Blitzwing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Blitzwing
Blitzwing-animated.jpg
Blitzwing dalam versi Transformers: Animated
Decepticon
Sub-grup Voyagers
Triple Changers
Fungsi Ground and Air Commando
Berserker
Rekan Astrotrain, Octane (G1)
Lugnut (The Animated)
Semboyan "Destroy first, think later." (Generation 1)
"Whoooo, I'm freaking out!" (The Animated)
Model alternatif MiG-25/Type 74 Main Battle Tank
Cybertronian Tank/Jet Fighter
Dual-Barreled Assault Tank/Fighter Jet
Seri Transformers G1
Transformers: Animated

Blitzwing adalah salah satu karakter robot fiksi dari serial laris dunia The Transformers. Ia merupakan salah satu anggota Decepticons sub-team Triple Changers. selain Astrotrain dan Octane.

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Karena Blitzwing termasuk salah satu anggota Triple Changers Decepticons, maka ia bisa berubah menjadi dua jenis kendaraan yang berbeda. Yang pertama ia bisa berubah menjadi pesawat tempur MiG 25 Foxbat, dan yang kedua ia bisa berubah menjadi Tank Mitsubishi Type 74.

Walaupun Blitzwing bisa berubah menjadi jet tempur MiG 25, namun ia tidak termasuk anggota Jet Seekers pimpinan Starscream. Ia lebih senang menyendiri dan menyelidiki apa yang terjadi dengan Autobots secara mandiri.

Dalam serial Transformers versi 1980-an, Blitwing hanya mendapat peran kecil dalam sejumlah episode. Ia terkenal sebagai salah satu anggota Decepticons yang bermulut besar dan sering berbohong. Blitzwing mendapat peran besar dalam episode Triple Take-Overs dan Prime Target.

Pengisi suara Blitzwing versi bahasa Inggris adalah aktor Ed Gilbert. Sementara di versi bahasa Jepang, empat aktor bergantian mengisi suara Blitzwing. Mereka adalah Keiichi Nanba, Kenyū Horiuchi, Yū Shimaka, dan Masashi Ebara.

Season satu dan dua[sunting | sunting sumber]

Triple Take-Overs[sunting | sunting sumber]

Dalam serial TV Transformers episode "Triple Take-Overs", Blitzwing bersama Astrotrain, dan Starscream sempat berencana untuk menyingkirkan Megatron. Bahkan Starscream sempat berjalan bersama Megatron dengan maksud akan menguncinya di lorong AC, dimana akhirnya terjadilah "senjata makan tuan" karena Starscream juga ikut terperangkap.

Setelah Megatron dan Starscream benar-benar terperangkap, mulailah para anggota Triple Changers melakukan aksinya. Blitzwing memulainya dengan menyerang sebuah stadion baseball, dan menyerbu para pemain yang ada di dalam stadion. Ia lantas mengklaim bahwa stadion tersebut adalah base kamp pertahanan Blitzwing. Ia juga berpikir bahwa sebagai pemimpin tentu harus ada penasihat. Ia lantas menyekap pelatih baseball yang dikiranya sebagai seorang komandan strategi perang dalam lemari ganti, dan meminta petunjuk apa saja pada sang pelatih.

Lantas sang pelatih itu mengatakan "pertahanan", Blitzwing langsung meminta Constructicons membangun jalan raya bebas hambatan (bentuk aslinya adalah labirin menyesatkan) sebagai bentuk dari benteng pertahanan pertama Blitzwing. Ia kemudian mengiming-imingi Constructicons dengan posisi sebagai asisten pemimpin Decepticons dan beberapa kubus energon. Blitzwing juga mencetak nilai pada papan skor stadion dengan jumlah fantastis 1595-0 untuk kemenangan Blitzwing atas Megatron. Kemudian ia juga meminta petunjuk selanjutnya dari sang pelatih, dan pelatih tersebut mengatakan "serangan jarak jauh", langsung saja Blitzwing membombardir kota dengan serangan bom jarak jauh dari kanonnya.

Namun tampaknya Blitzwing lupa pada janjinya. Begitu benteng pertahanan tersebut selesai dan memakan korban dari pihak Autobots, pihak Constructicons menagih janji Blitzwing, dan Blitzwing tidak sanggup memenuhi janjinya. Langsung, Constructicons berubah menjadi Devastator dan menyerang Blitzwing.

Tak lama kemudian Megatron juga berhasil bebas dan menghajar siapa saja yang mengklaim diri sebagai "pemimpin Decepticons". Akhirnya semua pihak mengaku bahwa mereka dihasut oleh Starscream. Sekali lagi baik pihak Triple Changers dan Starscream harus merasakan hukuman dari Megatron.

Prime Target[sunting | sunting sumber]

Dalam episode ini, Astrotrain bersama Blitzwing ditugaskan Megatron untuk mengajak pemburu Lord Chumley bekerja sama dengan Decepticons. Namun Cholmondeley tidak tertarik dengan Decepticons. Ia hanya menginginkan Optimus Prime dari Autobots.

Cholmondeley lantas berhasil menangkap Blitzwing dan Astrotrain. Selanjutnya ia meminta Optimus Prime agar menyerah. Bukannya menyerah, Optimus malah berhasil menyelamatkan semua anggota Autobots. Lantas Chumley meminta Astrotrain dan Blitzwing untuk membantunya, dan mereka menerimanya, namun setelah dibebaskan, dua Triple Changers ini malah membantu Optimus. Selanjutnya mereka kabur setelah semua anggota Autobots bebas.

