Michael Bay

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Michael Bay
LahirMichael Benjamin Bay
17 Februari 1965 (umur 59)
Amerika Serikat Los Angeles, California,
Kebangsaan Amerika Serikat
PendidikanArt Center College of Design
AlmamaterUniversitas Wesleyan
PekerjaanSutradara, produser film, operator kamera, aktor
Tahun aktif1986–sekarang
Karya terkenalArmageddon, Pearl Harbor, Serial film Transformers
Situs webwww.michaelbay.com

Michael Benjamin Bay ( lahir 17 Februari 1965 ) adalah seorang sutradara dan produser film Amerika. Ia terkenal karena membuat film aksi beranggaran besar dan berkonsep tinggi yang ditandai dengan pemotongan cepat, sinematografi dan visual bergaya, dan penggunaan efek khusus secara ekstensif, termasuk penggambaran ledakan yang sering terjadi. Film-film yang ia produksi dan sutradarai, termasuk Armageddon ( 1998 ), Pearl Harbor ( 2001 ) dan serial film Transformers ( 2007–sekarang ), telah meraup lebih dari US$7,8 miliar di seluruh dunia, menjadikannya salah satu sutradara paling sukses secara komersial dalam sejarah.

Dia adalah salah satu pendiri rumah produksi komersial The Institute, alias Institut Pengembangan Kesadaran Perseptual yang Ditingkatkan. Dia salah satu pemilik Platinum Dunes, rumah produksi yang membuat ulang film horor, termasuk The Texas Chainsaw Massacre ( 2003 ), The Amityville Horror ( 2005 ), The Hitcher ( 2007 ), Friday the 13th ( 2009 ) dan A Nightmare on Elm Street ( 2010 ).

Karya Bay umumnya diremehkan oleh para kritikus film. Meskipun The Rock ( 1996 ), Transformers ( 2007 ), 13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi ( 2016 ), dan Ambulance ( 2022 ) menerima ulasan yang cukup positif, sebagian besar filmnya yang lain, khususnya 4 sekuel Transformers, mendapat ulasan negatif dari kritikus.

Kehidupan Awal dan Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Bay lahir di Los Angeles. Ia dibesarkan oleh orang tua angkatnya Harriet, seorang pemilik toko buku dan psikiater anak, dan Jim, seorang Akuntan Publik Bersertifikat. Ia dibesarkan sebagai seorang Yahudi. Kakeknya berasal dari Rusia. Sepupunya, Susan Bay, adalah janda aktor Star Trek Leonard Nimoy ( yang akhirnya ia perankan sebagai pengisi suara Sentinel Prime di Transformers: Dark of the Moon ). Dia bersekolah di Crossroads School eksklusif di Santa Monica, California.

Bay sering menelusuri ketertarikannya pada film aksi sejak sebuah kejadian di masa kecilnya. Sebagai seorang anak laki-laki, dia memasang beberapa petasan ke kereta mainan dan memfilmkan bencana kebakaran yang terjadi kemudian dengan kamera 8 milimeter milik ibunya. Pemadam kebakaran dipanggil dan dia dilarang terbang.

Bay memulai kariernya di industri film dengan magang bersama George Lucas ketika dia berusia 15 tahun, mengisi papan cerita untuk Raiders of the Lost Ark, yang menurutnya akan sangat buruk. Pendapatnya berubah setelah melihatnya di teater dan dia sangat terkesan dengan pengalaman tersebut sehingga dia memutuskan untuk menjadi sutradara film. Ia lulus dari Universitas Wesleyan di tahun 1986, mengambil jurusan bahasa Inggris dan film. Ia adalah anggota persaudaraan Psi Upsilon dan murid favorit sejarawan film Jeanine Basinger. Untuk studi pasca sarjananya, ia kuliah di Art Center College of Design di Pasadena dimana ia juga belajar film.

