Keluarga Witwicky

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Keluarga Witwicky merupakan sebuah keluarga fiksi yang merupakan teman manusia utama Autobots dalam serial Transformers. Mereka tampil dalam Transformers G1, dan juga dalam Transformers Film. Selain itu mereka juga sesekali ditampilkan dalam beragam varian franchise Transformers seperti The Headmasters dan Animated. Berikut adalah profil singkat mereka.

Transformers kartun[sunting | sunting sumber]

Spike[sunting | sunting sumber]

Transformers original[sunting | sunting sumber]

Spike Witwicky merupakan salah satu teman manusia utama Autobots dalam Transformers G1. Ia diceritakan berusia 14 tahun (tahun 1984) saat bekerja membantu ayahnya di sebuah kilang minyak, yang mana kilang minyak tersebut kemudian diserang oleh Decepticons, dan kemudian Spike bersama ayahnya diselamatkan oleh Autobots.

Ia kemudian berteman baik dengan Bumblebee. Selanjutnya, Spike nyaris tewas saat diserang oleh Decepticons. Dan untuk menyelamatkan nyawanya, ayahnya, Sparkplug, kemudian meng-transfer otaknya kedalam sebuah robot yang ia namakan Autobot X, yang ia ciptakan dari sisa-sisa suku cadang Autobots. Namun Spike yang labil, malah menganggap hal itu sebagai pe-monsteran dari dirinya. Dengan pengaruh Megatron, ia nyaris menembak ayahnya, sebelum akhirnya dirinya sadar dan berbalik menembak Decepticons dengan Megatron dalam mode pistol.

Pada 1985, ia bertemu dengan seorang gadis bernama Carly, dan selanjutnya ia bersama Carly terlibat beberapa aksi berbahaya, seperti saat pergi ke Cybertron untuk mengambil Cybertronium. Selanjutnya, Spike dan Carly menikah pada awal 1990-an, dan pada 1993 mereka memiliki putra bernama Daniel.

Pada 2005, Spike diangkat menjadi duta besar Autobots untuk Bumi. Pada 2007, Spike menemukan suatu penemuan besar saat menggabungkan kekuatan Autobots dengan alien di planet Nebulons, untuk selanjutnya menjadi headmasters. Ia juga berjasa menyelamatkan Bumi dan Cybertron dan memanfaatkan Plasma Energy Chamber menjadi sebuah kekuatan baru yang membantu Cybertron menggapai kembali masa keemasannya.

Pengisi suara Spike adalah Corey Burton.

Transformers: The Headmasters[sunting | sunting sumber]

Berbeda dengan yang di versi AS, di Jepang Spike bukan merupakan seorang headmasters, dan juga bukan merupakan bagian dari Fortress Maximus. Di versi ini ia tampil tetap sebagai duta besar Autobots untuk Bumi, dan tugasnya adalah menjaga hubungan baik antara Bumi dan Cybertron.

Sparkplug[sunting | sunting sumber]

Sparkplug Witwicky merupakan ayah dari Spike. Keduanya merupakan teman baik Autobots. Sparkplug sering membantu Autobots dengan kompetensinya sebagai ahli mesin dan komputer.

Transformers original[sunting | sunting sumber]

Sparkplug pertama kali muncul dalam episode dua Transformers season satu. Saat itu ia bekerja di sebuah kilang minyak lepas pantai bersama putranya, Spike. Lantas kilang minyak tersebut diserang oleh Megatron bersama Decepticons, hingga akhirnya Sparkplug dan Spike terjebak dalam air laut sebelum akhirnya diselamatkan oleh Autobots.

Setelah penyelamatan tersebut, dan kilang minyak tempat ia dan putranya hancur, Sparkplug memutuskan untuk bergabung dengan tim Autobots. Dalam episode ketiga ia sempat berkata: “Rasaya lebih enak menjadi seorang mata-mata untuk Autobots ketimbang bekerja penuh bahaya di sebuah kilang minyak.”

Sparkplug yang juga ahli di bidang komputer dan alat-alat elektronik juga banyak berjasa kepada Autobots. Salah satunya adalah ia berhasil memperbaiki Teletraan I yang dihancurkan oleh Optimus Prime yang mengalami gangguan akibat ulah Megatron. Selain itu Sparkplug juga berjasa dalam menyelamatkan beberapa anggota Autobots yang mengalami masalah, seperti kasus Optimus yang kemudian diselamatkan dengan membuat sebuah alat penetralisir, lalu menemukan busa anti elektrik untuk mencegah makhluk kecil Kremzeek yang diciptakan oleh Megatron.