The Transformers: The Movie[sunting | sunting sumber]

Dalam film ini, Blitzwing terlibat dalam perang di Autobot City, ia mengincar Hot Rod dan Daniel Witwicky. Kemudian ia terlibat perang dengan Kup, yang juga menciptakan pertengkaran antara ia, Kup, dan Sharpnel dari Insecticons.

Kemudian dalam sebuah serangan, Blitzwing berhasil lolos dari sergapan Optimus Prime dalam mode truk. Selanjutnya Blitzwing terlibat perang dengan Decepticons lain untuk memperebutkan jabatan Pemimpin Decepticons.

Season tiga[sunting | sunting sumber]

Dalam lanjutan serial Transformers original setelah film The Transformers: The Movie, Blitzwing menjadi salah satu bagian dari serangan Decepticons bersama Quintessons ke Cybertron. Ia kemudian menjadi penhubung antara Galvatron dan Quintessons. Namun Blitzwing malah menemukan bahwa Quintessons hanya berpura-pura saja memihak Decepticons. Sebenarnya mereka berniat untuk menyingkirkan seluruh Transformers (Autobots dan Decepticons) sambil menguasai kembali Cybertron.

Namun ketika ia melaporkan hasil temuannya itu kepada Galvatron, Galvatron tidak mempercayainya, dan menendang Blitzwing sambil menyuruhnya untuk mengatakan hal itu pada Autobots. Blitzwing kemudian mengatakan hal itu pada Rodimus Prime dan Autobots kemudian menghentikan usaha Sharkticons dengan me-nonaktifkan mereka.

Kemudian Rodimus menawarkan Blitzwing untuk berpindah ke Autobots, namun Blitzwing menolaknya. Akhirnya tanpa syarat, Rodimus Prime melepaskan mereka untuk kembali ke Decepticons.

Transformers: Animated[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Blitzwing kembali tampil dalam serial Transformers: Animated. Kali ini pengisi suara Blitzwing adalah aktor Bumper Robinson. Seperti biasa ia tampil dalam dua model tradisional, yaitu tank dan jet, selain itu kali ini Blitzwing juga tampil dengan tiga wajah yang berbeda, yang menggambarkan karakter dari dirinya sendiri. Wajah yang pertama adalah Icy Blitzwing, menggambarkan Blitzwing dengan kondisi dan sifat yang dingin. Kedua adalah Hothead Blitzwing yang menggambarkan Blitzwing yang punya sifat pemarah. Dan yang ketiga adalah Random Blitzwing. Gaya bicara semua wajah Blitzwing adalah aksen bahasa Jerman.

Beberapa bagian dari Blitzwing memiliki kesamaan dengan versi G1-nya, salah satunya adalah warna tubuhnya. Ketika ia memilih mode samarannya, wajah dingin dan pintar terlihat kala ia dalam mode jet, dan wajah pemarah akan tampil bila ia muncul dalam mode tank. Sebelumnya ia sempat kebingungan saat akan memilih model penyamaran di Bumi, wajah pemarah menginginkan mode tank, sementara wajah dingin menginginkan mode jet, sampai akhirnya wajah acak muncul dan mengatakan: "Kenapa tidak dua-duanya saja?"

Dalam mode jet, Blitzwing muncul dengan peluru es dan laser dari kanonnya, itu kalau ia tampil dalam mode dingin. Sementara jika dalam mode tank/pemarah, ia memiliki senjata laser api. Kelemahan Blitzwing adalah ia sering jatuh ketika berubah dari jet menjadi tank, dan hal itu dimanfaatkan dengan baik oleh Ratchet dan Bumblebee untuk mengalahkan Blitzwing.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Sebagai salah satu kru The Nemesis, Blitzwing meninggalkan pesawat tersebut sebelum meledak, dimana saat itu Starscream sedang berpromosi menyombongkan diri. Kemudian Blitzwing mengikuti Autobots, dimana ia meyakini bahwa Autobots telah berhasil membunuh Megatron.

Kemudian Blitzwing mempunyai teman dekat bernama Lugnut, dimana keduanya menjadi tangan kanan Megatron yang sangat loyal. Namun tak disangka mereka berdua berhasil dibunuh oleh Autobots, dan sisa-sisa suku cadangnya di simpan di Lake Erie, yang juga merupakan markas Autobots. Tak lama berselang datanglah Starscream dan dengan sabar ia lalu memperbaiki dan merakit ulang Blitzwing dan Lugnut. Setelah bangkit kembali, Blitzwing lalu sempat menjadi pelayan setia Starscream. Ia lantas menolong Lugnut saat ia kesulitan merebut kunci Allspark dari Ratchet. Selanjutnya ia mengirim Lugnut pesan yang diterima dengan lambat oleh Lugnut, sehingga Blitzwing menyangka bahwa Lugnut bodoh karena hanya diam saja saat melihat kepala Megatron di Sumdac Tower.

Setelah berhasil merebut kunci Allspark, Blitzwing lantas menempelkannya kepada kepala Megatron, dan membuat Megatron hidup kembali. Ia lantas diserang oleh Autobots yang dipimpin oleh Bumblebee yang memakai sifat kelemahan dari Blitwing dengan mengecohnya agar tampil sebagai jet dan tank, dan akhirnya Blitzwing celaka di Lake Erie.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]