Karir[sunting | sunting sumber]

1992–2005 : Terobosan dan Ketenaran

Bay mulai bekerja di Propaganda Films, mengarahkan iklan dan video musik, dua minggu setelah menyelesaikan gelar pasca sarjananya. Iklan Coca-Cola berdurasi 90 detik yang terinspirasi dari Perang Dunia II diambil oleh Capitol Records. Iklan nasional pertamanya adalah untuk Palang Merah, yang memenangkan Penghargaan Clio di tahun 1992. Dia menyutradarai iklan "Aaron Burr" Goodby, Silverstein & Partners sebagai bagian dari "Got Milk?" kampanye iklan untuk Dewan Pengolah Susu California di tahun 1993, yang juga memenangkan Penghargaan Grand Prix Clio untuk Komersial Tahun Ini.

Kejayaan Bay dalam video musik menarik perhatian produser Jerry Bruckheimer dan Don Simpson, yang memilihnya untuk menyutradarai film panjang pertamanya, Bad Boys. Syutingnya dilakukan di Miami di tahun 1994 dan dibintangi oleh Will Smith dan Martin Lawrence. Film aksi adalah peran terobosan bagi Smith, yang sedang melakukan transisi dari televisi saat itu. Syuting di Miami merupakan pengalaman yang indah bagi Bay, yang kemudian memiliki rumah di kota dan menghabiskan banyak waktu disana. Film ini diselesaikan dengan biaya $19 juta dan meraup $141 juta yang luar biasa di musim panas 1995. Kejayaan Bay menghasilkan kemitraan dan persahabatan yang kuat dengan Jerry Bruckheimer.

Film lanjutannya, The Rock ( 1996 ), sebuah film aksi yang berlatar Pulau Alcatraz dan di kawasan Teluk San Francisco, dibintangi oleh Sean Connery, Nicolas Cage dan Ed Harris. Itu diproduksi oleh Jerry Bruckheimer dan Don Simpson, yang terakhir meninggal 5 bulan sebelum dirilis. Film ini didedikasikan untuknya. Connery dan Cage memenangkan 'Duo Layar Terbaik' di MTV Movie Awards di tahun 1997, dan film tersebut dinominasikan untuk Academy Award dalam kategori Pencapaian Terbaik dalam Suara untuk karya Greg P. Russell, Kevin O'Connell dan Keith A.Barat. Setelah kesuksesan The Rock, Bay mendirikan perusahaan produksinya Bay Films, dengan kesepakatan 2 gambar dengan Disney.

Di tahun 1998, Bay kembali berkolaborasi dengan Jerry Bruckheimer, kali ini sebagai salah satu produser, sekaligus menyutradarai film aksi-petualangan Armageddon. Film tersebut, tentang sekelompok pengebor minyak tangguh yang dikirim oleh NASA untuk membelokkan asteroid dari jalur tabrakan dengan Bumi, dibintangi oleh Bruce Willis, Billy Bob Thornton, Ben Affleck, dan Liv Tyler. Lagu ini dinominasikan untuk 4 Oscar di Academy Awards ke-71, termasuk Tata Suara Terbaik, Efek Visual Terbaik, Penyuntingan Suara Terbaik, dan Lagu Asli Terbaik. Film ini menghasilkan $9,6 juta di hari pembukaannya dan $36,5 juta di akhir pekan pertama. Anggarannya sebesar $140 juta adalah salah satu yang tertinggi di musim panas 1998. Film ini menghasilkan pendapatan kotor lebih dari $553 juta di seluruh dunia, film terlaris di tahun itu.

