Astronomi galaksi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lukisan artistik mengenai Bima Sakti.

Astronomi galaksi adalah studi tentang galaksi Bima Sakti dan semua isinya.[1] Ini berbeda dengan astronomi ekstragalaksi, yang merupakan studi tentang segala sesuatu di luar galaksi kita, termasuk semua galaksi lainnya.

Astronomi galaksi tidak boleh disamakan dengan pembentukan dan evolusi galaksi, yang merupakan studi umum galaksi, pembentukan, struktur, komponen, dinamika, interaksi, dan berbagai bentuk yang mereka ambil.

Galaksi Bima Sakti, tempat Tata Surya berada, galaksi yang paling banyak dipelajari, meskipun bagian-bagian penting darinya tidak terlihat dari pandangan dalam panjang gelombang yang terlihat oleh daerah debu kosmik. Perkembangan astronomi radio, astronomi inframerah, dan astronomi submilimeter pada abad ke-20 memungkinkan gas dan debu Bima Sakti dipetakan untuk pertama kalinya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Galactic Astronomy - Subcategories | The English knowledge database". science-train.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Desember 2017. Diakses tanggal 05 Februari 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]