang menjadi Decepticon di bawah kendali Galvatron. Dia berubah menjadi truk sampah Cina Waste Management, Inc.
  • Traxes, drone buatan manusia diproduksi secara massal yang menjadi Decepticon di bawah kendali Galvatron. Mereka berubah menjadi Chevrolet Traxes dengan warna yang berbeda-beda.

Lainnya[sunting | sunting sumber]

  • Mark Ryan sebagai Lockdown, antagonis utama. Sebuah pemburu hadiah antargalaksi, sejajar dengan tidak memihak, yang berubah menjadi mobil abu-abu 2013 Lamborghini Aventador LP 700-4 Coupe, bekerja sama dengan Attinger untuk menangkap Optimus Prime untuk manusia dalam pertukaran untuk "Benih" dari dia, yang diberikan akses tak terbatas ke semua sumber daya CIA. Lockdown bekerja untuk alien yang tidak diketahui kehidupannya namun diklaim bahwa mereka adalah pencipta Transformer. Dia memiliki sekelompok robot humanoid yang tidak diketahui dan segerombolan serigala tekno-organik yang disebut Steeljaws di bawah komandonya.
  • The Creators, ras alien yang tidak diketahui namun diklaim oleh Lockdown adalah pencipta Transformer. Mereka terlihat sangat singkat dalam pembukaan film ketika mereka menggunakan beberapa "benih" untuk 'membentuk cyber' Bumi, membasmi dinosaurus. Bertahun-tahun kemudian, mereka menyewa Lockdown untuk menangkap Optimus Prime untuk alasan yang tidak diketahui.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Franich, Darren (2 April 2013). "Paramount co-producing 'Transformers 4' with Chinese company". Entertainment Weekly. 
  2. ^ "Michael Bay Returning to Direct TRANSFORMERS for June 2014 Release | Collider | Page 14520e0". Collider. 13 Februari 2012. Diakses 14 September 2013. 
  3. ^ "Transformers Age Of Extinction release dates". paramountpictures.com. 4 Maret 2014. Diakses 4 Maret 2014. 

Prana luar[sunting | sunting sumber]