Di tahun 2001, Bay menyutradarai Pearl Harbor, dibintangi oleh Ben Affleck, Josh Hartnett, Kate Beckinsale dan Cuba Gooding, Jr. Film ini dirilis di akhir pekan Memorial Day di tahun 2001, lagi-lagi diproduksi oleh Bay bersama Jerry Bruckheimer. Ia menerima 4 nominasi Academy Award, termasuk Suara Terbaik, Efek Visual Terbaik, Penyuntingan Suara Terbaik, dan Lagu Terbaik. Kevin O'Connell menerima nominasi lain untuk Suara Terbaik, tapi tidak menang. Pearl Harbor menang dalam kategori Penyuntingan Suara, menjadikan film Bay pertama ( dan, hingga saat ini, satu-satunya ) yang memenangkan Oscar. Bay juga menyutradarai video musik untuk lagu nominasi "There You'll Be" yang dibawakan oleh artis vokal Faith Hill.

Bay bergabung kembali dengan Will Smith dan Martin Lawrence untuk Bad Boys II, sekuel yang merupakan kolaborasi kelima Bay dengan Jerry Bruckheimer. Film ini meraup $138 juta didalam negeri, cukup untuk menutupi anggaran produksi, dan $273 juta di seluruh dunia, hampir 2 kali lipat dari film pertama. Di tahun 2005, Bay menyutradarai The Island, sebuah film fiksi ilmiah yang dibintangi oleh Ewan McGregor dan Scarlett Johansson. Itu adalah film Bay pertama yang dibuat tanpa Jerry Bruckheimer sebagai produser. Biaya produksinya $126 juta dan menghasilkan $36 juta di dalam negeri dan $127 juta di luar negeri, dengan total $163 juta. Bay mengatakan bahwa dia merasa tidak nyaman dengan kampanye pemasaran dalam negeri, karena hal tersebut membingungkan penonton tentang subjek sebenarnya dari film tersebut.

2007–2016

Di tahun 2007, ia bekerja sama dengan produser eksekutif Steven Spielberg untuk mengarahkan Transformers, sebuah film aksi langsung berdasarkan franchise Transformers. Dirilis di bulan Juli 2007, di bulan November tahun itu telah menghasilkan lebih dari $709 juta di seluruh dunia.

Bay kembali sebagai sutradara dan produser eksekutif untuk Transformers: Revenge of the Fallen, yang dirilis di tanggal 24 Juni 2009 dan meraup lebih dari $832 juta di seluruh dunia. Meskipun sebagian besar menerima ulasan negatif dari para kritikus, termasuk ulasan kritis yang agresif dari kritikus film Amerika seperti Roger Ebert, Michael Phillips dan David Denby (yang menyebut Bay sebagai "sangat menakjubkan, hampir kejam, tidak berbakat" ), film ini diterima dengan baik oleh penonton yang dituju dan salah satu film terlaris tahun 2009. Di tahun 2010, film tersebut meraih tujuh nominasi Golden Raspberry Award, dan memenangkan 3 nominasi : Film Terburuk, Sutradara Terburuk, dan Skenario Terburuk. Itu juga merupakan salah satu DVD dan Blu-ray Disc terlaris tahun 2009, kedua setelah Twilight dalam format DVD, dan #1 sepanjang masa dalam format Blu-ray hingga dikalahkan oleh penjualan Blu-ray James Cameron's Avatar di bulan April 2010.

Transformers: Dark of the Moon yang disutradarai Bay, dirilis di tanggal 29 Juni 2011, yang meraup $1,123 miliar secara global. Film berikutnya adalah film yang relatif kecil yang telah ia kembangkan selama bertahun-tahun, berjudul Pain & Gain. Kisah kriminal yang sebenarnya, berdasarkan peristiwa yang dijelaskan dalam artikel Miami New Times oleh Pete Collins, berkisah tentang sekelompok binaragawan kikuk yang bekerjasama untuk melakukan perampokan. Film ini dibintangi oleh Mark Wahlberg, Dwayne Johnson, Anthony Mackie, Tony Shalhoub dan Ed Harris.

Bay memproduseri I Am Number Four dari DreamWorks, berdasarkan serangkaian novel karya Pittacus Lore yang diterbitkan oleh HarperCollins Children's Books. D. J. Caruso ( Eagle Eye, Disturbia ) disutradarai.

