Wikipedia:Pedoman pengurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman ini merupakan pedoman di Wikipedia bahasa
Indonesia
.
Isinya telah diterima luas oleh para pengguna dan dianggap sebagai standar yang harus diikuti oleh semua pengguna, meskipun sebaiknya dipahami dengan akal sehat, dan pengecualian dapat berlaku sewaktu-waktu. Segala penyuntingan substansial yang dilakukan di halaman ini harus menggambarkan konsensus. Jika Anda ragu, diskusikan terlebih dahulu di halaman pembicaraan.
Kepengurusan (daftar otomatis)
Birokrat
Pemeriksa
Pengawas
Pengurus antarmuka
Penatalayan
Pemilihan pengurus
KebijakanSistem pemilihan
Pemungutan suara (arsip)
Permohonan status (arsip)
Permohonan pencabutan status (arsip)
Tanggung jawab
Pengurus bukanlah
Pedoman peralatan pengurus
Nasihat bagi pengurus baru
Permintaan perhatian pengurus

Para pengurus diharapkan telah memiliki pengertian yang mendalam akan kebijakan-kebijakan Wikipedia dan mendalaminya secara terus-menerus. Hal ini menjadi penting khususnya karena kepada para pengurus dipercayakan peralatan yang tidak dimiliki oleh para pengguna terdaftar di Wikipedia.

Halaman ini adalah dasar pedoman untuk mempergunakan peralatan teknis kepengurusan Anda. Halaman ini akan menjelaskan mengenai tindakan teknis operator sistem (opsis), dan tidak mencakup kebijakan-kebijakan yang harus Anda ikuti seluruhnya sebelum mempergunakan peralatan teknis Anda. Sebagai seorang opsis, Anda harus membaca halaman-halaman yang terdaftar di bawah ini, dan pastikan bahwa Anda telah mengerti kebijakan-kebijakan yang relevan sebelum melakukan hal-hal yang ada di halaman ini.

Pedoman umum

Hal-hal di bawah ini adalah bahan-bahan yang sangat direkomendasikan untuk dibaca oleh para pengurus, dan menjadi prasyarat pengetahuan yang harus dimiliki oleh setiap pengurus:

Dasar-dasar Wikipedia
Ini adalah hal-hal yang wajib diketahui dan dimengerti oleh seseorang sebelum ia dapat dinominasikan menjadi seorang pengurus (klik "[tampil]" untuk melihatnya):

Penghapusan

Menghapus halaman

Klik pada pranala Hapus atau Hapus halaman ini yang terdapat di halaman yang hendak Anda hapus. Jika menggunakan kulit MonoBook, Anda dapat menggunakan kunci pintas Alt+Shift+D.

Anda akan dibawa ke halaman dengan sebuah kotak isian untuk mengetikkan alasan penghapusan, dan sebuah tombol konfirmasi. Kotak isian ini secara default biasanya berisikan 150 karakter pertama dari halaman tersebut. Untuk penghapusan secara cepat, biasanya kotak isian ini dapat dibiarkan saja tanpa diubah (kecuali isinya merupakan bacaan yang tidak pantas, karena akan muncul di log penghapusan yang permanen). Secara umum, lebih baik untuk selalu menuliskan alasan mengapa Anda menghapus halaman itu. Contoh alasan adalah "tidak dikembangkan setelah 14 hari".

Halaman konfirmasi juga akan memberi peringatan jika halaman tersebut memiliki lebih dari satu revisi dalam versi terdahulunya. Pastikan bahwa Anda telah memeriksa versi terdahulunya, kalau-kalau ada versi sebelumnya yang merupakan artikel yang baik.

Setelah melakukan penghapusan, pastikan Anda menghapus juga halaman pembicaraannya, jika ada.

Menghapus berkas

Untuk menghapus semua versi dari suatu berkas, Anda dapat mengklik pranala "hapus semua" pada bagian riwayat berkas, atau hapus halaman deskripsi berkas dengan cara serupa dengan penghapusan artikel. Untuk menghapus revisi tertentu, klik pranala "hapus" pada revisi yang diinginkan. Anda tidak dapat hanya menghapus versi terakhir suatu berkas tanpa menghapus semua revisi sebelumnya berikut halaman deskripsinya.

