Frenzy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Frenzy
Decepticon
Sub-grup Cassette
Go-Bot
Micro Vehicles
Fast Action Battlers
Fungsi Warrior
Rekan Laserbeak
Barricade
Semboyan "Sow panic and surrender will bloom!"
Model alternatif Microcassette Tape (Blue)
Car
GPX BCDW9815CNP Boombox
Mobile phone (head)
Car Stereo
Seri Transformers: Generation 1
Transformers: Generation 2
Transformers movie toys

Frenzy adalah nama untuk salah satu karakter robot fiksi dari serial Transformers.

Transformers: Generation 1[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Frenzy merupakan salah satu robot kaset dari Soundwave. Ia (bersama Rumble, Ravage, Laserbeak, dan Buzzsaw) adalah bagian dari anak buah Soundwave. Dikarenakan warna tubuhnya dalam serial kartun, kadang-kadang Frenzy disebut sebagai Rumble. Warna mainannya sendiri adalah biru, sementara di kartun berwarna merah, hitam, dan emas. Pengisi suara Frenzy adalah Frank Welker.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Dalam versi serial kartun, warna tubuh Frenzy dan Rumble tampaknya memang sengaja ditukar. Warna asli Rumble dipakai untuk Frenzy, dan demikian juga sebaliknya.

Peran Frenzy dalam serial animasi G1 tidak terlalu banyak. Ia hanya menjadi pendukung dari Rumble. Pertama tampil adalah dalam episode "Countdown to Extinction". Frenzy juga tampil dalam beberapa episode lain. Biasanya ia tampil sebagai rekan kerja dari Rumble.

Komik Marvel[sunting | sunting sumber]

Kalau dilihat dari komik Marvel, Rumble dan Frenzy adalah kakak beradik. Dimana Frenzy memiliki senjata berupa gelombang supersonic dan pistol laser. Dalam versi komik, Frenzy tampil sebagai salah satu Decepticons yang menjadi ksatria di Bumi dalam melawan para Autobots dengan dibantu Rumble, Buzzsaw, Starscream, Skywarp, dan Thundercracker.

Musuh utama Frenzy di komik Marvel adalah Brawn.

Transformers: Generation 2[sunting | sunting sumber]

Frenzy juga tampil dalam komik G2. Setelah melawan Jhiaxus, tim kombinasi Autobot/Decepticon kemudian diserang oleh The Swarm. Frenzy kemudian memperlambat gerakan Wheeljack melalu gelombang supersoniknya. Ia juga berhasil menghambat The Swarm, namun dikarenakan gelombang supersoniknya terlalu besar dan melebihi ukuran tubuhnya, akhirnya ia terlempar ke udara.

"Oh. Oh, man! I'm gone! Solid gone..." – Kalimat terakhir dari Frenzy.

Transformers: Cybertron[sunting | sunting sumber]

Tim Terrorcons disebut Scrapmetal oleh Hasbro dan kemudian disebut Ramble oleh Takara, yang merupakan nama Jepang untuk Rumble. Fans kemudian mendeskripsikan Scrapmetal merah sebagai Rumble dan yang biru sebagai Frenzy.

Transformers 2007 film[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Frenzy tampil dalam film Transformers karya sutradara Michael Bay. Ia menjadi mata-mata yang biasanya dilakukan oleh Soundwave.

Dalam film ini, Frenzy digambarkan berbentuk kecil, dan juga kurus. Dengan tinggi 1,2 meter, ia digambarkan sebagai Transformers kelas ringan, dan karena itu juga ia mudah menyelinap ke Air Force One dengan model sebagai boombox dengan dua speaker dan lampu diode biru. Setelah ia digergaji oleh Mikaela Banes, kepalanya kemudian meng-scan telepon genggam.

Frenzy merupakan karakter Transformers yang paling banyak ulahnya. Terkadang ia lucu dengan gaya bicaranya yang cepat dan kurang bisa dimengerti. Namun ia juga bisa bicara beberapa kata dalam bahasa Inggris (contohnya: "Megatron melting!", "Witwicky", "Megatron! Megatron! Megatron!", dan "oh shit!"). Pengisi suara Frenzy adalah aktor Reno Wilson.

Plot film[sunting | sunting sumber]

Pertama kali Frenzy muncul adalah saat ia masuk ke Air Force One dengan menyamar sebagai boombox. Ia lantas menyerang system pertahanan militer AS dengan cara mendownload datanya untuk mengetahui dimana Megatron berada, namun pihak militer menggagalkan usaha Frenzy dan kemudian mengirim agen untuk menghentikan Frenzy. Sayangnya agen-agen tersebut tewas dibantai Frenzy. Frenzy kemudian berhasil keluar dari pesawat dan lari ke arah Barricade. Bersama Barricade ia lantas menyerang Sam Witwicky dan pacarnya, Mikaela Banes, juga Bumblebee. Mikaela lantas memotong tubuh Frenzy hingga terbelah menjadi dua dan kemudian Sam kemudian menendang kepalanya yang masih hidup. Namun rupanya Frenzy masih bisa selamat dengan meng-scan telepon genggam milik Mikaela, dan kemudian sembunyi di dalam tas Mikaela.

Frenzy kemudian masuk ke Hoover Dam setelah Mikaela dan Sam pergi kesana. Frenzy lantas menggunakan Allspark untuk mengembalikan tubuhnya yang hilang. Ia lantas mengacaukan system, yang mengakibatkan Megatron hidup kembali. Frenzy kemudian juga memberitahu semua anggota Decepticons yang ada di Bumi (Brawl, Devastator, Blackout, dan Starscream). Frenzy juga menyerang beberapa orang di ruang komputer, namun nahas bagi ia saat akan menyerang orang-orang memakai shuriken, karena ternyata senjata itu malah membunuh dirinya sendiri, kata terakhir yang ia keluarkan adalah "Oh shit!" ("Oh sial aku…!").

Video game[sunting | sunting sumber]

Frenzy merupakan karakter non-playable dalam video game, namun namanya tersebut dalam beberapa misi. Di kamp Decepticon, kita harus menyelamatkan Frenzy dari Sector 7 jika kita bermain sebagai Barricade.

Mainan[sunting | sunting sumber]

Transforming toys[sunting | sunting sumber]

  • Movie Deluxe Class Barricade with Frenzy (2007)
  • Movie Deluxe Class First Encounter Barricade with Frenzy (vs. Bumblebee) (2007)
  • Movie Fast Action Battlers Disc Blast Decepticon Frenzy (2007)
  • Movie Deluxe Class Recon Barricade with Frenzy (2007)
  • Movie Deluxe Class Screen Battles: First Encounter Barricade with Frenzy (2008)
  • Target Exclusive All-Spark Power Barricade with Frenzy (2008)

Non-transforming toy[sunting | sunting sumber]

  • Movie Robot Replicas Decepticon Frenzy (2007)

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • Soundwave – Pemilik robot-robot kaset Decepticons
  • Rumble – Saudara kembar Frenzy

Pranala luar[sunting | sunting sumber]