Grimlock

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Grimlock
TFAnimated Grimlock.jpg
Autobot
Sub-grup Dinobots
Pretenders
Action Masters
Fungsi Dinobot Commander
Lieutenant Commander (Classic)
Peringkat 9
5 (Beast Wars)
Rekan Swoop (Dinobots line)
Semboyan "Among the winners, there is no room for the weak."
"Me Grimlock." (Classics)
Model alternatif Mechanical T. rex
Cybertronian Tank (War Within)
Velociraptor (Beast Wars)
Ford Mustang GT
T-Rex (IDW)
Seri Seluruh versi Transformers, baik versi Jepang ataupun versi Amerika Serikat

Grimlock adalah nama untuk salah satu karakter robot fiksi dari serial The Transformers. Ia merupakan pemimpin dari tim Dinobots yang merupakan sub-grup dari Autobots. Ia terkenal karena kekuatannya yang besar dan juga model alternatifnya sebagai Tyrannosaurus Rex.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Boleh dikatakan bahwa kekuatan Grimlock sangatlah besar dalam mode T-Rex. Sedangkan dalam mode robot, ia merupakan sesosok robot Autobots yang sangat ditakuti oleh semua anggotanya, dikarenakan sikapnya yang dingin. Dalam berbicara ia terkenal dengan penyebutan ”Me, Grimlock”, dan bukan ”I, Grimlock” seperti yang seharusnya.

Grimlock juga bisa dikatakan lebih bertenaga dan kuat dibanding Optimus Prime dan Megatron atau Rodimus Prime dan Galvatron. Ia bisa menyemburkan api dari dalam mulutnya. Dalam mode robot ia mempunyai senjata pedang energon.

Transformers klasik[sunting | sunting sumber]

Transformers G1[sunting | sunting sumber]

Season satu[sunting | sunting sumber]

Grimlock adalah satu dari tiga anggota Dinobots original yang diciptakan oleh Wheeljack dan Ratchet, dengan dibantu oleh Spike Witwicky. Dua anggota lainnya adalah Slag dan Sludge. Ketiga anggota Dinobots ini yang dikenal cukup primitif, dengan mudah bisa dipengaruhi oleh Megatron dan Soundwave. Megatron kemudian menjelaskan bahwa ia bukanlah robot jahat, yang jahat itu adalah Optimus Prime. Setelah strategi Megatron ini termakan oleh Dinobots dan mereka mulai menyerang Optimus Prime, barulah Wheeljack, Ratchet, dan Spike menciptakan dua Dinobots lainnya, dan dengan bantuan Chip Chase, maka akhirnya lahirlah dua Dinobots baru, yaitu Swoop dan Snarl. Setelah Megatron dan Decepticons berhasil dilumpuhkan, kelima anggota Dinobots ini bersatu, namun itupun malah menjadikan masalah, sebab dengan kekuatannya, Dinobots malah mengacau di markas Autobots, yaitu The Ark.

Optimus Prime lalu memutuskan untuk memindahkan sementara Dinobots ke sebuah pulau purba, yang mana tanpa disangka, Decepticons juga mengikuti mereka, dan kemudian berhasil mengelabui Dinobots. Malah Grimlock dan teman-temannya hampir saja tewas jika saja mereka tidak berhasil menyelamatkan diri dari sebuah kolam minyak.

Setelah Decepticons berhasil dilumpuhkan, dan markas The Ark selesai diperbaiki, Optimus Prime akhirnya memperbolehkan Dinobots untuk kembali ke markas Autobots.

Season kedua[sunting | sunting sumber]

Autobots dan Decepticons kemudian mengalami masalah akibat kehabisan Cybertronium, hanya grup Dinobots-lah yang tidak mengalami gangguan disebabkan karena mereka diciptakan di Bumi. Maka Dinobots pun diutus ke Cybertron untuk mencari Cybertronium, sayangnya begitu mereka sampai di Cybertron, seluruh anggota Dinobots berhasil ditangkap oleh Shockwave, dan hanya Swoop-lah yang berhasil lolos.

Tidak lama kemudian, Spike Witwicky dan Carly menyusul pergi ke Cybertron. Di tengah jalan mereka bertemu Swoop, dan kemudian Swoop menceritakan apa yang terjadi pada Dinobot lainnya. Spike, Carly, dan Swoop kemudian juga ikut tertangkap oleh Shockwave. Dan mereka semua kemudian disuruh untuk bekerja menggali Cybertronium. Tanpa diketahui oleh pasukan Shockwave, Carly kemudian menyelidiki dan memperbaiki apa yang terjadi pada Dinobots. Setelah semua Dinobots berhasil diperbaiki, Spike kemudian bersandiwara dengan Dinobots bahwa ia dan Carly tidak mau bekerja bersama Dinobots. Saat Shockwave bersama pasukannya melerai perselisihan tersebut, langsung Grimlock dan semua anggota Dinobots menyerang dan melumpuhkan Shockwave beserta pasukannya. Tidak lama setelah itu, pihak Dinobots bersama Carly dan Spike akhirnya pulang ke Bumi membawa Cybertronium, dan mengobati seluruh anggota Autobots yang terkena gangguan.