Setelah mengklik "hapus semua", Anda akan melihat layar konfirmasi yang mirip dengan yang digunakan pada penghapusan halaman dan penghapusan tersebut akan dilog. Tidak ada konfirmasi jika Anda hanya menghapus satu revisi terdahulu, tapi penghapusannya akan tetap dilog.

Membatalkan penghapusan

Halaman dapat dibatalkan penghapusannya sepanjang ada dalam arsip. Halaman yang dihapus sebelum 8 Juni 2004 tidak dapat dipulihkan karena hilang sewaktu adanya kerusakan pada basis data. Berkas yang dihapus sejak kurang lebih 16 Juni 2006 04:30 UTC dapat dibatalkan penghapusannya.

Jika suatu halaman belum dibuat ulang sejak dihapus, akan muncul suatu pesan pada halaman tersebut yang menunjukkan berapa banyak revisi yang telah dihapus. Jika pesan ini diklik akan ditampilkan suatu halaman yang menunjukkan semua revisi yang telah dihapus. Anda dapat melihat masing-masing revisi tersebut secara terpisah. Pembatalan penghapusan dilakukan dengan mengklik "Pulihkan" yang muncul pada halaman konfirmasi; secara baku, tindakan ini akan mengembalikan semua revisi terhapus. Jika diinginkan, Anda dapat memilih suatu revisi tertentu untuk dipulihkan dengan memilih kotak cek yang ada di samping setiap revisi. Pembatalan penghapusan akan dilakukan segera setelah Anda mengklik "Pulihkan"; tidak akan ada halaman konfirmasi selanjutnya.

Untuk berkas, Istimewa:Pembatalan penghapusan memiliki bagian tambahan yang disebut "Riwayat berkas. Bagian ini merupakan analogi bagian yang sama pada halaman berkas biasa dan mengandung pranala ke masing-masing versi terhapus dari berkas tersebut. Anda dapat mengembalikan riwayat halaman berkas secara terpisah dari riwayat berkas dengan menggunakan kombinasi kotak cek yang tepat.

Pembatalan penghapusan dilog seperti halnya penghapusan; jika Anda tidak memulihkan semua revisi dari suatu halaman terhapus, log tersebut akan mencatat berapa yang Anda pulihkan.

Jika suatu halaman telah ada tetapi Anda ingin membatalkan revisi sebelumnya dari halaman itu, lihat 'versi terdahulu' halaman tersebut lebih dulu. Anda akan melihat paranala untuk membatalkan penghapusan seperti yang didefinisikan di atas. Anda juga dapat mengetikkan URL penuh untuk membatalkan penghapusan. Sebagai contoh http://id.wikipedia.org/wiki/Special:Undelete/Foo.

Perlindungan

Melindungi atau membuka perlindungan suatu halaman

Untuk melindungi suatu halaman, klik "Lindungi" atau "Lindungi halaman ini". Sebagai tambahan untuk perlindungan penuh dari suntingan oleh non-pengurus, kini tersedia pula perlindungan semi dari suntingan oleh pengguna baru atau anonim. Jika Anda menggunakan kulit monobook, Anda dapat menggunakan kunci pintas Alt+Shift+=. Hal ini akan menampilkan suatu layar konfirmasi yang sangat mirip dengan konfirmasi untuk penghapusan. Masukkan alasan perlindungan pada kotak yang tersedia, cek kotak konfirmasi, dan tekan tombol "Konfirmasi". Tindakan ini akan dilog, tapi Anda juga harus mencantumkannya di Wikipedia:Halaman yang dilindungi. Pada kasus perang suntingan, Anda harus menambahkan {{lindungi}} di bagian atas artikel yang dilindungi. Pada kasus vandalisme, atau untuk mencegah penyunting yang diblokir untuk menyunting, Anda harus menambahkan {{lindungidarianon}} sewaktu menerapkan proteksi semi. Menghilangkan perlindungan dilakukan dengan cara serupa. Pengurus tidak boleh melindungi halaman yang mereka terlibat aktif dalam menyuntingnya, kecuali pada kasus vandalisme sederhana.

Menyunting halaman terproteksi

Klik "Sunting" seperti biasanya. Satu-satunya perbedaan hanyalah adanya peringatan pada bagian atas halaman yang mengingatkan Anda bahwa halaman tersebut sedang dilindungi. Baca Kebijakan pelindungan sebelum melakukan hal ini.