Film Transformers keempat yang disutradarai oleh Bay, Transformers: Age of Extinction, dirilis di bulan Juni 2014. Dibintangi oleh Mark Wahlberg, film tersebut menghasilkan $1,1 miliar di box office global. Di tanggal 12 Januari 2016, Paramount Pictures merilis 13 Hours, yang diproduksi dan disutradarai oleh Bay, berdasarkan serangan Benghazi tahun 2012. Meskipun merupakan film dengan pendapatan kotor terendah dalam karier Bay di box office, film ini meraih penjualan DVD besar-besaran pada rilis digitalnya di bulan Mei 2016, menghasilkan lebih dari $40 juta pendapatan video rumahan.

2017–sekarang
Di tanggal 23 Mei 2017, Bay diberi penghargaan dengan upacara tangan dan kakinya sendiri di The TCL Chinese Theatre. Mastiff Inggrisnya, Rebel, menaruh kakinya di semen bersamanya.

Film Transformers kelima Bay sebagai sutradara, Transformers: The Last Knight, dirilis di tanggal 21 Juni 2017. Film ini meraup $68,5 juta dalam 5 hari pembukaan akhir pekan di Amerika Utara, pembukaan waralaba terendah, dan $605 juta di seluruh dunia. Dalam wawancara Rolling Stone tahun 2016, Bay mengatakan itu akan menjadi film Transformers terakhirnya sebagai sutradara.

Di tahun 2018, diumumkan bahwa Bay akan menyutradarai film thriller aksi Netflix 6 Underground, yang dibintangi oleh Ryan Reynolds, Mélanie Laurent, Manuel Garcia-Rulfo, Adria Arjona, Corey Hawkins, Ben Hardy, dan Dave Franco. Ini dirilis di tanggal 13 Desember 2019. Di bulan Agustus 2019, Bay menandatangani kontrak untuk mengarahkan film aksi Black Five untuk Sony Pictures. Namun, film tersebut, yang dijadwalkan mulai diproduksi di tahun 2020, ditunda karena pandemi COVID-19, dan Bay kemudian beralih untuk menyutradarai Ambulance.

Bay memproduksi film thriller bertema pandemi Songbird yang dibintangi Demi Moore, Craig Robinson, Paul Walter Hauser dan Peter Stormare. Dia akan mengarahkan film thriller distopia Little America, yang dijadwalkan syuting di California sekitar tahun 2020.

Di tahun 2021, dilaporkan bahwa Bay meminta kompensasi finansial dari studio film Paramount Pictures karena secara langsung membatasi pendapatannya akibat Paramount memotong penayangan A Quiet Place Part II yang hanya tayang di bioskop dari 90 menjadi 45 hari karena dampak COVID. -19 pandemi. Bay, dan produser lain serta aktor film tersebut, seperti yang biasanya terjadi, menerima pembayaran sebagian berdasarkan kinerja box-office, dan pengurangan eksklusivitas pertunjukan teater mempengaruhi bayaran yang mereka terima.

Film Bay berikutnya adalah Ambulance tahun 2022, yang dibintangi oleh Jake Gyllenhaal, Yahya Abdul-Mateen II, dan Eiza González. Ini mengikuti 2 perampok bank yang membajak ambulans dan menyandera 2 orang. Difilmkan selama pandemi COVID-19 di Los Angeles, film ini dirilis di Amerika Serikat di tanggal 8 April 2022 oleh Universal Pictures.

Di bulan Februari 2023, Bay dipekerjakan untuk mengarahkan dan menjadi produser eksekutif serial drama aksi yang belum diberi judul untuk A&E Studios dan Amazon Studios.

Perusahaan Produksi dan Efek[sunting | sunting sumber]

Platinum Dunes

Bay mendirikan rumah produksi Platinum Dunes dengan sesama produser Brad Fuller dan Andrew Form di tahun 2001.

