Seputar Indonesia Pagi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Seputar Indonesia Pagi
SindoPagi.png
Format Program berita
Sutradara Arief Suditomo
Pembawa acara Bermacam - macam
Negara  Indonesia
Bahasa Bahasa Indonesia
Produksi
Lokasi Jakarta
Setelan kamera Multi-Kamera
Durasi 90 Menit
Siaran
Saluran asli RCTI
MNC International
Siaran perdana 9 Februari 2009
Periode siaran 9 Februari 2009–sekarang
Kronologi
Diawali oleh Nuansa Pagi
Pranala luar
http://www.rcti.tv/news

Seputar Indonesia Pagi adalah program berita pagi pertama yang diproduksi oleh stasiun televisi swasta di Indonesia dengan nama Nuansa Pagi yang pertama kali mengudara di stasiun RCTI (Rajawali Citra Televisi Indonesia) pada tanggal 24 Agustus 1993 yang tepatnya sehari sebelum RCTI berulang tahun yang ke-4 dan memiliki kekhasan tertentu karena dibawakan sekaligus oleh 5 penyiar berita, yakni dua orang (pria dan perempuan) sebagai penyiar berita utama, seorang penyiar berita ekonomi, seorang penyiar berita olahraga, dan seorang penyiar laporan cuaca. Nuansa Pagi diproduksi Redaksi RCTI menyusul kesuksesan program Seputar Indonesia dan Buletin Malam, dan dirancang khusus untuk memenuhi keperluan pemirsa terhadap berita di pagi hari, sehingga pernah menjadi program berita dengan rating tertinggi pada pagi hari di Indonesia. Sayangnya format lima penyiar ini kemudian ditinggalkan RCTI pada tahun 1998 sehingga membuat program berita ini tidak dapat bertahan sebagai acara televisi terfavorit di pagi hari. Pada bulan 1 Mei 2007, Nuansa Pagi kembali melakukan perubahan dengan mengembalikan format empat penyiar dan menambahkan satu segmen baru yang bernama "Hanya di Indonesia". Seputar Indonesia Pagi hadir setiap hari selama 1-jam 30-menit mulai pukul 04:30 sampai 06:00 WIB.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Buletin Pagi[sunting | sunting sumber]

Buletin Pagi adalah program berita awal sarapan pagi pertama yang disiarkan stasiun RCTI-SCTV pada tanggal 14 Februari 1993 sampai 24 Agustus 1993. Buletin Pagi diproduksi oleh anak perusahaan RCTI Sindo Citra Media, dan Bimantara Citra, sementara merupakan adaptasi dari program Buletin Malam yang berisikan berita-berita internasional. Pada saat itu para penyiar berita SCTV membacakan kembali berita-berita Buletin Malam yang direkam di Studio 5 RCTI untuk kemudian disiarkan kembali tayangan setiap hari Minggu pada pukul 06:00 WIB awal sarapan pagi, Kemudian mulai baru pada tanggal 21-24 Agustus 1993 tayangan perdana baru setiap hari Sabtu hingga Selasa pada pukul 06:00 WIB awal sarapan pagi oleh stasiun SCTV dari Surabaya. Hal ini berlangsung hingga SCTV pindah ke Jakarta, Kemudian memproduksi berita secara tersendiri dengan nama Nuansa Pagi pada tanggal 25 Agustus 1993.

Nuansa Pagi[sunting | sunting sumber]

Nuansa Pagi adalah program berita pagi pertama yang diproduksi oleh stasiun televisi swasta di Indonesia dengan nama Buletin Pagi yang pertama kali mengudara di stasiun RCTI (Rajawali Citra Televisi Indonesia) pada tanggal 24 Agustus 1993. Nuansa Pagi pertama kali mengudara di stasiun RCTI (Rajawali Citra Televisi Indonesia) pada tanggal 24 Agustus 1993 dan memiliki kekhasan tertentu karena dibawakan sekaligus oleh 5 penyiar berita, yakni dua orang (pria dan perempuan) sebagai penyiar berita utama, seorang penyiar berita ekonomi, seorang penyiar berita olahraga, dan seorang penyiar laporan cuaca. Nuansa Pagi diproduksi Redaksi RCTI menyusul kesuksesan program Seputar Indonesia dan Buletin Malam, dan dirancang khusus untuk memenuhi keperluan pemirsa terhadap berita di pagi hari, sehingga pernah menjadi program berita dengan rating tertinggi pada pagi hari di Indonesia. Sayangnya format lima penyiar ini kemudian ditinggalkan RCTI pada tahun 1998 karena imbas krisis moneter sehingga membuat program berita ini tidak dapat bertahan sebagai acara televisi terfavorit di pagi hari. Pada bulan Mei 2007, Nuansa Pagi kembali melakukan perubahan dengan mengembalikan format empat penyiar dan menambahkan satu segmen baru yang bernama Hanya di Indonesia. Mulai 10 Februari 2009, program Nuansa Pagi sudah ditiadakan dan diganti dengan "Seputar Indonesia Pagi".

