Galaksi panas tertutup debu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebagian kecil langit yang menunjukkan galaksi panas tertutup debu. Dipotret oleh WISE

Galaksi panas tertutup debu (bahasa Inggris: Hot, dust-obscured galaxy, disingkat Hot DOG) adalah jenis kuasar yang langka.[1][2] Lubang hitam supermasif yang menjadi pusat galaksinya dapat memancarkan radiasi dalam jumlah besar, yang dapat memanaskan debu dan gas sehingga melepaskan gelombang inframerah sebesar 1000 kali lebih banyak daripada Galaksi Bimasakti, menjadikannya sebagai galaksi paling terang di alam semesta. Namun, kepadatan debunya sangat padat sehingga sebagian besar cahayanya terhalang.[3]

Para astronom percaya kalau jenis galaksi ini mewakili fase evolusi galaksi di mana lubang hitamnya menangkap materi pada kecepatan yang lebih cepat daripada pembentukan bintang, meski tekanan radiasinya (akibat dari penyerapannya yang cepat) mendorong sebagian besar materi-materi di sekitarnya. Pada akhirnya lubang hitam sendiri yang akan membersihkan areanya dari debu dan gas yang berlebihan, menjadikannya tampak seperti galaksi pada umumnya.[3]

Benda langit ini pertama kali dideteksi oleh WISE pada tahun 2010, dan hanya satu dari setiap 3.000 quasar yang diamati oleh WISE memiliki tipe ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ information@eso.org. "The Turbulent Birth of a Quasar - ALMA reveals secrets of most luminous known galaxy in Universe". www.eso.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-04-09. 
  2. ^ "Extreme Turbulence Roiling 'Most Luminous Galaxy' in the Universe". National Radio Astronomy Observatory (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-04-09. 
  3. ^ a b Grossman, Lisa. "Hot DOG surprise reveals new stage in galaxy evolution". New Scientist (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-04-09.