Galaksi pucat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
NGC 4145 merupakan salah satu contoh galaksi pucat. Galaksi ini merupakan bagian dari anggota gugusan galaksi Ursa Mayor.

Galaksi pucat atau galaksi anemik adalah tipe galaksi spiral yang memiliki laju pembentukan bintang yang rendah karena kekurangan Hidrogen netral sehingga lengan spiralnya tampak berkontras rendah daripada piringannya. Istilah ini dicetuskan pada tahun 1976 oleh seorang astronom asal Kanada, Sidney van den Bergh, ketika ia mereklasifikasi morfologi galaksi berdasarkan banyaknya gas pembentuk bintang.[1]

Mereka cenderung eksis dalam grup galaksi yang kaya isi galaksinya, menunjukkan bahwa mereka mungkin telah melakukan beberapa pertemuan dengan galaksi-galaksi tetangganya sehingga materi antarbintangnya terlucuti. Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah galaksi pucat menandai transisi evolusi dari galaksi spiral normal dengan galaksi lentikular.[2] Karenanya, karakteristik galaksi pucat terletak antara galaksi spiral dengan lentikular.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ van den Bergh, S. (1976-6). "A new classification system for galaxies". The Astrophysical Journal (dalam bahasa Inggris). 206: 883. doi:10.1086/154452. ISSN 0004-637X. 
  2. ^ Darling, David. "anemic spiral galaxy". www.daviddarling.info. Diakses tanggal 2019-03-03.