Bluestreak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bluestreak/Silverstreak
Autobot
Nama Jepang Streak
Sub-grup Autobot Cars
Fungsi Gunner
Semboyan "I never met a Decepticon I didn't dislike."
Model alternatif Nissan Fairlady Z (Datsun 280ZX)
Cybertronian car
Seri Transformers: Generation 1
Transformers: Alternators
Transformers: Universe

Silverstreak (Streak di Jepang, Jaseur di Kanada, Ariete di Italia) adalah nama yang diberikan untuk salah satu karakter Transformers yang bernama asli Bluestreak, namun karena isu hak paten, maka sejak tahun 2003 namanya berubah menjadi Silverstreak.

Profil[sunting | sunting sumber]

Dalam serial Transformers 1980-an, Bluestreak digambarkan sebagai seorang pembicara handal. Singkatnya ia kalau sedang berbicara tidak akan bisa dipotong atau dihentikan oleh orang lain. Beberapa anggota Autobots tidak dapat memahami karakter Bluestreak, namun karakter Bluestreak sebagai ahli berbicara cukup membantu jika terjadi perbedaan pendapat.

Diluar itu, Bluestreak lebih suka berperang melawan Decepticons, bahkan sejak masih berada di Cybertron, ketika berbicara dengan Wheeljack, Bluestreak berucap: "That guy can build a neutron bomb out of a wristwatch and a rusty can." Berdasar sumber dari Bob Budiansky pada tahun 2006, nama orsinil Bluestreak adalah Blue Streak.

Bluestreak telah tampil sejak season satu Transformers, ia bersama beberapa Autobots yang lain (juga termasuk Decepticons) merupakan anggota original Transformers yang jatuh ke Bumi sebelum akhirnya dibangkitkan kembali oleh komputer Teletraan I pada 1984, dan Bluestreak mendapatkan mode alternative yaitu sebuah mobil sport Bumi.

Selanjutnya karakter Bluestreak tidak banyak diceritakan, ia hanya tampil sebagai tokoh utama dalam beberapa episode saja, salah satunya dalam episode pilot, dimana ia mempunyai rivalitas dengan Skywarp. Skywarp yang saat itu menembak Ironhide sehingga jatuh kedalam sungai, kemudian Bluestreak menolong Ironhide, dan bersama-sama melawan Skywarp. Kemudian dalam episode Roll for It, Bluestreak dan Prowl hampir saja tewas ketika mereka diserbu oleh Starscream, Soundwave, dan Thundercracker dalam sebuah hangar pesawat.

Bluestreak kemudian berpartisipasi dalam Trans-Europe Express, yaitu sebuah balapan amal dari Paris, Prancis menuju Istanbul, Turki. Dalam balapan tersebut, pihak Decepticons mencoba menangkap seorang pembalap bernama Auggie Cahnay yang mobilnya diyakini Decepticons mengandung logam special yang bisa digunakan untuk membuat sebuah alat yang bisa mengendalikan cuaca. Kemudian pihak Stunticons mencuri mobil tersebut, dan menendang secara paksa Cahnay, tak lama berselang, Cahnay akhirnya memilih untuk mengemudikan Bluestreak demi mengejar mobilnya yang hilang. Balapan tersebut akhirnya dimenangkan oleh Bumblebee dan Tracks, sebelum akhirnya mereka berdua membantu Bluestreak dan Cahnay dalam menghadapi Decepticons (Stunticons).

Penampilan terakhir Bluestreak adalah dalam The Transformers: The Movie, dimana ia menolong Kup dan Huffer untuk memindahkan jalan raya setelah Hot Rod menembak pesawat Decepticons. Namun setelah nama Huffer masuk dalam daftar Autobots yang tewas dalam film tersebut, nama Bluestreak juga tidak muncul lagi. Beberapa fans percaya Bluestreak juga ikut tewas atau memilih untuk pensiun sebagai prajurit Autobots setelah pertempuran tersebut.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]