Predacon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Predacons)

Predacons adalah nama untuk salah satu sub-grup dari Decepticons dalam waralaba media Transformers.

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Dalam seri Transformers G1, Predacons adalah robot yang berbentuk hewan pemburu Mereka bisa bergabung menjadi sebuah robot raksasa dengan nama Predaking. Berbeda dengan tim kombinasi lainnya, Predacons dalam melawan lawannya, lebih memfokuskan diri pada bagaimana cara mencari dan memfokuskan diri untuk menyerang disaat yang tepat. Karena itulah, bila mereka bergabung menjadi Predaking, maka kecepatan dan ketangkasan mereka sangat sulit disaingi oleh siapapun, baik dari Autobots ataupun dari rekan sesama Decepticons. Dirilis tahun 1986, mainan Predacons langsung laris manis di pasaran. Jenis mainan ini kemudian dirilis dalam dua jenis, plastik dan die cast metal.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah daftar lengkap anggota Predacons:

Mereka semua bisa bergabung menjadi Predaking. Pengisi suara Predaking adalah Bud Davis.

Profil[sunting | sunting sumber]

Dalam serial The Transformers original, Predacons baru tampil di season 3. Saat itu mereka menjadi aliansi dari Decepticons dan Quintessons yang menyerang Autobots baik di Bumi ataupun di Cybertron. Dua dari anggota Autobots, yaitu Blurr dan Wheelie bersama seorang wanita bernama Marissa Faireborn kemudian pergi ke Io, salah satu dari satelit planet Jupiter. Mereka melakukan itu untuk mengantarkan salah satu komponen dari Metroplex, agar bisa berubah dan bertarung. Petugas komunikasi Autobots, Blaster kemudian menghubungi Cybertron tentang informasi ini. Tanpa diketahui, transmisi komunikasi tersebut kemudian disadap oleh Quintessons, dan mereka langsung menyuruh Predacons untuk menghalangi Blurr cs. Tak lama berselang, salah satu Autobots, yakni Sky Lynx menemui Blurr di Io dan ia terpaksa harus bertarung melawan Predaking. Namun untunglah Sky Lynx dan Blurr bisa memenangkan duel dengan Predacons.

Predacons juga ikut serta dalam misi pertama di 2006, saat itu mereka beroperasi di sebuah planet bernama Dredd, sekali lagi mereka harus melawan Sky Lynx dan beberapa anggota Autobots. Predacons lantas kalah dan mereka sempat terkubur di dalam planet tersebut. Kemudian Quintessons meyerang masuk kedalam alam mimpi Daniel Witwicky. Tanpa sadar siapa yang mengundang mereka masuk, Predacons lantas menyerang Rodimus Prime, Ultra Magnus, dan Springer. Namun mereka semua juga harus menghadapi monster-monster mengerikan dari mimpi Daniel. Dan mereka semua harus bisa melewati mimpi tersebut. Razorclaw dan Springer sempat tertangkap oleh seekor naga, dan mereka terpaksa harus bekerjasama untuk membebaskan diri. Salah satu anggota Predacons lain, Headstrong secara tiba-tiba harus menghadapi Galvatron raksasa, dan ia sempat cedera. Tak lama berselang, Daniel bangun dan Headstrong akhinya bergabung dengan rekan-rekan Predacons untuk membentuk Predaking dan menyerang sumber pembuat mimpi tersebut. Lainnya adalah dalam rute ke Chaar. Predaking menangkap sinyal Quintessons dan pergi menuju sebuah planet yang berbentuk hutan, dan mereka kembali lagi bertemu Autobots yang juga mempunyai tujuan sama akibat sinyal dari Quintessons tersebut. Tak lama kemudian Predacons berubah menjadi Predaking dan kembali lagi menyerang Sky Lynx, namun sekali lagi tim Predacons kalah.

