Calgary

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pemandangan kota Calgary pada senja hari.

Calgary adalah kota terbesar di provinsi Alberta, Kanada. Terletak di kawasan kaki bukit, Calgary adalah kota terbesar di Kanada dihitung berdasarkan jumlah penduduk. Penduduknya berjumlah 991.759 jiwa (April 2006) dan luasnya adalah 789,90 km².

Pertama kali dihuni suku Blackfoot sedikitnya sejak 11.000 tahun yang lalu, Calgary dikunjungi orang Eropa untuk pertama kalinya pada tahun 1787. Calgary mulai berkembang sejak rel kereta api yang dibangun Canadian Pacific Railway mencapai kawasan tersebut. Pada tahun 1884 Calgary resmi menjadi sebuah kota kecil (town) dan menjadi kota pada tahun 1894.

Cadangan minyak yang tinggi ditemukan di Alberta pada tahun 1960-an, dan Calgary pun berkembang pesat akibatnya. Pencakar langit dibangun dengan cepat dan dari tahun 1971 hingga 1987 jumlah penduduknya tumbuh dari 403.000 menjadi 647.000. Perkembangan kota turut dibantu saat harga minyak meningkat akibat embargo minyak Arab pada tahun 1973, namun pada pertengahan 1980-an harga minyak mengalami penurunan sehingga perekonomian Calgary pun terpengaruh. Setelah ekonominya mulai pulih pada akhir dekade tersebut, Calgary mulai meninggalkan ketergantungan mereka pada minyak dan berinvestasi di sektor lain, terutamanya pariwisata.

Calgary merupakan tujuan wisata alam serta olahraga musim dingin. Tahun 1988 kota ini menjadi tuan rumah Olimpiade musim dingin. Sekitar 80 km di sebelah barat Calgary terdapat Pegunungan Rocky. Ekonomi Calgary bergantung pada industri minyaknya, meskipun pariwisata dan industri berteknologi tinggi turut menyumbang perekonomian kota ini.

Bandara Internasional Calgary menghubungkan Calgary dengan kota-kota di benua Amerika dan Eropa melalui jalur udara secara langsung.

Panorama kota Calgary

Pranala luar[sunting | sunting sumber]