Melindungi halaman yang tidak ada

Kadang suatu halaman dihapus dan dibuat ulang berkali-kali. Pada kasus ini, Anda dapat melindungi halaman yang dihapus tersebut dan menambahkannya pada Wikipedia:Halaman yang dilindungi.

Melindungi atau membuka perlindungan suatu berkas

Melindungi suatu berkas kurang lebih sama caranya dengan melindungi suatu halaman seperti di atas. Sewaktu Anda mengklik "Lindungi" pada halaman deskripsi gambar, baik halaman tersebut maupun berkasnya akan dilindungi. Halaman deksripsi halaman akan dilindungi, dan non-pengurus tidak akan dapat mengembalikan suatu berkas ke versi sebelumnya, atau memuat suatu versi baru dari berkas tersebut.

Pemblokiran

Memblokir seorang pengguna atau alamat IP

Untuk IP, Anda dapat mengklik pranala "blokir" yang ada di sebelah IP pada perubahan terbaru. Untuk pengguna terdaftar, Anda harus menggunakan Istimewa:Blockip. Masukkan nama atau IP pengguna yang ingin diblokir pada kotak isian pertama serta lamanya pemblokiran pada isian kedua. Lamanya blokir biasanya adalah "24 jam", tapi dapat dimasukkan juga hari tertentu atau suatu tanggal. Tambahkan alasan pemblokiran pada kotak isian ketiga. Alasan ini harus menjelaskan kepada pengguna alasan pemblokirannya. Ingat bahwa beberapa pengguna tak berdosa dapat dipengaruhi blokir ini dan akan melihat pesan ini, jadi jangan menuliskan sesuatu yang menyerang, membingungkan, atau meragukan sebagai alasan. Selanjutnya klik tombol "Blokir pengguna". Ini akan dilog dan pengguna akan muncul di daftar pengguna atau alamat IP yang diblokir sampai pemblokiran tersebut kedaluwarsa.

Memblokir serangkaian alamat IP

Gunakan Istimewa:Blockip dan masukkan rentang pada isian pertama. Selanjutnya ikuti instruksi pada bagian di atas. Harap jangan memblokir suatu rentang IP jika Anda tidak memahami prosesnya.

Membuka blokir seorang pengguna, alamat IP, atau serangkaian IP

Gunakan Istimewa:Ipblocklist, cari pengguna yang akan dibuka blokirnya dan klik pranala buka blokir. Anda akan mendapat konfirmasi yang harus diisikan alasan untuk membuka blokir. Ini akan dilog dan pengguna akan langsung diblokir. Jika suatu rentang IP diblok, Anda perlu membuka perlindungan untuk seluruh rentang. Tidak dimungkinkan untuk membuka blokir suatu IP spesifik dari rentang IP yang terblokir.

Penggabungan, pemindahan, dan pengembalian

Menggabungkan riwayat halaman

Menggabungkan riwayat halaman merupakan cara untuk memperbaiki pemindahan dengan cara potong-tempel. Pada dasarnya, ini dilakukan dengan cara:

  1. Hapus halaman target,
  2. Pindahkan halaman yang berisi revisi lama ke halaman target ini, serta
  3. Batalkan penghapusan pada langkah pertama.

Cara ini akan menggabungkan versi terdahulu halaman tersebut tapi memerlukan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana melakukannya. Jadi, jangan coba lakukan ini jika Anda tidak benar-benar memahami caranya.

Membantu memindahkan halaman

Pemindahan suatu halaman yang kontroversial harus dibicarakan di halaman pembicaraan halaman atau artikel tersebut.

Mengembalikan ke versi terdahulu

Semua pengguna dapat mengembalikan suatu halaman. Pengurus memiliki suatu tombol "kembalikan" untuk mempermudah hal ini. Untuk mengembalikan suntingan seorang pengguna ke versi terakhir oleh pengguna lain, klik pranala "kembalikan" pada halaman versi terdahulu, daftar kontribusi pengguna, atau halaman perbedaan. Pengembalian Anda akan ditandai sebagai suatu suntingan minor dan otomatis diberikan ringkasan suntingan "Pengembalian suntingan yang dilakukan $1; dikembalikan ke versi terakhir buatan $2." Penggunaan fitur ini tidak menambahkan suatu artikel ke daftar pantauan Anda.

