Port of Spain

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Port-of Spain
Lokasi Port-of-Spain
Koordinat 10°40' LU 61°31' BB
Wilayah 13,45 km²
Penduduk
Kepadatan
49.031 (2000)
3.650/km²
Zona waktu UTC-4
Wali kota Murchison Brown

Port-of-Spain adalah ibu kota Trinidad dan Tobago yang terletak di Teluk Paria, bagian barat laut Pulau Trinidad. Kota ini merupakan pusat administratif dan ritel negara kepulauan itu. Port-of-Spain pernah menjadi ibu kota Federasi Hindia Barat antara tahun 1958 dan 1962.

Kota ini berfungsi terutama sebagai pusat ritel dan administrasi dan telah menjadi ibukota pulau itu sejak 1757. Ini juga merupakan pusat jasa keuangan penting bagi Karibia dan merupakan rumah bagi dua bank terbesar di kawasan ini. Kota ini juga rumah bagi pelabuhan kontainer terbesar di pulau itu dan merupakan salah satu dari beberapa hub pengiriman of the Caribbean, mengekspor kedua produk pertanian dan barang-barang manufaktur. Bauksit dari Guyanas dan besi bijih dari Venezuela adalah trans-dikirim melalui fasilitas Chaguaramas , sekitar lima mil (8 km) barat kota. Pra-tawar Karnaval adalah festival budaya tahunan utama kota dan daya tarik wisata. Hari ini, Port of Spain adalah sebagai kota terkemuka di kawasan Karibia. Trinidad menjadi tuan rumah KTT Kelima Amerika pada tahun 2009 yang tamu termasuk Presiden AS Barack Obama dan Menlu AS Hillary Clinton . Port of Spain juga menjadi tuan rumah Kepala Persemakmuran Pertemuan Pemerintah pada tahun 2009 dan menjadi tuan rumah Forum Bisnis Commonwealth pada tahun 2011.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Port of Spain ukuran 10.4 km persegi di bagian barat laut pulau Trinidad, antara Teluk Paria dan Rentang Utara . Pegunungan utara adalah dari bukit tinggi di bagian utara Trinidad dan dianggap perpanjangan dari pegunungan Andes di Amerika Selatan, meskipun yang secara geologis tidak benar. The Northern Rentang berjalan dari Semenanjung Chaguaramas di barat ke Toco di timur dan terutama terdiri dari curam mencelupkan batu metasedimentary dan hutan hujan yang rimbun yang mengandung berbagai macam spesies tanaman dan hewan. Port of Spain terletak di ujung barat dan kota naik ke bukit dan lembah yang menetap dan mengalami deforestasi. Kedua puncak tertinggi adalah El Cerro del Aripo dan El Tucuche yang atas 900 m.

Sekitar 3278 hektare dilindungi Caroni Swamp telah lama membentuk penghalang fisik untuk ekspansi kota ke selatan, memaksa pertumbuhan perkotaan tanpa henti ke arah timur dengan mengorbankan lalu lintas menghilangkan jalan lingkar. Ini kawasan mangrove pantai barat merupakan lahan basah terbesar kedua di pulau itu setelah pantai timur Nariva Swamp yang hampir dua kali lebih besar. Ini memiliki lebih dari 160 spesies burung, termasuk burung nasional, Ibis Scarlet . Ini adalah salah satu tempat wisata paling populer di negara itu dengan fasilitas pengunjung dan perahu wisata dipandu biasa.

Beberapa kota yang terletak di atas tanah direklamasi dari Teluk Paria, teluk terlindung tenang memisahkan Trinidad dari Venezuela, sementara bagian lain naik ke bukit di atas kota. Secara geografis, Pelabuhan Port of Spain sangat ideal untuk lalu lintas maritim