Blurr

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Blurr adalah nama untuk salah satu karakter robot fiksi dari serial Transformers.

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Blurr adalah Autobot tercepat di darat. Ia juga merupakan ahli bicara Autobots meskipun pembicaraannya sulit dimengerti karena sangat cepat. Ia merupakan seorang ksatria yang loyal dan mempunyai banyak teman. Ketika ia berubah menjadi Targetmaster, ia berpasangan dengan Haywire, seorang Nebulan muda yang impulsif dan pintar.

Pengisi suara Blurr adalah John Moschitta Jr. dalam versi bahasa Inggris dan Ken Yamaguchi dalam bahasa Jepang.

Serial animasi original[sunting | sunting sumber]

Blurr pertama tampil dalam The Transformers: The Movie. Ia kemudian melanjutkan perannya dalam season ketiga, sebagai asisten Rodimus Prime. Sedikit catatan untuk Blurr, selain gaya bicaranya yang cepat, ia juga merupakan pengganti dari Bluestreak, yang juga mempunyai gaya yang sama dengan Blurr.

Blurr memiliki mitra terdekat, yaitu Wheelie dan Wreck-Gar, yang juga sama-sama memiliki gaya bicara yang khas. Di episode "Five Faces of Darkness" ia bersama Wheelie mengantarkan Transformation Cog ke Metroplex, dimana di tengah jalan muncul tim Predacons dan juga Sky Lynx, dan dari pihak manusia muncul Marissa Fairbourne.

Dalam "Forever is a Long Time Coming", ia bersama Blaster dan Wreck-Gar membantu Alpha Trion muda untuk melemparkan Quintessons yang berencana menjebak sekaligus menghancurkan galaksi. Selain itu, Blurr juga menjadi pemain kunci dalam "Quintesson Journal".

Lainnya, Blurr tampil dalam "Face of the Nijika", dimana ia cedera dan untuk pertama kalinya ia bisa bicara dalam gaya bahasa normal. Blurr juga menjadi satu-satunya Autobots (selain Optimus Prime) yang tidak terkena infeksi Hate Plague dalam "The Return of Optimus Prime".

Di season keempat (The Rebirth), Blurr menjadi Targetmaster bersama partnernya Haywire.

Transformers: The Headmasters[sunting | sunting sumber]

Dalam versi ini, yang tidak sama dengan The Rebirth di Transformers AS, Blurr tidak pernah menjadi Targetmaster. Ia bergabung bersama Rodimus Prime dan Kup untuk mencari rumah baru untuk para Transformers.

Mainan[sunting | sunting sumber]

  • G1 Blurr (1986): Mainan ini berbentuk sama persis dengan Blurr yang ada di The Transformers: The Movie, dengan speed rate 10.
  • G1 Targetmaster Blurr (1987): Ini merupakan Blurr dalam bentuk Targetmaster dengan rekannya, Haywire yang bisa berubah menjadi pistol.

Transformers: Armada[sunting | sunting sumber]

Blurr tampil dalam Transformers: Armada. Di Jepang, namanya adalah Silverbolt.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Kali ini, Blurr tampil sebagai veteran dalam beragam perang. Ia memiliki rekan Mini-Con yaitu Incinerator. Ia sendiri merupakan teman dari Scavenger, yang juga merupakan seorang mantan Decepticons yang membelot ke Autobots

Berbeda dengan yang ada di G1, Blurr tampil dengan gaya bicara yang tenang dan tidak terlalu cepat. Ia juga tidak terlihat memiliki mulut seperti yang ada di G1.

Mainan[sunting | sunting sumber]

  • Armada Blurr (2002): Mainan ini dirilis berserta dengan partner Mini-Con-nya yaitu Incinerator. Di 2003, mainan Blurr dirilis ulang. Kali ini kita dapat memilih bonusnya, apakah Buzzsaw, Drillbit atau Duelor yang akan kita bawa pulang sebagai bonus.