[sunting | sunting sumber]

Nuansa Pagi Pertama Ke-1 Kali Di RCTI Saat Di Pagi Hari. Nuansa Pagi adalah lingkaran bawah dengan Kata Warna dan Abjad, kata NUANSA PAGI digunakan dalam lingkaran bawah dengan warna dan bawah squarebox. logo ini digunakan Pada Tahun 1993-1998. Nuansa Pagi Ke-2 menggunakan logo versi 1993 dengan Bola Bumi bergrafik 3D Tahun 1998-2001. Nuansa Pagi Ke-3 tidak menggunakan lingkaran bawah dengan Kata Warna dan Abjad, tetapi menggunakan logo dengan kotak persegi dan Bola Bumi berwarna biru, dengan huruf N dan Logo RCTI di bagian bawah Digunakan tahun 2001-2002. Nuansa Pagi ke-4 menggunakan logo dengan bola bumi dan squarebox di belakangnya serta huruf N di belakang bola bumi tahun 2002-2003. Nuansa Pagi ke-5 menggunakan logo yang digunakan adalah bawah kotak biru persegi dan kata-kata nuansa pagi dan merah bawah bola dekat huruf 'I' tahun 2003-2006. Dan Nuansa Pagi Keenam Logo Nya Bola Rajawali Layar Gelap Terang Tahun 2006-2009 Sampai Terakhir Tanggal 9 Februari 2009 Dan 10 Februari 2009 Digantikan Oleh Seputar Indonesia Pagi

Nuansa Pagi awalnya juga bersimultan oleh SCTV sebelum SCTV memproduksi beritanya sendiri dalam program Liputan 6 Pagi.

Penyiar[sunting | sunting sumber]

  • Aiman Witjaksono (Penyiar Utama)
  • Inne Sudjono (Penyiar Utama)
  • Joice Triataman
  • Zaldy Noer (Olahraga dan Kriminal)
  • Dentamira Kusuma (Berita)

Segmen Utama[sunting | sunting sumber]

Sejak tanggal hari Senin, 9 Februari 2009, Seputar Indonesia Pagi mempunyai beberapa segmen utama. Berita utama dari Indonesia dan Mancanegara disajikan setiap jam dengan penyiar berita utama. Segmen Hukum dan Kriminal menyajikan beberapa informasi kasus kriminalitas di Indonesia dan Asia Tenggara. Segemen Olahraga pun juga disajikan dengan informasi olahraga, sepak bola dan atletik. Berita yang disampaikan oleh penyiar utama adalah berita yang dianalisakan dan informasi unik. Beberapa segmen utama dari Seputar Indonesia Pagi menayangkan informasi aeputar kesehatan, busana, kecantikan, seni rupa, budaya, wisata dan kuliner. Sebelum RCTI beralih ke acara selanjutnya Go Spot program berita selebritis Seputar Indonesia Pagi juga menayangkan "Gambar Pilihan" yang biasanya kocak dan unik.

Relaunch 2009[sunting | sunting sumber]

Berbagai macam pencapaian yang didapat oleh tim redaksi RCTI akan terus dilanjutkan dengan semangat perubahan dan inovasi yang tidak akan pernah henti dan mulai pada tanggal hari Senin, 9 Februari 2009, RCTI akan meluncurkan "Satu Seputar Indonesia". Program Nuansa Pagi akan menjadi "Seputar Indonesia Pagi". Peluncuran Satu Seputar Indonesia bukan hanya sekedar upaya untuk membuat brand Seputar Indonesia lebih solid, tetapi hal ini juga akan dibarengi dengan peningkatan kualitas isi siaran dan standar jurnalistik yang signifikan.

Logo[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 24 Agustus 1993, Logo Nuansa Pagi digunakan adalah lingkaran bawah dengan Kata Warna dan Abjad, kata NUANSA PAGI digunakan dalam lingkaran bawah dengan warna dan bawah squarebox. logo ini digunakan Pada Tahun 1993 hingga Tanggal 5 November 2000. Pada Tanggal 6 November 2000, Logo Nuansa Pagi tidak menggunakan lingkaran bawah dengan Kata Warna dan Abjad, tetapi menggunakan logo dengan kotak persegi dan Bola Bumi berwarna biru, dengan huruf N dan Logo RCTI di bagian bawah. Logo ini digunakan Pada Tanggal 6 November 2000 hingga Tanggal 31 Juli 2002. Pada tanggal 1 Agustus 2002, logo yang digunakan adalah bawah kotak biru persegi dan kata-kata nuansa pagi dan merah bawah bola dekat huruf 'I'. Logo ini digunakan sampai dengan 24 Agustus 2006. Tanggal 24 Agustus 2006, logo itu diubah menjadi Logo Seputar Indonesia sejak tanggal 24 Agustus 2006 sampai dengan 8 Februari 2009.

Jadwal Tayang[sunting | sunting sumber]

Nuansa Pagi[sunting | sunting sumber]

Seputar Indonesia Pagi[sunting | sunting sumber]

Penyiar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Keterangan: Nuansa Pagi awalnya juga direlay oleh SCTV sebelum SCTV memproduksi beritanya sendiri dalam program Liputan 6 Pagi.