Yungoos dan Gumshoos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Yungoos)
Yungoos dan Gumshoos
Tokoh Pokémon
Permainan
perdana
Pokémon Sun and Moon (2016)
Didesain
oleh
Tidak diketahui, diselesaikan oleh Ken Sugimori
Pengisi suaraKaito Ishikawa
Informasi
SpesiesPokémon Luwak
Jenis kelamin♂ Jantan / ♀ Betina
AsalAlola (Generasi VII)
KategoriNormal
Entri Pokédex
  • No. 734 (Yungoos)
  • No. 735 (Gumshoos)

Yungoos[a] dan Gumshoos[b] adalah karakter fiksi dan spesies dalam waralaba media Pokémon yang dimiliki oleh Nintendo dan Game Freak. Mereka memulai debutnya dalam permainan video Pokémon Sun dan Moon yang dirilis pada tahun 2016 untuk konsol genggam Nintendo 3DS. Yungoos berevolusi menjadi Gumshoos setelah mencapai tingkatan ke-20 dalam permainan video.

Secara garis besar, mereka merupakan Pokémon umum yang ditemukan di Wilayah Alola dan tampil sebagai bagian dari Island Trial pertama pemain dalam Sun. Desain ilustrasi mereka menggambarkan inspirasi dari luwak kecil Asia, yang menjadi spesies invasif di dunia nyata yang ditemukan di Hawaii. Tidak lama setelah peluncuran resminya, sebagian penggemar menyinggung kemiripannya dengan gaya rambut kandidat presiden Amerika Serikat saat itu, Donald Trump. Sementara sebagiannya lagi menyamakan kemiripannya dengan perdana menteri Inggris saat itu, Boris Johnson.

Desain dan karakteristik[sunting | sunting sumber]

Desain Yungoos dan Gumshoo mengambil inspirasi dari luwak kecil Asia (foto).

Yungoos dan Gumshoos adalah Pokémon Luwak yang memiliki kemiripan dengan luwak kecil Asia di dunia nyata.[1][2] Mereka menjadi spesies invasif di wilayah Alola dalam Pokémon Sun and Moon. Pada awalnya, mereka dibawa ke wilayah ini untuk mengendalikan populasi Rattata dan Raticate.[2] Ini mencerminkan masuknya musang Asia kecil ke Hawaii, yang menjadi dasar wilayah Alola, pada tahun 1883 untuk mengendalikan populasi tikus di perkebunan.[3] Pada akhirnya, pengenalan Yungoos ke Alola menyebabkan Rattata dan Raticate menjadi nokturnal, menghasilkan bentuk tipe Gelap yang unik di wilayah Alola sementara Yungoos tetap aktif hanya pada siang hari.[4]

Yungoos dikenal sebagai pemakan yang rakus dengan sebagian besar tubuhnya yang dapat memanjang menyesuaikan diri seiring proses makan mereka.[5] Pada dasarnya, mereka hampir selalu lapar dan menjadi marah saat tidak bisa mendapatkan makan. Setelah kenyang, spesies ini akan tertidur sambil berdiri.[2] Pada tingkat ke-20, Yungoos dapat berevolusi menjadi Gumshoos yang memiliki bentuk tubuh lebih besar.[6] Gumshoos jauh lebih sabar daripada Yungoos dan akan mempelajari pola mangsanya. Pada malam hari mereka cenderung tidur dengan berdiri tegak.[7] Nama "Gumshoos" berasal dari gumshoes, istilah slang untuk detektif.[8] Kedua Pokémon tersebut dapat memiliki kemampuan "Strong Jaw" atau "Stakeout". Yang pertama memperkuat semua gerakan menggigit, sedangkan yang terakhir — kemampuan baru yang menjadi ciri khas unik dua Pokémon ini — adalah menggandakan kekuatan serangan mereka jika digunakan pada Pokémon yang baru saja diaktifkan.[7]

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Yungoos dan Gumshoos adalah Pokémon umum dalam Sun dan Moon. Mereka muncul di beberapa rute di awal permainan dan digunakan oleh banyak pelatih.[9] Yungoos secara khusus adalah Pokémon tipe Normal yang tersedia di awal permainan di rute pertama.[2] Di Sun, mereka berfungsi sebagai Pokémon utama untuk uji coba Ilima di Pulau Melemele, dengan Gumshoo menjadi tantangan Totem. Setelah dikalahkan, pemain diberikan Normalium-Z, memungkinkan mereka untuk menggunakan gerakan Z tipe Normal.[10] Selanjutnya dalam alur perjalanan permainan, Yungoos dicuri oleh Team Skull sebagai pengalih perhatian untuk mendapatkan Cosmog.

Media lainnya[sunting | sunting sumber]

Dalam anime Sun & Moon, tiga ekor Yungoos membuat penampilan debutnya di episode pertama serial tersebut, Alola to New Adventure!, di bawah kepemilikan tim Skull grunt bernama Zip.[11] Ash Ketchum bertarung melawan Yungoos dan Gumshoo sebagai bagian dari Uji Coba Pulaunya dalam episode To Top a Totem!. Gumshoos yang berbeda kemudian ditangkap oleh Officer Jenny di episode yang sama. Yungoos muncul di bab Sun & Moon dari manga Pokémon Adventures.[12]

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Perbandingan dengan Donald Trump[sunting | sunting sumber]

Gaya rambut Donald Trump dinilai sebagian pengguna media sosial memiliki kemiripan dengan Yungoos dan Gumshoos.

