Gustav Aulia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gustav Aulia
PekerjaanPembawa acara, pembaca berita

Gustav Aulia (lahir di Sumedang, Indonesia, 4 Januari 1983; umur 36 tahun) adalah pembawa acara berita Indonesia. Ia menjadi anchor dalam program berita Seputar Indonesia.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Gustav menikmati masa kecilnya seperti kebanyakan anak desa lainnya. Ia, misalnya, selalu bermain layang-layang bersama teman-temannya. Gustav mengenyam pendidikan dasarnya di SD Sukaraja 2, Sumedang, Jawa Barat. Dia terasuk siswa yang biasa-biasa saja. Gustav tinggal bersama neneknya di Sumedang hingga duduk di kelas 5 SD. Ketika naik ke kelas 6, ia pindah ke Bogor karena ibunya sudah membeli sebuah rumah di situ. Di Bogor ini pula, ia hidup mandiri. Ia tak bisa bergantung pada orang lain. Ketika masih tinggal bersama neneknya, ia tak merasa sendirian.

Lulus SMA, Gustav ingin kuliah. Tapi tak punya uang. Ibunya sedang mengalami kesulitan. Ia lalu mencari beasiswa. Ia mengikuti try out itu dan lulus. Jurusan yang dipilihnya adalah Teknologi Informasi. Ketika ia duduk di tingkat 3, masa beasiswanya selesai.

Beberapa bulan sebelum lulus dari kuliah, Gustav mencoba peruntungan dalam sebuah audisi Redaksi RCTI bersama ribuan pelamar. Setelah melalui sejumlah tahapan berat, gustav diterima sebagai reporter RCTI. Karier berlanjut selain menjadi jurnalis juga diangkat menjadi News Anchor RCTI. Dirinya berkembang semakin baik dan menjadi salah satu presenter berita terkenal di Indonesia. Gustav sempat menjadi produser program Seputar Indonesia Siang, Seputar Indonesia Sore dan Seputar Indonesia Spesial. Sejumlah liputan yang pernah ia lakoni adalah bencana gempa Padang, gempa Bengkulu, banjir bandang Aceh, erupsi Gunung Merapi, pesawat Garuda jatuh di Yogyakarta, Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, ibadah Haji 2012, dll.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Tabloid Genie No. 31 Tahun IX 15-21 Maret 2013