Selanjutnya, Grimlock juga (bersama Dinobots) menjadi salah satu pahlawan saat mereka mendengarkan SOS dari Autobots yang terkurung di Washington D.C. saat Decepticons bersama grup Sub-Atlantican menyerang kota tersebut. Baik Wheeljack dan Ironhide tidak bisa menembus barikade energi yang dikeluarkan oleh Sub-Atlantican. Namun dengan sedikit kekuatan dari Dinobots, melalui sentakan ekor Grimlock, serta roket dari Swoop, pagar pembatas tersebut bisa ditembus. Dan Dinobots berhasil menolong semua anggota Autobots, mengusir Decepticons, dan membantu memperbaiki kota.

Season ketiga[sunting | sunting sumber]

Di episode 78, Grimlock bersama Daniel Witwicky sempat tersesat di sebuah dimensi lain di Cybertron, dimana mereka dimanfaatkan oleh Quintessons. Lantas Carly, Ultra Magnus, Blaster, Steeljaw, Eject, Rewind, dan Ramhorn berhasil menyusul mereka dan menyelamatkan Daniel beserta Grimlock, dan mereka bisa kembali dengan selamat ke Cybertron melalui pertolongan Perceptor.

Grimlock menjadi satu-satunya anggota Dinobots yang selamat dari sergapan Primacron yang merupakan otak dari pembuatan Unicron. Primacron bermaksud untuk menggabungkan seluruh kekuatan Transformers yang berbentuk binatang, yang ia sebut primitif seperti Dinobots, Predacons, Terrorcons, dan Sky Lynx untuk bertarung melawan ciptaannya yang baru yaitu Tornedron. Namun Grimlock yang tidak terpengaruh oleh hipnotis Primacron berhasil menemukan pesawat Primacron. Saat Primacron tidak bisa mengnonaktifkan Tornedron, Grimlock kemudian membantunya untuk menghancurkan ciptaan Primacron tersebut. Dan ia menjadi satu-satunya Dinobots yang memiliki sedikit kepintaran.

Kelahiran Technobots[sunting | sunting sumber]

Di lain tempat, Grimlock juga sempat memiliki kecerdasan super saat ia terkena strum ketika menyalakan komputer milik Dinobots yang diresmikan oleh Rodimus Prime. Untuk pertama kalinya juga, ia menyebut dirinya sebagai ”I, Grimlock”, dan bukan ”Me, Grimlock” seperti biasanya.

Ketika itu ia bersama beberapa Autobots yang lain terjebak di kepala Unicron dan Decepticons turun dengan kekuatan penuh dengan dibantu oleh tim Predacons dan Terrorcons. Grimlock kemudian lari kedalam kepala Unicron, setelah melihat sisa-sisa dari suku cadang Unicron, Grimlock kemudian membuat tim bernama Technobots. Tim ini lantas diperintahkan oleh Grimlock untuk melawan Terrorcons.

Sayangnya Technobots takut pada perkelahian, akhirnya Grimlock memutuskan bahwa ia akan mentransfer semua kekuatan kepintaran supernya kepada Technobots, dan akhirnya Technobots yang kemudian bisa bergabung menjadi Computron merupakan tim kombinasi terpintar dari semua tim Transformers. Namun berkat pengorbanannya itu pula, Grimlock harus rela dirinya kembali seperti dulu, polos dan ceroboh.

Transformers: Headmasters[sunting | sunting sumber]

Grimlock tidak terlalu banyak diceritakan dalam serial khusus untuk kawasan Jepang ini. Namun setidaknya ada dua episode dimana ia terlibat secara aksi. Pertama adalah saat ia melawan Decepticons dan terkena hipnotis dari Mindwipe. Kemudian ia juga menjadi salah satu pelindung Vector Sigma bersama rekan-rekan Dinobots yang lain dan juga Jazz.

Transformers 2007 film[sunting | sunting sumber]

Grimlock sempat tampil dalam scene prekuel Transformers film 2007 karya sutradara Michael Bay. Ia diceritakan tampil menghancurkan sebuah tempat milik Constructicons, setelah melihat aksi dari Insecticons Kickback dan robot kaset Soundwave Laserbeak.

Produser film Tom DeSanto sempat mempunyai ide bahwa ia akan menampilkan Dinobots dan Constructicons dalam sekuel Transformers yang berjudul Revenge of the Fallen. Namun sutradara Michael Bay menyebutkan bahwa untuk saat ini penampilan Dinobots dan Constructicons (bersama Insecticons) belum terlalu dibutuhkan.

Transformers: Animated[sunting | sunting sumber]

Grimlock juga tampil dalam serial Transformers: Animated. Ia pada awalnya merupakan sebuah robot animatik dinosaurus di sebuah taman kota. Namun tanpa disengaja, robot-robot dinosaurus ditempat tersebut dihancurkan oleh Bulkhead.

Kemudian Professor Sumdac bersama Megatron memperbaiki para dinosaurus tersebut. Dan Megatron melalui pikiran jahatnya berkeinginan untuk menghancurkan Autobots melalui robot dinosaurus tersebut. Lantas terjadilah kekacauan, dan kemudian Sari Sumdac bersama Bumblebee dan Ratchet mencoba untuk menghancurkan dinosaurus robot tersebut hingga akhirnya kunci Allspark Sari mengubah mereka menjadi Dinobots.

Kemudian setelah berhasil melumpuhkan Dinobots, Autobots kemudian membawa mereka ke Lake Erie sebagai tempat tinggal baru untuk Dinobots.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]