Prokhorus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Penginjil Yohanes dengan Prokhorus

Prokhorus (bahasa Inggris: Prochorus) adalah seorang Kristen pada abad pertama Masehi di kota Yerusalem yang disebut dalam Perjanjian Baru Alkitab Kristen. Kisah Para Rasul mencatatnya sebagai satu dari tujuh pria yang dipilih dan diangkat sebagai diaken mula-mula, untuk membantu menangani urusan-urusan pastoral dan administrasi dari Gereja perdana (Kisah para Rasul, Pasal 6). Kisahnya sebagai berikut:

Pada masa itu, ketika jumlah murid makin bertambah, timbullah sungut-sungut di antara orang-orang Yahudi yang berbahasa Yunani terhadap orang-orang Ibrani, karena pembagian kepada janda-janda mereka diabaikan dalam pelayanan sehari-hari. Berhubung dengan itu kedua belas rasul itu memanggil semua murid berkumpul dan berkata: "Kami tidak merasa puas, karena kami melalaikan Firman Allah untuk melayani meja. Karena itu, saudara-saudara, pilihlah tujuh orang dari antaramu, yang terkenal baik, dan yang penuh Roh dan hikmat, supaya kami mengangkat mereka untuk tugas itu, dan supaya kami sendiri dapat memusatkan pikiran dalam doa dan pelayanan Firman." Usul itu diterima baik oleh seluruh jemaat, lalu mereka memilih Stefanus, seorang yang penuh iman dan Roh Kudus, dan Filipus, Prokhorus, Nikanor, Timon, Parmenas dan Nikolaus, seorang penganut agama Yahudi dari Antiokhia. Mereka itu dihadapkan kepada rasul-rasul, lalu rasul-rasul itupun berdoa dan meletakkan tangan di atas mereka.

—Kisah Para Rasul 6:1-6

Tradisi Kristen[sunting | sunting sumber]

  • Ada cerita bahwa Prokhorus adalah keponakan laki-laki dari Stefanus, yang juga diangkat menjadi diaken.
  • Prokhorus dikisahkan menemani rasul Petrus, yang mengangkatnya sebagai uskup di kota Nicomedia.[1]
  • Prokhorus juga dianggap menemani rasul Yohanes dan ada anggapan yang keliru bahwa dia menulis buku apokrif Acts of John (Kisah rasul Yohanes)[2] yang diperkirakan ditulis di akhir abad ke-2 Masehi.[3]
  • Menurut cerita tradisi lain, dia menjadi uskup di Antiokhia, Siria dan mati syahid di sana dalam abad pertama..[4][5]
  • Ada yang memasukkannya di dalam daftar 70 murid (diragukan kebenarannya).
  • Dalam gambaran ikon Ortodoks, dia dilukiskan sebagai penulis rasul Yohanes.[6]
  • Prokhorus diperingati sebagai santo di Gereja Katolik dan Gereja Ortodoks setiap 28 Juni.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Feasts and Saints – OCA
  2. ^ Seven Deacons – Catholic Encyclopedia
  3. ^ Ehrman, Bart D. (2003). Lost scriptures : books that did not make it into the New Testament (ed. Pbk. ed.). New York: Oxford Univ. Press. hlm. 94. ISBN 978-0195141825. 
  4. ^ The Ecole Glossary
  5. ^ Martyrologium Romanum ad Novam Kalendarii
  6. ^ Ekkart Sauser, p/prochoros, volume 24 spalten=1185

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • ProchorusÖkumenisches Heiligenlexikon