Hamilton, Bermuda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bmmap-Hamilton.png
Balai kota di Hamilton.
Katedral di Hamilton.

Hamilton adalah ibu kota Bermuda. Meskipun ada sebuah kabupaten dengan nama yang sama, kota Hamilton terletak di kabupaten Pembroke. Kota ini dinamai sesuai dengan nama Sir Henry Hamilton, gubernur dari 1778 hingga 1794.

Meskipun merupakan ibu kota administrasi Bermuda, Hamilton hanya mempunyai penduduk tetap sekitar 969 orang, meskipun sebagian perkiraan menyebutkan hingga 1.500 orang. Hamilton adalah satu-satunya kota yang ada di Bermuda, tetapi sesungguhnya ukurannya lebih kecil daripada kota bersejarah St. George. Sebuah ukuran yang lebih representatif terhadap penduduk Bermuda cenderung dilihat dari kabupatennya. Hamilton adalah sebuah pelabuhan bebas.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah Hamilton dimulai pada 1790 ketika Pemerintah Bermuda menyisihkan 587.000 m² untuk dijadikan pusat pemerintahan Bermuda. Hamilton resmi dibentuk sebagai kota pada 1793 melalui Akta Parlemen. Ibu kota koloni ini dipindahkan ke Hamilton dari St. George pada 1815. Kota Hamilton menjadi sebuah Kota dengan didirikannya Katedral Hamilton (Gereja Inggris) pada 1897. Kota ini pun sekarang mempunyai sebuah katedral Katolik. Hamilton, yang menghadap ke Pelabuhan Hamilton menampilkan deretan bangunan yang indah dengan rumah-rumah berwarna pastel yang dikelilingi oleh bunga-bunga tropis.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]