Menyusul pengenalan Yungoos dalam acara E3 2016, banyak pengguna media sosial dengan cepat membandingkan Pokémon tersebut dengan calon presiden Amerika Serikat saat itu, Donald Trump. Penampilan dan sikap Pokemon dikatakan menyerupai Trump, terutama rambut di atas kepalanya yang menyerupai gaya rambut Trump.[1] Kemiripan tersebut menyebabkan banyak meme tentang subjek tersebut, termasuk slogan "Make Alola Great Again", sebuah plesetan dari slogan kampanye Trump "Make America Great Again".[13] Junichi Masuda, komposer dan sutradara untuk waralaba Pokémon, membantah klaim bahwa Yungoos dan Gumshoos mendapat inspirasi dari Trump, "kami telah memulai desain Pokémon ini sejak lama, dan kami tidak memiliki niat untuk membuatnya terlihat seperti Donald Trump."[14]

Setelah rilis Sun dan Moon, banyak pemain mengirim dan menerima Yungoos yang dijuluki "Donald Trump", "Trump", "Drumpf", dan sejenisnya. melalui sistem Perdagangan Ajaib yang tersedia di permainan. Gita Jackson dari Kotaku Australia menyatakan bahwa para pemain berusaha untuk mengejek Trump dengan mengirimkan Pokémon yang dijuluki ini keluar.[9]

Perbandingan dengan Boris Johnson[sunting | sunting sumber]

Selain dibandingkan dengan sosok Donald Trump, sebagian pengguna media sosial juga membandingkan kemiripan antara Yungoos dengan perdana menteri Inggris, Boris Johnson.[1]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jepang: ヤングース Hepburn: Youngoose?, Yangūsu diucapkan [jaŋɡɯːsɯ], pengucapan dalam bahasa Inggris /ˈjʌŋɡs/.
  2. ^ Jepang: デカグース Hepburn: Dekagoose?, Dekagūsu diucapkan [dekaɡɯːsɯ], pengucapan dalam bahasa Inggris /ˈɡʌmʃz/

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Mlot, Stephanie (16 Juni 2016). "Yungoos Pokemon Is Gonna Be YUGE, Maybe Even Tremendous". PC Magazine. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 Agustus 2019. Diakses tanggal 17 Juni 2017. 
  2. ^ a b c d Whritenour, Jacob (17 Juni 2016). "E3 2016: Let's Inspect the Latest Pokémon Revealed for Sun and Moon". Hardcore Gamer. DoubleJump Publishing. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 Januari 2023. Diakses tanggal 17 Juni 2017. 
  3. ^ Miller, Zachary (9 September 2016). "The Real-Life Story of Rattata & Yungoos". Nintendo World Report. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 Januari 2023. Diakses tanggal 17 Juni 2017. 
  4. ^ Oxford, Nadia (2 September 2016). "The Struggle Between Rattata and Yungoos in Pokemon Sun and Moon is a Neat Bit of World-Building". US Gamer. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 Januari 2023. Diakses tanggal 17 Juni 2017. 
  5. ^ Sato (14 Juni 2016). "Pokémon Sun & Moon Gets A New Trailer, Details On New 4-Player Battle Mode, And More". Siliconera. Curse. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 Januari 2023. Diakses tanggal 17 Juni 2017. 
  6. ^ Donaldson, Alex (21 November 2016). "Pokemon Sun & Moon guide: how to evolve every new Pokemon". VG247. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 Juli 2021. Diakses tanggal 17 Juni 2017. 
  7. ^ a b Donaldson, Alex (November 14, 2016). "Pokemon Sun and Moon Pokedex round-up: names, descriptions, leaks and more". VG247. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 Januari 2023. Diakses tanggal June 17, 2017. 
  8. ^ Prince, Sam (August 1, 2016). "Newly Announced 'Pokemon' Looks Like Donald Trump". Heavy. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 Januari 2023. Diakses tanggal June 17, 2017. 
  9. ^ a b Jackson, Gita (November 22, 2016). "Pokemon Sun And Moon's Wonder Trade Is Full Of Monsters Named Donald Trump". Kotaku Australia. Gawker Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 Agustus 2019. Diakses tanggal June 17, 2017. 
  10. ^ Tapsell, Chris (June 9, 2017). "Pokémon Sun and Moon - Trial of Captain Ilima, Verdant Cavern". Eurogamer. Gamer Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 Juni 2017. Diakses tanggal June 17, 2017. 
  11. ^ "Alola to New Adventure! (アローラ!はじめての島、はじめてのポケモンたち!!, Alola! The Starting Island, the Starter Pokémon!!)". Sun & Moon. Musim ke-20. Episode ke-940. November 17, 2016. TV Tokyo. 
  12. ^ "To Top a Totem! (ぬしポケモンはデカグース!, The Leader Pokémon is Dekagūsu!)". Sun & Moon. Musim ke-20. Episode ke-948. January 5, 2017. TV Tokyo. 
  13. ^ Hernandez, Patricia (June 14, 2016). "Fans Think The Newest Pokémon Totally Looks Like Donald Trump". Kotaku. Gawker Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 Desember 2022. Diakses tanggal June 17, 2017. 
  14. ^ Kato, Matthew (October 19, 2016). "Is The Pokémon Gumshoos Based On Donald Trump?". Game Informer. GameStop. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 April 2022. Diakses tanggal June 17, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]