DAAI Mandarin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
DAAI Mandarin
Logo DAAI Mandarin
PembuatDAAI TV
Negara asal Indonesia
Bahasa asliBahasa Mandarin
Produksi
Durasi30 menit
Rilis
Jaringan asliDAAI TV
Format gambarPAL
Penampilan perdana03 Agustus 2008
Tanggal tayang asli03 Agustus 2008 –
sekarang
Pranala luar
Situs web

DAAI Mandarin (大愛與您分享/Da Ai Yu Nin Fen Xiang) adalah program berbahasa Mandarin yang ditayangkan di DAAI TV sejak 3 Agustus 2008.

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang memiliki keanekaragaman ras dan etnik. Salah satu kelompok etnik tersebut adalah etnik Tionghoa yang memiliki potensi kebudayaan dalam memperkaya kebudayaan bangsa Indonesia.

Sebagai kelompok masyarakat, etnik Tionghoa pun membutuhkan asupan informasi. Hanya saja, karena sebagian masyarakat Tionghoa senior masih menggunakan bahasa Mandarin dalam percakapan sehari-harinya maka arus informasi pun terasa lebih mudah ketika disampaikan dalam bahasa Mandarin.

Dilatar belakangi oleh hal tersebut DAAI TV membuat sebuah program bernama DAAI Mandarin (大愛與您分享/Da Ai Yu Nin Fen Xiang).

Di tengah tontonan acara DAAI TV yang kian beraneka ragam tim DAAI TV mengemas program ini dalam bentuk feature, mengangkat tema dari informasi sosial kemanusiaan, kesehatan, pendidikan dan alkulturasi budaya Tionghoa-Indonesia. Menambah wawasan dan membuka cakrawala pemirsa, menjadi sarana bagi pemirsa untuk belajar bahasa Mandarin lewat tayangan yang inspiratif dan edukatif.

Target pemirsa adalah WNA yang berdomisili di Indonesia maupun WNI yang sedang belajar bahasa Mandarin.

Waktu Tayang[sunting | sunting sumber]

  • Siaran 'Langsung':

Sabtu: pada pukul 18:00 sampai dengan pukul 18:30 WIB.

Presenter[sunting | sunting sumber]

Acara DAAI Mandarin ini dipandu oleh Presenter Anthony Hong, seorang presenter berbahasa Mandarin yang bergabung di DAAI TV sejak 2007 dengan membawakan program DAAI Mandarin dan Asia Kirana.

Chinese Language Journalism Award 2021[sunting | sunting sumber]

Kabar baik datang dari Taiwan. Bertepatan dengan ulang tahun DAAI TV, Rabu, 25 Agustus 2021 Overseas Community Affairs Council (OCAC) Taiwan, mengumumkan karya yang masuk nominasi “The Chinese Language Jurnalism Award for Overseas Media 2021”. DAAI Mandarin menjadi satu-satunya dari Indonesia yang terpilih. Tampil bersaing dengan para nominator lain dari Amerika Serikat, Singapura dan Malaysia, yang akan bersaing dalam memperebutkan satu-satunya juara. [1][2][3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Galeri DAAI Mandarin[sunting | sunting sumber]

Presenter DAAI Mandarin
  1. ^ "僑務委員會《2021海外華文媒體報導大獎》入圍/得獎 名單公告". 2021海外華文媒體報導大獎 (dalam bahasa Tionghoa). Diakses tanggal 2021-09-22. 
  2. ^ Indonesia, DAAITV (30 Agustus 2021). "DAAI Mandarin Masuk Nominasi Ajang Penghargaan Program Televisi Berbahasa Mandarin Internasional". DAAI TV Indonesia. Diakses tanggal 31 Agustus 2021. 
  3. ^ DAAI Mandarin 大愛與您分享 Potret Kehidupan Tionghoa Sukabumi, diakses tanggal 2021-09-22