Filter suntingan

Filter suntingan atau filter penyalahgunaan (AbuseFlter) adalah sebuah mekanisme perangkat lunak yang mengaplikasikan heuristik otomatis terhadap semua tindakan pengguna di Wikipedia. Peralatan ini disediakan melalui ekstensi AbuseFilter pada perangkat lunak MediaWiki. Istilah "filter suntingan" sebenarnya lebih tepat daripada "filter penyalahgunaan" karena filter ini juga bisa digunakan untuk memberi tag atau penanda pada suntingan-suntingan tertentu yang tidak merusak.

Filter penyalahgunaan adalah upaya terakhir, dan dibatasi hanya untuk kasus-kasus penyalahgunaan yang paling rumit. Setiap pengurus di WBI memiliki hak akses untuk membuat dan menyunting filter penyalahgunaan, tetapi Anda tidak boleh melakukannya, kecuali Anda sangat memahami RegEx dan cara kerja ekstensi filter penyalahgunaan. Filter ini memengaruhi setiap suntingan yang dilakukan, sehingga kesalahan sekecil apa pun berpotensi menyebabkan gangguan skala besar di seluruh situs.

Aturan dalam filter penyalahgunaan adalah bahasa khusus yang diformat mirip dengan conditional dalam bahasa C/Java/Perl. Jika Anda ingin mempelajari sintaksnya, silakan membaca halaman dokumentasi ini dengan seksama. Sebaiknya gunakan fitur examine dan test saat membuat filter baru, alih-alih langsung membuatnya. Intinya, jangan mencoba mengubah atau membuat filter kecuali Anda benar-benar memahami cara kerjanya.

Menyunting antarmuka Wikipedia

Pengurus yang bukan pengurus antarmuka dapat menyunting dan menghapus beberapa halaman MediaWiki (tetapi tidak semuanya). Halaman-halaman berisi perkakas, kode, atau konfigurasi yang mempengaruhi seluruh situs seperti MediaWiki:Common.js, MediaWiki:Common.css saat ini hanya dapat disunting oleh pengurus antarmuka.

Perubahan antarmuka pengguna spesifik hanya di Wikipedia sebaiknya dilakukan seminimum mungkin dan mengikuti konsensus. Ada banyak proyek berbahasa Indonesia lain yang menggunakan MediaWiki, sehingga perubahan pesan sistem sebaiknya dilakukan langsung di perangkat lunak tersebut. Gunakan translatewiki untuk mengubah atau menerjemahkan pesan sistem perangkat lunak MediaWiki.

Jika perubahan spesifik di Wikipedia tak dapat dihindari, suntinglah halaman-halaman yang dilindungi di ruang nama MediaWiki untuk kata atau frasa pada antarmuka pengguna. Lihat halaman istimewa pesan sistem untuk daftar frasa atau kata yang bisa diubah.

Memindahkan berkas

Berkas dengan nama yang tidak deskriptif (lihat {{nama berkas}}) dapat dialihkan oleh seorang pengurus. Non-pengurus dapat membantu dengan jalan memberikan tag {{nama berkas}}. Berkas yang dialihkan tetap dapat ditampilkan oleh artikel yang menggunakannya tanpa perlu diganti nama berkasnya. Contoh: Berkas yang dialihkan dan versi saat itu artikel yang menggunakannya.