Ketika seorang arkeolog jenius bernama Primacron mengambil semua energi Transformers hewan dan primitif, semua anggota Predacons juga terkena hipnosis dari Primacron. Mereka sempat melawan Tornedron dan beberapa ksatria ciptaan Primacron. Pada akhirnya semua Transformers primitif tertangkap, dan hanya Grimlock dari Dinobots Autobots-lah yang berhasil lolos dan berhasil menghentikan Tornedron dan Primacron. Grimlock juga berhasil menolong Predacons dan seluruh anggota Transformers primitif lainnya. Setelah berpartisipasi dalam serangan Decepticons ke Jepang, Predacons menjadi tim kombinasi terakhir yang terserang oleh wabaj gila Hate Plague. Namun untungnya mereka tidak tertular wabah tersebut dalam bentuk Predaking. Dan dari Decepticons hanya tinggal Galvatron-lah yang masih sehat sebelum akhirnya ia juga tertular. Akhirnya seluruh anggota Autobots dan Decepticons bersama seluruh umat manusia bisa selamat setelah Optimus Prime berhasil menyembuhkan mereka semua dengan memakai Matrix.

Beast Wars[sunting | sunting sumber]

Predacons pertama tampil dalam Beast Wars ketika sebuah pesawat bernama Darkside, yang dipimpin Megatron mengejar Maximals dari Cybertron menuju Bumi zaman purba. Mereka berniat mengambil energon sebanyak-banyaknya dan menghancurkan Autobots sebelum perang besar terjadi, dan jika itu menjadi kenyataan, maka akan menulis ulang sejarah Decepticons sebagai pemenang perang. Kebanyakan mode alternative dari Predacons adalah reptil, serangga, dan laba-laba. Dalam serial ini. Predacons menggunakan kode aktivasi Terrorize untuk berubah.

Beast Wars II[sunting | sunting sumber]

Predacon kali ini dipimpin oleh Galvatron, dan ia bersama saudaranya, Megastrom kembali berniat untuk menghancurkan Maximals yang kali ini dipimpin oleh Leo Prime.

Beast Wars Neo[sunting | sunting sumber]

Kali ini Predacons dipimpin oleh Magmatron setelah Galvatron meninggal. Rival utamanya adalah Big Convoy. Namun setelah Unicron bangkit, Magmatron malah bergabung bersama Maximals. Dan setelah Unicron kalah yang mengakibatkan kehancuran di Cybertron, Maximals dan Predacons saling membantu untuk membangun kembali Cybertron.

Beast Machines[sunting | sunting sumber]

Di versi ini, beberapa robot Maximals dan Predacons kembali ke Cybertron setelah Beast Wars. Kali ini Megatron mengeluarkan sebuah wabah di Cybertron yang (uniknya) tidak mengenai Optimus Primal, Cheetor, Rattrap, dan Blackarachnia. Setelah itu Megatron merekrut beberapa Maximal dan Predacon untuk selanjutnya ia jadikan sebuah grup bernama Vehicons.

Robots in Disguise[sunting | sunting sumber]

Di versi ini, Predacons kembali dipimpin oleh Megatron. Mereka kali ini mengincar markas Autobots, Fortress Maximus, di mana di sana Optimus Prime memimpin pasukan Autobots. Selanjutnya Predacons kehilangan enam anggotanya yang berbalik memihak dan berubah menjadi anggota Autobots. Megatron kemudian berubah menjadi Galvatron dan ia kemudian kalah oleh kekuatan gabungan antara Omega Supreme dan Optimus Prime yang bergabung menjadi satu dengan nama Omega Prime. Setelah kekalahan tersebut, Decepticons dan Predacons kemudian kembali ke Cybertron.

Transformers: Armada[sunting | sunting sumber]

Di versi ini, Predacon hanya merujuk pada satu karakter, bukan grup atau tim seperti biasanya. Namun tidak ada rilis resmi tentang siapa sebenarnya Predacon tersebut, dan apa misinya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]