Blaster

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Blaster
Blaster in cassette deck and robot.jpg
Mainan Blaster
Autobot
Nama Jepang Broadcast
Sub-grup Communications
Fungsi Communications
Peringkat 7
Rekan Flipsides
Lumina Hoshi
Blockrock
Semboyan "When the music is rockin, I'm rollin."
Model alternatif AM/FM Stereo Cassette Player
Cybertronian Sonic Tank
Cybertronian Stealth Bomber
Seri Transformers: Generation 1
Transformers: Binaltech
Transformers: Universe

Blaster (Broadcast di Jepang, Tempo di Prancis, Radiorobot di Italia) merupakan salah satu tokoh robot fiksi dari serial The Transformers. Ia merupakan salah satu anggota grup Autobots. Blaster bisa berubah dari robot menjadi sebuah tape recorder, mirip seperti seterunya di Decepticons, Soundwave.

Profil[sunting | sunting sumber]

Blaster diceritakan bisa berubah menjadi sebuah tape recorder dengan AM/FM radio. Dalam beberapa hal ia mirip Soundwave. Ia mempunyai keahlian yang nyaris sama dengan Soundwave. Blaster dapat mendeteksi suara dan gelombang radio dalam radius 4.000 mil.

Pada awalnya di Cybertron, Blaster bukanlah sebuah tape recorder. Ketika ia ikut dengan beberapa anggota Autobots lain ke Bumi, barulah Blaster berubah menjadi model tape recorder. Di Autobots, Blaster memiliki posisi yang sama dengan seterunya di Decepticons yaitu Soundwave. Posisi Blaster dan Soundwave adalah sebagai ahli komunikasi.

Blaster menyenangi kehidupan manusia di bumi. Ia sering menghibur beberapa anak muda dengan lagu rock yang ia putar dari deck kasetnya. Seperti Soundwave, Blaster juga mempunyai beberapa kaset dari dalam tubuhnya. Dan fungsi kaset-kaset tersebut nyaris sama dengan yang dimiliki Soundwave.

Kaset Blaster[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah daftar kaset yang dikeluarkan dari deck Blaster:

Khusus untuk Grandslam dan Raindance, mereka berdua bisa bergabung menjadi Slamdance.

Rivalitas Dengan Soundwave[sunting | sunting sumber]

Awal mula rivalitas Blaster dengan Soundwave adalah pada episode di New York. Saat itu Soundwave menghipnotis dan mencuci otak sebagian penduduk New York melalui lagu R&B yang ia putar disebuah bar yang bertujuan agar penduduk New York patuh dan mau melakukan perintah dari Megatron.

Di sisi lain, Blaster bersama teman-teman Autobots yang lain mulai menyusuri dan mencari penyebab dari masalah tersebut. Saat beberapa anggota Decepticons dan Autobots bertarung. Blaster menyelinap masuk keruangan DJ di bar milik Decepticons tersebut. Dan ia menemukan Soundwave sedang menghipnotis penduduk New York dengan cara memutar lagu-lagu R&B yang disisipi gelombang ultrasonik.

Akhirnya dua robot yang sama jenis ini bertarung. Mereka masing-masing mempertunjukkan kebolehannya. Soundwave menunjukkan lagu R&B plus gelombang ultrasoniknya, sementara Blaster memakai lagu rock dan gelombang radio FM untuk melawan Soundwave.

Dalam akhir cerita diperlihatkan bahwa Soundwave akhirnya kabur setelah ia terpojok. Dan sejak saat itulah dua robot berjenis tape recorder ini selalu bertarung dan saling mengalahkan jika mereka bertemu, seolah ingin membuktikan siapa sebenarnya “tape recorder terbaik” di Bumi ini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]