Namun dalam serial season ketiga, Sparkplug tidak tampil. Ada rumor yang mengatakan bahwa ia telah meninggal dunia karena sakit sebelum perang besar Autobots dan Decepticons. Ada pula yang mengatakan bahwa ia meninggal karena diserang oleh Decepticons. Namun pihak Hasbro bersama Sunbow tidak mau menjelaskan apa sebenarnya yang terjadi dengan Sparkplug.

Sparkplug, walaupun tidak diceritakan kelanjutannya dalam Transformers, kemudian mempunyai seorang cucu bernama Daniel Witwicky, yang merupakan anak dari pasangan Spike dan Carly.

Pengisi suara Sparkplug Witwicky adalah Chris Latta.

Transformers: Armada[sunting | sunting sumber]

Sebuah karakter yang bernama Sparkplug juga ada dalam Transformers: Armada, namun kali ini ia bukan manusia dan ia merupakan robot kecil yang merupakan bagian dari Optimus Prime. Terkadang, ia juga sering disebut sebagai nama alias dari Bumblebee.

Transformers: Animated[sunting | sunting sumber]

Di versi ini, Sparkplug merujuk pada binatang peliharaan milik Sari Sumdac yang berbentuk robot anjing. Tetapi di episode "Nature Calls", Sparkplug asli yang berwujud manusia (ada yang menyebutkan bahwa itu merupakan robot berbentuk manusia) diserang oleh Megatron yang sedang mencari tubuh baru.

Carly[sunting | sunting sumber]

Carly (nama belakangnya tidak disebutkan) bertemu Spike pada usia 16 tahun disebuah tempat rental video game. Awal mulanya, Carly hanya tertarik pada Bumblebee dan Autobots, namun Spike lama-lama jatuh hati kepadanya, dan Carly pun demikian.

Ia lantas menjadi pahlawan bersama Spike saat mengambil Cybertronium di Cybertron. Walaupun sempat ditangkap oleh Shockwave, Carly bersama Spike dan Swoop bisa bebas dan menyelamatkan semua anggota Dinobots.

Selanjutnya, beragam petualangan ia alami, hingga akhirnya ia menikah dengan Spike pada awal 1990-an, dan kemudian di 1993 Carly melahirkan putra pertamanya, Daniel. Selain itu, ia bersama Spike dan Daniel diangkat menjadi Duta Besar Autobots untuk Bumi.

Pengisi suara Carly adalah Arlene Banas.

Daniel[sunting | sunting sumber]

Daniel Witwicky adalah putra dari pasangan Spike Witwicky dan Carly. Ia merupakan salah satu teman manusia dari Autobots.

Transformers original[sunting | sunting sumber]

Daniel lahir tahun 1993, 12 tahun sebelum Autobots dan Decepticons terlibat perang besar ketiga yang akhirnya menjadi kekalahan di pihak Decepticons.

Setelah perang besar usai, Daniel bersama ayahnya Spike dan Carly kemudian diangkat menjadi duta besar Bumi untuk Autobots di Cybertron. Masalah sempat muncul saat Daniel mengalami mimpi buruk bertemu dengan Galvatron raksasa, dan kemudian Quintessons menculik Daniel untuk dijadikan kelinci percobaan dalam sebuah mesin mimpi. Dalam mimpi tersebut, muncul juga Rodimus Prime, Ultra Magnus, dan pihak Predacons yang dipimpin oleh Razorclaw. Namun berkat perjuangan keras, Daniel akhirnya bisa mengalahkan komputer mimpi yang diciptakan oleh Quintessons.

Daniel pernah juga terjebak di dimensi lain, saat ia bersama Grimlock yang merasa bosan dengan seremonial resmi bermain kesebuah lorong di Cybertron. Lantas ia lagi-lagi ditipu oleh salah satu Quintessons. Namun akhirnya sang ibu, Carly bersama Blaster berhasil menyelamatkan Daniel sekaligus pula mengusir Quintessons yang mengaku bernama Penyihir Merah.

