Bulkhead

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bulkhead
Bulkheadanimatedautobots.jpg
Bulkhead versi Transformers: Animated
Autobot
Nama Jepang Sprung (Energon)
Sub-grup Mega Vehicles
Activators
Voyagers
Leaders
Fungsi One Robot Wrecking Crew (Voyagers)
Super Tough Strong Bot (Leaders)
Rekan Bumblebee (Animated)
Semboyan "If I don't blast you out of the sky, I'll knock you into the ground." (Hasbro)
"No young gun's gonna outshoot me!!" (Takara)
"I kind a broke this thing. And those things. And that pile of stuff over there. Sorry." (Voyagers)
"Oops. My Bad." (Leaders)
Model alternatif Cybertronian Helikopter
Cybertronian Bulldozer
SWAT Assault Truck
Seri Transformers: Energon
Transformers: Animated

Bulkhead (Sprung dalam versi Transformers: Energon di versi Jepang) adalah nama untuk salah satu karakter robot fiksi dalam serial Transformers: Energon dan Transformers: Animated.

Transformers: Energon[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Bulkhead (alias Sprung) adalah nama salah satu robot Autobot yang bisa berubah menjadi sebuah helikopter, dimana helikopter tersebut mirip dengan Springer dari G1.

Merujuk pada Quickstrike bio, Springer dan Bulkhead adalah saudara sepupu.

Sementara jika merujuk pada Aaron Archer, wajah Bulkhead diinspirasikan pada Paul Teutul Sr. dari American Chopper.

Pengisi suara Bulkhead dalam Transformers: Energon adalah French Tickner.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Bulkhead pertama tampil dalam episode 30 dalam serial animasi Transformers: Energon, "Jungle Planet".

Bulkhead memimpin tim yang beranggotakan Cliffjumper dan Downshift. Ia dapat menampilkan aksi brutal dengan menggabungkan beberapa bagiannya dalam mode helikopter. Namun aksi ini hanya ditampilkan dalam beberapa episode saja.

Penampilan terakhirnya adalah dalam episode 51, "The Sun".

Komik Dreamwave[sunting | sunting sumber]

Bulkhead pertama kali tampil dalam edisi ke-27 Transformers: Energon komik yang diterbitkan oleh Dreamwave Productions.

Ia merupakan bagian dari tim Autobots dibawah pimpinan Jetfire yang datang ke Bumi untuk menghalau serangan Terrorcon. Bulkhead juga menjadi anggota tim Jetfire yang datang ke Los Angeles untuk melawan serangan Insecticon bersama Perceptor, Cliffjumper, Landquake, dan Tow-Line. Mereka lantas terjebak dalam bahaya sampai akhirnya diselamatkan oleh Megatron, yang mendapatkan tubuh baru dari Optimus Prime. Megatron kemudian berhasil menghentikan usaha kloning Insecticon yang akan memperbanyak tubuh mereka.

Transformers: Animated[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Bulkhead adalah salah satu karakter utama dalam serial TV Transformers: Animated yang disiarkan di Cartoon Network. Ia adalah satu-satunya Autobot di antara lima yang lain, yang namanya (atau karakternya) bukan berasal dari Transformers: G1.

Rupa asli Bulkhead adalah sebuah bulldozer Cybertronian. Setelah ia datang ke Bumi, ia mengubah tampilannya menjadi sebuah truk SWAT warna hijau. Dan ia merupakan salah satu Autobot yang terkuat dalam serial ini, tetapi ia tidak terlalu cerdas. Ia hanya suka pada pekerjaan yang ia bisa rasakan manfaatnya. Bulkhead memiliki mata teleskopik dan ruangan penyimpanan di bagian perutnya.

Merujuk pada tim creator, karakter Bulkhead di versi ini diinspirasikan pada The Thing dari Marvel Comics. Pengisi suara Bulkhead dalam Transformers: Animated adalah Bill Fagerbakke

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Flashback ke episode Autobot Camp, yang menerangkan bahwa Bulkhead aslinya adalah seorang penambang energon di Cybertron, yang kemudian bergabung dengan pusat pelatihan Autobot untuk mewujudkan impiannya menjadi ahli Jembatan Luar Angkasa. Namanya diberikan oleh Sentinel Minor, yang menyebutnya sebagai tanduk tanpa otak dan pikiran. Di Camp Autobots, ia bertemu dan berteman baik dengan Bumblebee. Dalam pelatihan tentang Jembatan Luar Angkasa, Bulkhead mendapat skor tertinggi dibanding Autobots lainnya.

Dalam episode "Along Came a Spider", Bulkhead diserang oleh Decepticon Blackarachnia, yang kemudian menduplikasi kekuatannya untuk jangka waktu pendek.

Dalam episode "Sound & Fury", mainan baru Sari Sumdac, Soundwave, mempunyai kekuatan jahat, dan mampu untuk mengontrol mesin lain yang berada di sekitarnya. Tetapi Bulkhead adalah satu-satunya Autobot yang mengetahui hal itu. Dibawah kendali Megatron, Soundwave memperbesar kekuatannya dan kemudian menangkap Sari, tetapi sebelum usahnya berhasil, Soundwave berhasil dikalahkan oleh Bulkhead, dan ia kemudian kabur dengan menyamar sebagai MP3 player mini.

Dalam episode "Survival of the Fittest", Sari ditangkap oleh Dinobots. Jadinya Prowl dan Bulkhead masuk ke sebuah pulau misterius untuk menyelidikinya, dengan sedikit sentuhan dari Captain Fanzone. Sang creator kemudian menyebut even tersebut sebagai Meltdown, dimana Bulkhead akhirnya terluka.

dalam "Megatron Rising Pt.1", Bulkhead secara tidak sengaja mengatakan sesuatu tentang pertolongan Dinobots. Ia juga menganggap Prowl menerangkannya pada Optimus Prime. Ia bersama Optimus dan Prowl kemudian pergi ke Dinobot Island untuk menanyakan tentang hal tersebut. Bulkhead tidak punya pilihan lain selain menerangkan hal tersebut kepada Optimus Prime.

Dalam "Rise of the Constructicons", Bulkhead bertemu dua teman lamanya Scrapper dan Mixmaster, dari Constructicons yang kembali hidup dari kekuatan Allspark. Tetapi dari pihak Decepticons berniat untuk memberinya sebuah projek bary, dan selanjutnya Constructicons bersama Decepticons meminum minyak bumi di sebuah pantai. Mereka kemudian menyerang Autobot base di Lake Erie, berencana untuk mencuri Allspark. Bulkhead dengan strategi jitu, memberi pasangan Constructicons tersebut minuman minyak dengan tambahan bahan lain, sehingga membuat keduanya kehilangan memori ingatannya.

Dalam "A Bridge Too Close", Bulkhead ditangkap oleh Megatron, dan kemudian disuruh olehnya untuk membantu Decepticons membangun Jembatan Luar Angkasa. Ternyata ia juga mendapati, bahwa salah satu temannya yang bernama Longarm Prime, adalah seorang agent Autobots yang juga bekerja untuk Decepticons dengan nama Shockwave.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]