Digital Domain

Bay and Wyndcrest Holdings, sebuah perusahaan investasi yang berbasis di Florida, mengakuisisi perusahaan efek digital Digital Domain dari James Cameron dan Stan Winston di tahun 2006, memberikan investasi $50 juta kepada bisnis yang sedang kesulitan tersebut. Digital Domain mempertimbangkan penawaran umum perdana di tahun 2009 tetapi menarik tawaran tersebut karena kurangnya minat. Itu dijual ke grup produksi Beijing Galloping Horse di tahun 2012.

The Institute
Setelah meninggalkan Propaganda Films, Bay dan produser Scott Gardenhour, yang juga sebelumnya di Propaganda, membentuk The Institute for the Development of Enhanced Perceptual Awareness (sekarang dikenal sebagai The Institute ), untuk memproduksi iklan dan proyek lainnya. Melalui The Institute, Bay telah mengarahkan dan memproduseri tempat untuk Victoria's Secret, Lexus, Budweiser, Reebok, Mercedes-Benz, dan Nike. Salah satu iklan Victoria's Secret-nya adalah untuk kampanye liburan "A Thousand Fantasies" tahun 2009.

451 Media Group

Bay mendirikan 451 Media Group bersama Doug Nunes ( yang menjabat sebagai CEO ), dan bersama John dan Anthony Gentile, yang sebelumnya memasarkan merek seperti Micronauts, Visionaries, Sky Dancers, dan Power Glove. Pada tahun 2015, perusahaan mengumumkan divisi penerbitan interaktif yang menawarkan konten "augmented reality" dari novel grafis cetak dengan video digital. Novel grafis menggunakan teknologi Touchcode dari T+ink (sebelumnya digunakan di Power Glove), di mana tinta yang digunakan dalam proses pencetakan membuka akses ke konten eksklusif yang disimpan di Jaringan Machinima, yang ditransfer ke layar sentuh pengguna- mengaktifkan perangkat seluler ketika buku cetak disentuh ke perangkat tersebut. Daftar novel grafis perdana perusahaan ini diluncurkan pada New York Comic Con bulan Oktober 2015. Pencipta yang terlibat termasuk Scott Rosenberg, Skip Woods, George Pelecanos, Mark Mallouk, Clay McLeod Chapman dan Peter dan Paul Williams.

Sutradara[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Musik video[sunting | sunting sumber]

Produser[sunting | sunting sumber]

Kerjasama dengan pemeran film[sunting | sunting sumber]

Aktor Bad Boys
(1995)
The Rock
(1996)
Armageddon
(1998)
Pearl Harbor
(2001)
Bad Boys II
(2003)
The Island
(2005)
Transformers
(2007)
Transformers:
Revenge of the Fallen

(2009)
Transformers:
Dark of the Moon

(2011)
Pain & Gain
(2013)
Transformers:
Age of Extinction

(2014)
Ben Affleck Yes Yes
Steve Buscemi Yes Yes
Peter Cullen Yes Yes Yes Yes
Josh Duhamel Yes Yes Yes
Michael Clarke Duncan Yes Yes
Kevin Dunn Yes Yes Yes
Megan Fox Yes Yes Yes
Tyrese Gibson Yes Yes Yes
Ed Harris Yes Yes
Ken Jeong Yes Yes
Shia LaBeouf Yes Yes Yes
Martin Lawrence Yes Yes
Glenn Morshower Yes Yes Yes Yes Yes
Joe Pantoliano Yes Yes
Michael Shannon Yes Yes
Will Smith Yes Yes
Peter Stormare Yes Yes Yes
Tony Todd Yes Yes
John Turturro Yes Yes Yes
Jon Voight Yes Yes
Mark Wahlberg Yes Yes
Hugo Weaving Yes Yes Yes
Julie White Yes Yes Yes

Pranala luar[sunting | sunting sumber]