Wikipedia:Arsip halaman utama/2023/02/11

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan

Burhanuddin Harahap pada tahun 1956

Burhanuddin Harahap adalah politikus Indonesia dari Partai Masyumi yang menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesia ke-9. Ia memimpin kabinet yang memerintah antara 12 Agustus 1955 sampai 24 Maret 1956. Ia turut serta dalam Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) antara 1958 sampai 1961. Selama tujuh bulan pemerintahannya, Burhanuddin menjalankan kebijakan ekonomi berhaluan liberal sembari mengeluarkan simpatisan Partai Nasional Indonesia dan Partai Komunis Indonesia dari struktur birokratis pemerintah. Setelah Masyumi gagal memenangkan pemilihan umum 1955, pemerintahan Burhanuddin melemah sampai akhirnya jatuh karena NU, yang tidak sepakat dengan pilihan Burhanuddin untuk bernegosiasi dengan Belanda dalam penyelesaian sengketa Irian Barat, mundur dari koalisi. Begitu tak lagi menjabat sebagai perdana menteri, beredar rumor bahwa dirinya akan ditangkap, sehingga ia melarikan diri ke Sumatra pada 1957. Di Sumatra, ia bergabung dengan PRRI bersama pemimpin Masyumi lainnya. Seiring dengan penumpasan PRRI, Burhanuddin ditangkap pada Maret 1962 dan dipenjara sampai Juli 1966. Selepas dari penjara, ia meninggalkan dunia politik, meskipun ia sempat menandatangani Petisi 50 pada 1980 sebelum meninggal pada 1987. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Jerman NaziDouglas MacArthurDinasti Song

Peristiwa terkini

Gempa Turki dan Suriah pada 2023
Dampak gempa di Diyarbakir

Tahukah Anda

  • "... bahwa menurut sejarawan Yunani dan Romawi, Kleopatra meracuni diri sendiri dengan sarana baluran beracun atau benda runcing semisal tusuk konde?"
  • "... bahwa alergi air adalah alergi langka ketika seseorang merasa gatal-gatal yang menjalar saat kulitnya bersentuhan secara langsung dengan air?"
  • "... bahwa bahasa Muna merupakan sebuah bahasa Austronesia yang utamanya dituturkan di Pulau Muna dan sebagian barat laut Pulau Buton di Sulawesi Tenggara? Bahasa ini terancam punah dengan jumlah penutur yang semakin menurun tiap tahunnya."
  • "... bahwa Pertempuran Perlintasan Ciater adalah sebuah pertempuran yang berlangsung dari 5 hingga 7 Maret 1942 antara pasukan invasi Jepang melawan pasukan kolonial Belanda? Pertempuran ini memperebutkan Perlintasan Ciater yang memiliki peranan strategis dalam upaya pertahanan kota Bandung."

Hari ini dalam sejarah

11 Februari: Kemenangan Revolusi di Iran (1979); Hari Pembentukan Negara di Jepang

Tanggal lain: 10 Februari 11 Februari 12 Februari

Hari ini tanggal 11 Februari 2023 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Para wanita bekerja di sawah di Junagadh, Gujarat, India
Para wanita bekerja di sawah di Junagadh, Gujarat, India
(ukuran asli: 4.995 × 2.806 piksel, 6,53 MB)

Oleh: Bernard Gagnon, diunggah oleh Yann
Lisensi: CC BY 3.0, 2.5, 2.0, 1.0