Dalam episode terakhir Transformers versi AS, Daniel diceritakan mengalami kecelakaan bersama seluruh tim Autobots saat mereka dikejar Decepticons di planet Nebulans. Akhirnya Spike memutuskan untuk menyembuhkan Daniel dengan cara menggabungkannya sebagai salah satu bagian dari Arcee. Dalam tubuh Arcee, Daniel berperan sebagai komandan sekaligus pengendali Arcee yang kemudian dikenal dengan nama Headmasters.

Pengisi suara Daniel adalah David Mendenhall.

Transformers: The Headmasters[sunting | sunting sumber]

Dengan cerita yang berbeda dengan yang diversi AS, Daniel tidak pernah (atau bukan) menjadi seorang Headmaster. Di versi ini, ia menjadi tokoh utama bersama Blurr. Ia juga tampil nyaris dalam setiap episode, menggantikan peran ayahnya di Transformers versi AS.

Pengisi suara Daniel dalam Transformers: The Headmasters adalah Tomiko Suzuki.

Transformers film[sunting | sunting sumber]

Sam (Samuel James Witwicky)[sunting | sunting sumber]

Dalam film Transformers 2007, karakter bernama Sam (alias Spike[1] jika dipanggil oleh teman-teman sekolahnya) diperankan oleh Shia LaBeouf. Ia diceritakan membeli mobil pertamanya, sebuah Chevrolet Camaro 1970-an yang tanpa sepengetahuannya adalah Bumblebee.

Ia sempat akan dibunuh oleh Frenzy dan Barricade sebelum akhirnya ditolong oleh Bumblebee. Dalam usahanya mempertahankan AllSpark, ia nyaris tewas oleh Megatron, sebelum akhirnya diselamatkan Optimus Prime. Dan kemudian dengan menggunakan Allspark, ia berhasil membunuh Megatron dan sekaligus pula menyelamatkan dunia.

Kabarnya, LaBeouf dikontrak untuk tiga seri Transformers, dan ia akan kembali di Revenge of the Fallen pada tahun 2009.

Mikaela Banes[sunting | sunting sumber]

Diperankan oleh Megan Fox, merupakan pacar dari Sam, dan juga sedikit ahli di bidang mekanik berkat pelajaran sederhana tentang mekanik dari ayahnya, yang ternyata adalah seorang pencuri mobil.

Awalnya, Mikaela adalah pacar dari Trent, namun ia memutuskannya karena sesuatu hal, dan kemudian Sam menawarkan diri untuk mengantarkannya pulang. Mikaela kemudian mencoba memperbaiki Chevy Camaro (yang aslinya Bumblebee) milik Sam. Namun ia sedikit heran dengan kondisi mesin mobil tersebut yang berbeda dari biasanya. Ketika Mikaela mengkritik Bumblebee yang berwujud jelek, Sam sempat marah kepadanya. Meskipun begitu, Mikaela puas, karena Bumblebee meng-scan sebuah Chevy Camaro 2009, dan menjadikannya mobil baru. Dan dengan bantuannya juga, Bumblebee bias mengalahkan Devastator dalam pertarungan akhir memperebutkan Allspark.

Ron[sunting | sunting sumber]

Diperankan oleh Kevin Dunn, mengantarkan Sam untuk membeli mobil. Ia lantas mencari mobil yang harganya hanya 4000 dollar saja. Ketika sang pemilik dealer mobil bekas menolak untuk menjual Chevy Camaro 1976 seharga 4000 dollar, mobil tersebut malah menghancurkan semua mobil yang ada di dealer tersebut. Akhirnya Ron berhasil mendapatkan mobil untuk anaknya, yang tanpa ia sadari, mobil tersebut adalah Bumblebee.

Judy[sunting | sunting sumber]

Ibu Sam, diperankan oleh Julie White. Ia mengetahui tentang Autobots yang menjadi teman Sam saat film berakhir[2], namun ia menolak untuk menjelaskannya kepada media massa.

Archibald Witwicky[sunting | sunting sumber]

Kakek Sam, dan merupakan orang yang menemukan Megatron di daratan kutub utara pada 1897. Secara tidak sengaja ia mengaktifkan system navigasi Megatron, dan menyebabkan Archibald tewas. Namun koordinat Allspark tergambar dengan jelas pada kacamatanya. Dan mengundang Decepticons dan Autobots untuk datang ke Bumi memperebutkan Allspark.

Pemeran Kapten Archibald Witwicky adalah W. Morgan Sheppard.

Referensi[sunting | sunting sumber]