Sains fisik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sains fisik adalah studi ilmu kimia dan fisika di alam. Dari sudut pandang materialis dan fungsionalis, sains fisik dapat berhimpitan dengan sains kehidupan yang mempelajari ekologi dan bukti dari fakta sejarah dan evolusi. Sains alam menjembatani fenomena sains fisik dan sains kehidupan.

Pondasi dari sains fisik berada pada konsep dan teori, yang menjelaskan dan/atau memodelkan aspek tertentu dari sifat alam.

Prinsip dasar fisika[sunting | sunting sumber]

Fisika bersama dengan matematika dan kimia adalah satu dari sains fundamental karena ilmu sains lainnya seperti biologi dan geologi berhubungan dengan sistem yang patuh terhadap hukum dari ketiga sains tersebut. Hukum fisika materi, energi, dan gaya fundamental mengatur interaksi antar partikel dan antar entitas fisik (planet, molekul, atom, partikel subatomik).

Prinsip dasar astronomi[sunting | sunting sumber]

Astronomi adalah sains mengenai benda luar angkasa dan interaksinya di luar angkasa. Astronomi tidak sama dengan astrologi yang mengasumsikan hubungan dan tujuan hidup manusia ditentukan dari posisi astronomi benda langit di angkasa. Astronomi memiliki metode ilmiah, sedangkan astrologi tidak.

Prinsip dasar kimia[sunting | sunting sumber]

Kimia dibangun dari konsep fisika, yang menganalisis fenomena terkait struktur, komposisi, dan energetika dari suatu materi serta perubahan yang dialaminya. Kimia menghubungkan hukum dasar fisika dengan teknik dan juga sains lainnya seperti biologi, ilmu bumi, astronomi, dan ilmu bahan.

Prinsip dasar ilmu bumi[sunting | sunting sumber]

Ilmu bumi adalah sains yang mempelajari planet bumi, satu-satunya planet yang diketahui memiliki kehidupan.