Daftar misi diplomatik Amerika Serikat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Amerika Serikat (hijau) dan misi diplomatiknya, termasuk kedutaan besar (biru), bagian kepentingan dan perwakilan lainnya (biru muda)

Amerika Serikat memiliki misi diplomatik terbanyak kedua di dunia, setelah Tiongkok,[1] yaitu sebanyak 166 dari 193 negara anggota PBB dan negara pengamat Kota Vatikan serta negara-negara non-anggota PBB Kosovo dan Taiwan. Selain itu, Amerika Serikat juga memiliki kantor "bagian kepentingan" di kantor kedutaan negara lain di Iran dan Suriah.

Afrika[sunting | sunting sumber]

Amerika Serikat memiliki kedutaan (di Seychelles berupa Kantor Konsuler) di semua negara yang diakuinya kecuali Komoro, Guinea-Bissau dan Sao Tome dan Principe.

Amerika Utara, Tengah dan Selatan[sunting | sunting sumber]

Amerika Serikat memiliki kedutaan (untuk Antigua & Barbuda, berupa Kantor Konsuler) di semua negara yang diakuinya selain Dominika, St. Kitts & Nevis,St. Lucia, dan St. Vincent dan Grenadines.

Asia[sunting | sunting sumber]

Amerika Serikat memiliki kedutaan besar di semua negara yang diakuinya kecuali Bhutan, Iran, Maladewa, Korea Utara, Suriah dan Yaman. Amerika Serikat juga memiliki 'bagian kepentingan' di kantor kedutaan negara lain di Iran dan Suriah serta memiliki kedutaan "de facto" di Taiwan.

Eropa[sunting | sunting sumber]

Amerika Serikat memiliki kedutaan besar di (untuk Kota Vatikan, berada di Roma) semua negara yang diakuinya kecuali Andorra, Liechtenstein, Monako, dan San Marino.

Oseania[sunting | sunting sumber]

Amerika Serikat memiliki kedutaan (untuk Kepulauan Solomon, konsul) di semua negara yang diakuinya selain Kiribati, Nauru, Tonga, Tuvalu, dan Vanuatu.

Organisasi internasional[sunting | sunting sumber]

Misi diplomatik Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa di Jenewa

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Efektif 6 Februari 2012, kedutaan menangguhkan operasi dan ditutup untuk layanan konsuler normal. Sejak 1 Maret 2013, Bagian Kepentingan Amerika Serikat beroperasi melalui Pemerintah Republik Ceko melalui kedutaan besarnya di Damaskus. Hanya layanan darurat untuk warga negara Amerika Serikat yang tersedia. Baik paspor Amerika Serikat maupun visa ke Amerika Serikat tidak dapat diterbitkan di Damaskus.
  2. ^ Amerika Serikat tidak secara resmi mengakui Taiwan, Republik Tiongkok. Hubungan tidak resmi dilakukan melalui Institut Amerika di Taiwan yang merupakan sebuah kedutaan de facto.
  3. ^ Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Takhta Suci terletak di Roma, di luar Wilayah Vatikan.

Sumber[sunting | sunting sumber]

"Official list of embassies". Departemen Luar Negeri Amerika Serikat. Diakses tanggal April 19, 2019. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Global Diplomacy Index – Country Rank". https://globaldiplomacyindex.lowyinstitute.org/ (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 6 March 2021.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  2. ^ to-anti-trump-protests.html "Kedutaan Besar AS di Haiti ditutup karena protes anti-Trump" Periksa nilai |url= (bantuan). 
  3. ^ https://ye.usembassy.gov/
  4. ^ The United States doesn't recognize Northern Cyprus, but has an embassy Diarsipkan 2016-04-29 di Wayback Machine. in North Nicosia.
  5. ^ "Policy & History | U.S. Mission to The African Union". U.S. Mission to The African Union (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-06-28.