Transformers: Cybertron[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Merujuk pada biodatarnya, ia jelas sangat berbeda dengan Blurr yang ada di Transformers: Armada. Blurr di versi ini merupakan seorang juara balap yang pension dan kini tinggal di Velocitron untuk melatih para Transformers pemula tentang bagaimana caranya balapan.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Karena Blurr di versi ini diceritakan sebagai Autobot sipil, maka ia hanya tampil dalam bentuk mobil dan tidak pernah berubah menjadi robot. Ia juga hanya terlibat dalam beberapa adegan dan juga tampil sebagai cameo dalam beberapa episode saja.

Mainan[sunting | sunting sumber]

  • Galaxy Force Blurr vs. Buzzsaw (2004)
  • Cybertron Blurr (2005)

Transformers: Animated[sunting | sunting sumber]

Profil[sunting | sunting sumber]

Blurr tampil dalam Transformers: Animated. Ia berwujud nyaris sama seperti dalam Transformers G1. Menurut pencipta karakternya di Animated, Blurr merujuk kepada Cheetor dalam serial Transtech.

Sama seperti di versi-versi lain, Blurr adalah Autobot tercepat. Ia dapat pergi dengan berlari tanpa perlu berubah menjadi mobil, dan ia juga pandai melompati tembok dan gedung.

Pengisi suara Blurr sekali lagi adalah John Moschitta Jr., yang juga menjadi pengisi suara Blurr dalam Transformers original 1984.

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Blurr pertama tampil dalam season kedua, episode "Velocity", ketika ia mengikuti balapan liar bertajuk Master Disaster bersama Bumblebee. Ia lantas dikendalikan oleh Master Disaster’s Allspark powered remotr device. Dan ketika benda itu dihancurkan, ia berubah dan menolong Sari Sumdac bersama Bumblebee dari serangan Triple Changer Blitzwing.

Blurr juga tampil dalam dua episode berjudul "A Bridge Too Close", ketika ia berubah menjadi robot untuk pertama kalinya. Dalam pertarungan antara Autobot dan Decepticons ia menjadi salah satu prajurit Autobots dalam melawan Lugnut dan Blitzwing, juga para kloningan Starscream. Sayangnya, Blurr ikut terbawa arus Jembatan Luar Angkasa bersama Decepticon Skywarp dan Thundercracker, setelah mencoba menghindari semen special dari Constructicon Mixmaster. Di luar angkasa ketiganya (Blurr, Skywarp, dan Thundercracker) terbawa terbang jauh ke suatu tempat di galaksi ini. Dan akhirnya mendarat di sebuah planet yang tak tahu apa namanya. Mereka akhirnya bebas dari jebakan semen setelah thundercracker menembakinya dari dalam. Setelah terbebas Blurr langsung lari dengan cepat meninggalkan tempat itu dan Thundercraker mengejarnya. kejar-kejaranpun berlangsung antara mereka berdua, dan akhirnya dimenangkan oleh Blurr. Dia berlari entah kemana dan akhirnya bertemu dengan Longarm di planet Cybertron. Blurr memberitahukan ada sebuah traitor autobots yang sebenarnya bukan Wasp. Lalu Longarm menyerangnya. Dengan menghindar serangan tersebut, dia berlari masuk ke lorong yang sudah dipasang jebakan oleh Longarm. Blurr pun terjebak dalam jebakan tersebut dengan menutup semua pintu lorong. Setelah ia terjebak, Shockwave(Longarm) langsung menutup rongga-rongga yang berada di lorong yang mengakibatkan hancurnya tubuh Blurr dan berujung kematian.T-T :(

Mainan[sunting | sunting sumber]

  • Animated Deluxe Blurr (2008/not yet released)

Hal lain[sunting | sunting sumber]

Setelah dikenal cukup lama sebagai Autobot tercepat, dengan kecepatan 800mph, akhirnya Blurr mendapat penghargaan dari majalah Forbes yang menobatkannya sebagai Fastest Fictional Car pada tahun 2008.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]