Lain-lain

Daftar lengkap: Istimewa:Daftar hak kelompok

  • Menghapus halaman (delete)
  • Menghapus dan membatalkan penghapusan revisi tertentu suatu halaman (deleterevision)
  • Mengembalikan halaman yang telah dihapus (undelete)
  • Melakukan penghapusan masal halaman (nuke)
  • Melihat entri-entri revisi yang dihapus, tanpa teks yang berhubungan (deletedhistory)
  • Melihat teks yang dihapus dan perubahan antara revisi yang dihapus (deletedtext)
  • Memblokir penyuntingan oleh pengguna lain (block) [dan membuka pemblokiran (unblock)]
  • Memblokir pengiriman surel oleh pengguna (blockemail)
  • Melepaskan blokir diri sendiri (unblockself)
  • Mengabaikan pemblokiran otomatis atas proksi (proxyunbannable)
  • Menonaktifkan suatu pemblokiran global di wiki lokal (globalblock-whitelist)
  • Memindahkan berkas (movefile)
  • Memindahkan halaman dengan seluruh subhalamannya (move-subpages)
  • Memindahkan halaman utama pengguna (move-rootuserpages)
  • Tidak membuat pengalihan dari nama lama ketika memindahkan halaman (suppressredirect)
  • Menyunting antarmuka pengguna (editinterface)
  • Menyunting berkas CSS pengguna lain (editusercss)
  • Menyunting berkas JS pengguna lain (edituserjs)
  • Mengubah tingkat pelindungan dan menyunting halaman yang dilindungi (protect) [dan menghilangkan perlindungan halaman (unprotect)]
  • Memodifikasi filter penyalahgunaan (abusefilter-modify)
  • Menampilkan entri log penyalahgunaan secara rinci (abusefilter-log-detail)
  • Memuatkan berkas dari sebuah alamat URL (upload_by_url)
  • Menolak berkas-berkas pada penyimpanan media lokal bersama (reupload-shared)
  • Menandai suntingan pengguna lain sebagai terpatroli (patrol)
  • Menyunting dengan status suntingan secara otomatis ditandai terpantau (autopatrol)
  • Melihat daftar halaman-halaman yang tidak dipantau (unwatchedpages)
  • Menandai pengembalian revisi sebagai suntingan bot (markbotedits)
  • Mencari halaman yang telah dihapus (browsearchive)
  • Mengabaikan daftar hitam judul (tboverride)
  • Mengabaikan pengecekan penipuan nama pengguna (override-antispoof)
  • Mengatur pengumuman sentral (centralnotice-admin)
  • Menggunakan batasan yang lebih tinggi dalam kueri API (apihighlimits)
  • Menambahkan kelompok: Pengembali revisi, Pengecualian pemblokiran IP, Editor dan Autoreviewer
  • Menghapus kelompok: Pengembali revisi, Pengecualian pemblokiran IP, Editor dan Autoreviewer

Selain itu seorang pengurus otomatis juga mendapat hak-hak kelompok pengguna berikut ini (apabila sebelumnya mereka belum termasuk di dalamnya)

  • Pengembali revisi
    • Mengembalikan dengan cepat suntingan-suntingan pengguna terakhir yang menyunting halaman tertentu (rollback)
  • Pembuat akun
    • Tidak dipengaruhi oleh pembatasan jumlah suntingan (noratelimit)
  • Importir transwiki
    • Mengimpor halaman dari wiki lain (import)
  • Pengecualian pemblokiran IP
    • Mengabaikan pemblokiran IP, pemblokiran otomatis, dan rentang pemblokiran (ipblock-exempt)
  • Editor
    • Melihat daftar halaman yang belum ditinjau (unreviewedpages)
    • Menyunting halaman yang semidilindungi (autoconfirmed)
    • Tandai sebagai revisi terperiksa (review)
    • Tandai suntingan seseorang secara otomatis sebagai "terperiksa" (autoreview)
  • Pengguna terkonfirmasi otomatis
    • Melakukan tindakan pemicu captcha tanpa melalui Captcha (skipcaptcha)
    • Memindahkan halaman (move)
    • Memindahkan halaman versi stabil (movestable)
    • Memuat berkas (upload)
    • Menimpa berkas yang sudah ada (reupload)
    • Menyimpan koleksi buku sebagai halaman komunitas (collectionsaveascommunitypage)
    • Menyimpan koleksi buku sebagai halaman pengguna (collectionsaveasuserpage)
    • Menyunting halaman yang semidilindungi (autoconfirmed)

Menghadapi pengguna yang kasar

Jika Anda harus menghadapi pengguna yang kasar, gunakanlah pedoman umum di Wikipedia:Pelecehan atau diskusikan di milis pengurus. Pedoman dasar seorang pengurus adalah selalu usahakan tetap dingin.

Menjadi pengurus yang berguna

Hak-hak khusus yang dimiliki pengurus dapat berguna pada beberapa wilayah Wikipedia.