Cliffjumper

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Cliffjumper (Carrera di Meksiko, Cliff di Jepang, Matamore di Kanada, Grillo di Italia) adalah nama salah satu karakter robot dari serial The Transformers. Ia merupakan salah satu robot Autobots yang meskipun ukurannya kecil, namun keberaniannya dalam menghadapi musuh sangatlah besar. Namun tetap ada beberapa hal yang tidak bisa ia handle secara baik. Moto dari Cliffjumper adalah “Le me at ‘em!” Pengisi suara dari Cliffjumper adalah Casey Kasem untuk versi Inggris, dan Takuro Kitagawa untuk versi Jepang.

Profil[sunting | sunting sumber]

Transformers cartoon series[sunting | sunting sumber]

Merujuk pada catatan spek orsinil Transformers oleh Bob Budiansky pada tahun 2006, nama asli dari Cliffjumper adalah Blow-Out, di mana nama tersebut di pakai dalam G2 Autobots.

Cliffjumper adalah salah saru bagian dari kru Autobots yang asli yang berada di pesawat The Ark. Ketika Autobots dan Decepticons dibangkitkan kembali oleh Teletraan I, Cliffjumper kemudian mendapat mode alternative mobil Bumi. Tugas pertamanya dari Optimus Prime adalah pada saat ia dan Hound berpatroli untuk mencari Decepticons. Meskipun sudah disuruh oleh Optimus untuk tidak menyerang Decepticons, Cliffjumper malah berbuat ceroboh dengan mencoba menembak Megatron. Akibat kejadian tersebut, ia dan Hound kemudian diserang oleh Laserbeak. Meskipun akhirnya mereka bisa lolos, Cliffjumper akhirnya meminta maaf kepada Hound atas ulahnya tadi.

Dalam episode Traitor, ia sempat percaya bahwa Mirage telah bekerja secara sukarela kepada Decepticons, setelah secara mengejutkan Mirage tidak melaporkan adanya aktivitas Decepticons yang sedang membangun pusat energi, sementara Cliffjumper menemukan aktivitas Decepticons di tempat Mirage melakukan patroli. Sebenarnya Mirage bermaksud untuk mengadudomba antara Decepticons dan Insecticons. Namun yang terjadi adalah malah kesalahpahaman antara Mirage dan Cliffjumper.

Mirage yang kemudian terserang oleh celebroshells milik Bombshell kemudian menyerang Optimus Prime, sebelum akhirnya ia dilumpuhkan oleh Ratchet. Setelah Mirage sembuh, barulah Cliffjumper meminta maaf kepada Mirage.

Transformers the Movie[sunting | sunting sumber]

Dalam film The Transformers: The Movie, Cliffjumper bertugas di Bulan bersama Jazz, dimana mereka berdua akhirnya gagal lolos dari serangan Unicron. Namun Cliffjumper berhasil lolos setelah diselamatkan Daniel Witwicky. Bersama Jazz, Bumblebee dan Spike Witwicky yang juga tertangkap Unicron mereka bersama-sama melarikan diri dibawah pimpinan Rodimus Prime

Transformers 2007 film[sunting | sunting sumber]

Dalam Transformers film 2007, Cliffjumper hanya tampil sebagai salah satu ikon promosi, dimana ia tampil sebagai bentuk mainan. Ia sama sekali tidak muncul dalam film karya Michael Bay tersebut. Pada beberapa foto hasil syuting film sekuelnya yang didapatkan oleh para fans, sebuah mobil mini berwarna merah tampak sedang melaju di jalan raya. Kalau dibandingkan dengan bentuknya di G1, maka hampir semua orang menduga kuat bahwa mobil mini itu adalah Cliffjumper.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]