Scavenger

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Scavenger
Decepticon, nantinya Autobot
Sub-grup Deluxe Vehicles
Constructicons
Fungsi Mining & Salvage
Semboyan "Everything is worth something, even me." (G1)
"Always rise to the call of duty!" (Armada)
Model alternatif Digger
Seri Transformers: Generation 1
Transformers: Generation 2
Transformers: Classics
Transformers: Armada

Scavenger adalah salah satu karakter robot fiksi dari serial Transformers. Ia merupakan salah satu anggota Constructicons yang merupakan salah satu sub-grup dari Decepticons. Namun dalam Transformers: Armada, ia tercatat sebagai salah satu anggota Autobots, setelah sebelumnya membela Decepticons.

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Scavenger adalah salah satu anggota Constructicons yang diceritakan mempunyai kemampuan agak kurang dari anggota-anggota lainnya. Satu-satunya kemampuan ia adalah ia dapat mendeteksi berbagai item elektrik, magnetik, dan juga gas yang terdapat dibeberapa tempat. Sayangnya kebanyakkan item yang ia temukan adalah sampah, sehingga ia sering dianggap bodoh oleh Megatron dan juga Scrapper.

Scavenger dapat berubah menjadi sebuah eskavator. Ia merupakan bagian lengan kanan dari Devastator. Tadinya nama original Scavenger adalah Scrounge. Namun oleh pihak Hasbro, nama Scrounge digunakan sebagai julukan untuk Scavenger dari semua anggota Constructicons dan juga Decepticons.

Pengisi suara Scavenger dalam serial Transformers versi Inggris adalah Don Messick.

Beast War[sunting | sunting sumber]

Dalam Beast War, Scavenger tampil sebagai transmetal Predacons, dan ia dapat berubah menjadi sebuah alat pengebor. Ada yang menyebutkan bahwa ia merupakan upgade dari Inferno, dan kemudian diubah namanya di versi AS.

Beast Machine[sunting | sunting sumber]

Dalam versi ini, Scavenger tanpil sebagai Vehicon yang dapat berubah menjadi Cybertronian Demolitions Vehicle. Ia tidak tampil dalam serial TV, dan hanya muncul dalam komik.

Robots in Disguise[sunting | sunting sumber]

Dalam versi ini ia tidak tampil dalam serial TV. Untuk merchandisenya juga ia tidak mendapat spek teknis resmi dari Hasbro, jadi tidak jelas tentang siapa dia dan bagaimana kepribadiannya. Namun satu hal yang pasti, dalam versi ini ia bergabung sebagai Autobot.

Transformers: Armada[sunting | sunting sumber]

Meskipun tidak disebutkan bahwa ia adalah Constructicons, salah satu anggotanya tampil dalam Transformers: Armada. Ia adalah Scavenger (alias Devastar dalam versi Jepang). Dengan warna klasiknya, hijau dan biru. Satu perbedaan antara Scavenger G1 dan Scavenger Armada adalah dalam Armada, Scavenger bergabung dengan Autobot.

Sebelumnya, Scavenger diceritakan merupakan salah satu anggota Decepticons yang loyal kepada Megatron. Ia mempunyai masalah dengan Hot Shot dalam sebuah pertarungan memperebutkan Star Saber. Namun ia (setelah diceramahi oleh Hot Shot) menyadari bahwa ia akan dibunuh jika gagal membawa Star Saber kepada Megatron, akhirnya ia menyelamatkan Hot Shot dari serangan Decepticons, dan ia memutuskan untuk pindah aliansi menjadi Autobots. Tugas ia sebagai Autobots baru adalah memata-matai Decepticons.

Ia memang tidak tampil dalam Transformers: Energon. Namun dengan adanya tim Constructicons yang baru, ia dibangun ulang oleh pihak Autobots menjadi Treadbolt, upgrade ini mengambil waktu sekitar 10 tahun dari cerita Scavenger saat masih berada di Autobots.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]